Hebatnya Manfaat Air bagi Tumbuhan di Sekitar Kita, Kamu Harus Tau!

Memang manfaat air bagi tumbuhan sangat di perlukan untuk kelangsungan hidup tumbuhan yang ada di muka bumi ini. Air merupakan sumber pokok kehidupan bagi setiap makhluk hidup, baik untuk manusia, hewan, maupun tumbuhan. Dalam kehidupan ini, air memiliki peran yang sangat penting. Tanpa adanya air, kehidupan di dunia tidak akan lama, karena air berfungsi sebagai penunjang bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di dunia. Intensitas air yang banyak, kadang disalah artikan bagi kalangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Air kadang dicemari oleh sesuatu yang dapat menghilangkan fungsi air, seperti membuang limbah pabrik yang sembarangan, membuang sampah di sungai yang akan membuat bencana banjir karena saluran air tersumbat. Hal ini tidak membuat manusia tersebut cepat jera, melainkan beranggapan bahwa bencana banjir tersebut sudah takdir secara alamiah. Tak hanya itu, manusia sering menggunakan air secara berlebihan dan menggunakannya secara sembarangan. Jika air digunakan secara bijak, air tidak akan mengalami kekeringan seperti yang dialami di beberapa tempat di indonesia di musim kemarau. Manfaat air bagi tumbuhan dapat digunakan sebagai proses fotosintesis.

Manfaat air bagi tumbuhan

Manfaat air bagi tumbuhan sangat banyak, salah satunya sebagai mengatur proses pergerakan membuka dan menutup pada stomata tumbuhan. Selain itu air juga dapat bermanfaat untuk membantu proses respirasi pada tumbuhan. Dengan contoh seperti di atas memberikan gambaran bahwa apabila tumbuhan kekurangan sumber air, dampak yang terjadi yaitu tumbuhan akan mengalami penurunan turgo sel dan makro molekul tumbuhan akan meningkat. Utilitas air bagi tumbuhan merupakan komponen fisik yang vital bagi tumbuhan dan diperlukan dalam jumlah intensitas yang banyak untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut. Para ahli menyebutkan, 85-90% bobot sel dan jaringan dalam tanaman yang tinggi adalah adanya air. Maka dengan itu, manfaat air bagi tumbuhan juga penting sekali.

Manfaat air bagi tumbuhan kelapa

Selain itu, keuntungan air untuk tumbuhan juga menguntungkan kembali bagi manusia. Dengan berkembang dan tumbuhnya tumbuhan dengan air, beberapa tumbuhan juga dapat menghasilkan air kembali. Salah satunya yaitu tumbuhan kelapa. Tumbuhan kelapa dengan nama latinnya cocos nucifera merupakan tumbuhan yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia dan memiliki predikat sebagai tumbuhan serbaguna. Sebut saja dari bagian bawah, akar kepala yang digunakan sebagai penyangga bangunan cakar ayam. Kemudian batang pohon yang orang jawa menyebut glulu, yaitu sebagai bahan membuat rumah. Bagian terpenting lainnya yaitu buahnya. Di dalam buah kelapa terdapat air yang segar untuk diminum. Manfaat air kelapa hijau salah satunya sebagai bahan minuman seperti es kelapa muda yang banyak dijajakan di daerah pesisir.

Manfaat air bagi tumbuhan lainnya yaitu untuk melindungi turgiditas yang terdapat pada sel dan sebagai penghasil tenaga mekanik saat pembesaran sel. Selain itu air juga berfungsi untuk senyawa yang melarutkan masuknya mineral yang berasal dari larutan tanah menuju tanaman serta pelarut mineral yang nantinya diangkut ke bagian sel lain.

Tumbuhan memerlukan air setiap pagi dan sore hari untuk membantu proses pertumbuhannya. Peran air terhadap tumbuhan sangat besar. Tak ayal pada zaman dulu banyak anak kecil yang suka menyiram bunga dan tumbuhan lain pada pagi dan sore hari, karena pada waktu tersebut tanaman memerlukan banyak air. Jika tanaman kekurangan air, tanaman tersebut akan menjadi kecil dan berkembang dengan tidak wajar. Kekurangan air secara terus menerus akan mengakibatkan tumbuhan semakin layu dan menjadi mati. Oleh karena itu, manfaat air bagi tumbuhan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Anda juga bisa membaca artikel manfaat air garam yang mungkin dapat menambah wawasan anda.

Add Comment