Betapa Hebatnya Manfaat Air bagi Kehidupan Kita di Dunia

Manfaat air bagi kehidupan bisa anda dapatkan setelah membaca artikel ini. Air merupakan salah satu senyawa yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Keberadaan air tidak akan lepas dari kebutuhan makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari. Air sangat dibutuhkan bagi makhluk hidup untuk keberlangsungan hidupnya. Selain ada di bumi, air juga ada di kutub utara dan kutub selatan planet mars. Dengan jumlah air yang banyak menyebabkan sebanyak 71% permukaan bumi ditutupi olehnya lewat beberapa tempat seperti di lautan, lapisan es, dan di puncak pegunungan. Sebelum melanjutkan membaca, anda juga bisa membaca artikel manfaat buah naga merah yang juga baik untuk tubuh kita.

Manfaat air bagi kehidupan

Kegunaan air bagi kehidupan sangatlah banyak. Untuk mempertahankan kehidupannya, makhluk hidup berusaha menyediakan air secukupnya bagi kebutuhannya dan menggunakan sesuai keperluan. Air juga menjadi hal pokok bagi lingkungan alam sekitar. Keberadaan kuantitas air sebaiknya seimbang dengan keadaan alamnya, agar tercipta keserasian yang elok antara keduanya. Seberapapun penting yang dimilikinya, air juga dapat membawa bencana apabila manusia tidak mampu memelihara sumber air. Oleh karena itu, manusia harus bijak dalam memeliharanya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Manfaat air bagi kehidupan sangatlah banyak. Secara umum, manfaat air digunakan manusia sebagai keperluan sehari-hari, misalnya memasak, mandi, mencuci dan kegiatan lainnya.

Manfaat air bagi kehidupan sangat penting karena air merupakan sumber kehidupan. Air dapat memulihkan daya tahan fisik manusia, yaitu dengan sifat air yang dapat meningkatkan simpanan suatu bentuk dari karbohidrat (glycogen) yang disimpan dalam otot. Glycogen tersebut akan digunakan untuk kekuatan ketika manusia melakukan aktivitas dan bekerja. Selain itu, air dapat juga sebagai penahan rasa lapar. Rasa lapar tersebut kadang merupakan kamuflase dari rasa haus yang berlebihan.

Daya tampung perut manusia dibagi dalam tiga bagian, yaitu 1/3 bagian untuk makanan, 1/3 bagian untuk udara, dan 1/3 bagian untuk air. Kandungan air di dalam tubuh manusia sekitar 2/3 bagian. Dari 1/3 tersebut, 2/3 bagian berasal dari berat tubuh, sedangkan kandungan air di dalam lemak hanya berkisar 10%. Maka jika orang yang mengalami kegemukan/ obesitas kandungan air hanya berkisar kurang dari 60%. Dengan itu, manusia harus banyak minum air putih agar kandungan air di dalam tubuh dapat terpenuhi secara optimal. Itulah salah satu manfaat air bagi kehidupan.

Manfaat banyak minum air putih sangatlah ajaib. Air putih membantu untuk kelancaran proses pencernaan dalam tubuh dan metabolisme tubuh menjadi lancar. Minum air putih secara teratur dengan jumlah yang cukup dapat membuat pencernaan dan metabolisme tubuh bekerja dengan kapasitas terbaik. Itulah salah satu manfaat air bagi kehidupan. Salah satu penelitian mutakhir yang berasal dari universitas of utah menjelaskan bahwa jika manusia kekurangan air dalam tubuh akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh menurun. Jadi dalam keadaan apapun kita harus tetap rajin minum air putih agar bagian tubuh dapat bekerja secara optimal.

Cara mempertahankan manfaat air bagi kehidupan

Air memiliki peran yang sangat menunjang bagi kehidupan di bumi. Kita sebagai penikmat air tidak dapat membayangkan jika tidak ada air di bumi. Misalnya pada musim kemarau, banyak desa yang kesulitan mendapat air. Fungsi air dalam kehidupan harus dilestarikan agar air tetap bersih dan bermanfaat. Salah satunya dengan cara tidak membuang sampah di sungai dengan sembarangan, karena akan merusak ekosistem. Selain itu, menggalakkan penghijauan dan melestarikan lingkungan sekitar agar air dapat terjaga dengan baik. Itulah beberapa cara untuk mempertahankan manfaat air bagi kehidupan.

Add Comment