Kehebatan Manfaat Air Hujan untuk Kelangsungan Hidup Manusia

Manfaat air hujan untuk kelangsungan hidup manusia memang belum banyak yang mengetahuinya, disini akan di jelaskan beberapa kasiat air hujan. Hujan adalah salah satu nikmat tuhan yang diperuntukkan bagi para makhluknya. Meskipun hujan yang datang terkadang membuat manusia mengeluh, tetapi sesungguhnya hujan tetaplah suatu hal yang sangat dinanti dan ditunggu jikalau musim kemarau tiba. Cobalah anda bayangkan, jika hujan tak turun sampai berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tak hanya tumbuhan saja yang akan mengering, hewan dan manusiapun bisa juga mati karena kehausan. Kalaupun memang hujan tak akan membuat para makhluknya mati, para makhluk pastilah akan merasa tersiksa jika hujan tidak segera turun. Simak juga manfaat air kelapa ijo untuk kecantikan tubuh anda.

Manfaat air hujan

Tanah dan sumber air mengering tentunya mengharuskan mereka untuk memutar otak mencari solusinya. Ada yang membeli air dengan harga yang mahal. Ada yang rela jalan kaki menuju sumber air yang jauh dan masih banyak lagi. Meskipun mungkin yang merasakan manfaat dari hujan adalah orang yang memang tinggal di daerah rawan air, tetapi sebenarnya hujan tetaplah bermanfaat bagi manusia tanpa terkecuali. Manfaat air hujan sebenarnya memang wajib diketahui oleh manusia agar nantinya saat air yang berasal dari alam tersebut turun ke bumi manusia tidak terus-terusan mengeluh karena memang sebenarnya hujan adalah nikmat tuhan yang diberikan kepada makhluknya. Baca juga manfaat air hangat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat air hujan sekali lagi tak hanya bisa dirasakan oleh manusia yang tinggal di kawasan jarang air, tetapi manfaat hujan akan dirasakan oleh semua manusia tanpa ada kata pengecualian. Yang membutuhkan guyuran hujan juga tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan yang sama-sama makhluk ciptaan tuhan pun juga membutuhkan air hujan untuk mereka bertahan hidup. Tanpa air hujan yang namanya tumbuhan akan berangsur-angsur mengering dan mati. Apalagi jika ia adalah tumbuhan yang membutuhkan air yang banyak dalam proses pertumbuhannya. Belum lagi hewan, hewan juga lama-kelamaan akan mati jika sumber airnya tidak ada. Bukankah sumber air salah satunya datang dari guyuran hujan? Maka dari itu,jika anda mengaku mencintai kehidupan, ketahui manfaat air hujan.

Manfaat air hujan untuk kehidupan manusia

Hujan yang mengguyur ke bumi tentulah menyimpan sejuta manfaat bagi kehidupan makhluk yang tinggal di dalamnya. Meskipun kedatangannya sering membuat banyak orang mengeluh, tetapi manfaat hujan tetaplah membuat orang setia menunggu kedatangannya. Jika salah satu dari anda ditanya apa manfaat air bagi kehidupan, tentulah banyak yang akan menjawab sebagai sumber kehidupan untuk makhluk di bumi. Bukankah air hujan juga masuk dalam kategori sumber air yang dibutuhkan oleh semua makhluk di bumi? Selain sebagai sumber air, nyatanya ada manfaat air hujan yang pastinya sering dirasakan oleh manusia. Air hujan bermanfaat bagi kegiatan pertanian dan perikanan. Tanpa air hujan, tak mungkin tanaman yang manusia tanam di ladang dan sawah bisa menghasilkan. Begitu pula dengan ikan, tak mungkin ikan akan hidup lama jikalau tak ada air, termasuk air hujan. Makanya, salah satu manfaat dari air hujan adalah untuk membantu pertanian dan perikanan yang merupakan mata pencaharian yang dipilih oleh manusia untuk menyambung hidupnya.

Nyatanya tak hanya itu saja manfaat dari air hujan untuk kehidupan manusia. Pernahkah anda mendengar erosi tanah? Tanah yang terkena erosi seringnya memang disebabkan oleh pengikisan tanah oleh air. Tetapi erosi sendiri ternyata salah satunya bisa dicegah dengan bantuan air hujan. Air hujan yang datang mengguyur secara berkala konon katanya dapat membuat struktur tanah menjadi lebih stabil sehingga tanah tidak mudah terkikis. Manfaat air hujan yang lain juga bisa anda lihat dari plta. Plta memang biasanya memanfaatkan air laut danau atau waduk untuk sumber energinya. Tetapi sumber air terbesar yang bisa membuat jumlah air tetap stabil di laut, waduk dan danau bukankah berasal dari air hujan? Makanya, janganlah mengeluh jika hujan datang mengguyur karena manfaat air hujan sangatlah besar bagi kelangsungan hidup makhluk bumi, khususnya manusia.

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!