Manfaat Air Kelapa Muda yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat air kelapa muda memang sangat beragam sekali. Dengan seiring berkembangnya teknologi, tentu banyak penelitian yang pada akhirnya menemukan manfaat-manfaat baru. Ini bisa menjadi hal positif bagi kita jika kita tau cara pemanfaatannya. Selain itu, dengan adanya khasiat air kelapa muda kita tidak perlu lagi membeli produk-produk yang belum jelas kandungan di dalamnya. Kita bisa mulai memanfaatkan bahan alami seperti air kelapa muda ini.

Manfaat air kelapa muda

Kandungan yang terdapat pada air kelapa muda juga cukup beragam. Mulai dari vitamin c, asam nikotinat, biotin, asam pantotenat, dan juga asam folat. Sebernarnya masih ada banyak kandungan-kandungan lainnya, namun saya tidak bisa menyebutkan semuanya disini. Kandungan di atas adalah yang terpenting menurut saya. Sampai disini mungkin anda sudah ada gambaran sebenarnya apa saja sih manfaat air kelapa muda?

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan

Memang tidak bisa di pungkiri, bahwa sebagian besar tubuh kita di isi oleh air. Menurut penelitian, mengkonsumsi air putih yang cukup akan sangat baik kesehatan tubuh kita. Anda bisa membaca artikel manfaat air putih bagi tubuh agar lebih banyak mengetahui fungsi air bagi tubuh. Dan di bawah ini adalah beberapa manfaat air kelapa muda yang sudah saya rangkun khusus untuk anda.

1. Menghilangkan dehidrasi

Mungkin anda sebelumnya pernah melihat iklan di TV tentang produk yang menggunakan bahan utama air kelapa. Ya, manfaat air kelapa muda memang dapat menghilangkan dehidrasi yang di sebabkan oleh kolera, diare, flu perut dan disentri. Anda bisa membuktikan ini dengan cara meminum air kelapa muda setelah berolahraga atau setelah melakukan aktifitas yang dapat mengeluarkan keringat.

2. Mencegah penuaan dini

Air kelapa muda juga dapat mencegah penuaan dini yang sudah nampak di tubuh anda. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa air kelapa mengandung sitokinin dan asam laurat, kedua jenis kandungan inilah yang di gunakan untuk regenerasi sel. Selain itu, kandungan ini juga memiliki peran yang signifikan untuk anti-trombotik, anti-penuaan dini, dan anto-karsinogenik.

3. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil

Salah satu kandungan di dalam air kelapa muda yaitu asam folat. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa asam folat dapat membantu perkembangan otak janin pada ibu hamil. Selain itu vitamin c yang ada di dalamnya juga sangat di perlukan oleh ibu hamil. Mungkin sebagian besar dari pembaca sudah mengetahui manfaat air kelapa untuk ibu hamil.

4. Membantu proses pencernaan

Pencernaan memang menjadi masalah pada sebagian orang. Untuk anda yang memiliki masalah ini, ada baiknya anda mengkonsumsi segelas ari kelapa muda setiap hari. Ini bisa membantu mencegah keasaman lambung dan peradangan. Hal ini bisa terjadi karena kandungan asam laurat yang bisa mengobati segala macam jenis masalah pencernaan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya di gunakan untuk membantu proses pencernaan saja, manfaat air kelapa muda juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, baik itu kulit wajah ataupun yang lainnya. Hal ini bisa terjadi karena air kelapa mengandung banyak sekali vitamin yang mempu menjaga kesehatan kulit, jika anda ingin mengatahui lebih dalam, silahkan baca artikel manfaat air kelapa untuk kulit.

6. Antioksidan yang baik

Air kelapa merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Antioksidan ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh anda. Selain itu, jika anda sering mengkonsumsi obat-obatan antibiotik dan lainnya juga bisa di atasi dengan mengkonsumsi air kelapa. Racun juga bisa di hilangkan dengan air kelapa. Air kelapa sering di gunakan untuk menghilangkan racun pada tubuh pada zaman dahulu. Hingga saat ini pun cara itu masih ampuh. Silahkan di coba jika ingin mengetahui manfaat air kelapa muda.

7. Menjaga kesehatan rambut

Bagi anda yang memiliki rambut kering, rusak ataupun masalah lainnya anda bisa mulai memanfaatkan air kelapa muda ini. Simak artikel manfaat air kelapa untuk rambut agar lebih jelasnya. Pada zaman dahulu, cara merawat rambut ini sering di gunakan oleh orang yang di sekitar rumahnya terdapat pohon kelapa.

Dampak negatif jika terlalu banyak mengkonsumsi air kelapa

Tidak hanya manfaat air kelapa muda saja, namun ada juga dampak negatifnya jika anda mengkonsumsinya secara tidak beraturan ataupun terlalu banyak. Dan berikut ini adalah beberapa bahaya air kelapa muda yang mungkin belum anda ketahui.

1. Dapat menyebabkan otot kejang

Jangan pernah meminum air kelapa apabila anda sedang dalam perjalanan, entah itu perjalanan ke suatu tempat ataupun yang lainnya. Karena salah satu efek air kelapa adalah dapat menimbulkan otot kejang dan merasa lelah akibat adanya kadar kalsium yang terdapat dalam air kelapa. Manfaat buah bit juga perlu anda ketahui agar tubuh anda menjadi lebih sehat,

2. Jangan mengganti susu dengan air kelapa

Kebanyakan orang setelah mengkonsumsi air kelapa melupakan susu sapi. Tentu hal ini tidak di benarkan. Walaupun air kelapa mengandung asam amino yang tinggi di bandingkan dengan susu sapi, namun tidak di anjurkan menggantikan susu sapi dengan air kelapa. Karena kandungan mineral yang ada pada susu sapi lebih lengkap di bandingkan manfaat air kelapa muda.

3. Jangan terpaku pada air kelapa untuk program diet anda

Air kelapa memang sangat baik untuk mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan karena kandungan di dalamnya. Namun, ketika anda sedang menjalani program diet, tidak di sarankan menggunakan air kelapa menjadi obat diet ataupun jamu diet, karena jika mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan justru akan menimbulkan diare.

Nah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam artikel manfaat air kelapa muda ini. Memang menggunakan bahan-bahan alami seperti air kelapa untuk menjaga tubuh anda tetap sehat lebih baik daripada anda menggunakan bahan-bahan yang belum anda tau apa saja kandungan yang ada di dalamnya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca.

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!