Manfaat Akar Alang-alang untuk Manusia



Membicarakan masalah kesehatan serta penyakit memang tidak akan terlepas dari manfaat akar alang-alang yang sudah banyak diketahui orang manfaatnya. Bagi anda yang mungkin belum mengetahui manfaat bahkan mengenalnya tidak perlu khawatir. Karena artikel ini akan membantu mengetahui berbagai macam manfaat yang bisa anda dapatkan dari akar alang-alang. Alang-alang yang memiliki nama ilmiah imperata cylindrica ini memang tanaman yang memiliki banyak khasiat. Tanaman ini memiliki banyak kandungan seperti isoarborino, arborinone, campesterol, imperanene, cylindol a, arundin dan berbagai kandungan lainnya.

Beberapa manfaat akar alang-alang untuk kesehatan

Dengan kandungan yang berbagai macam tersebut tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya untuk mengobati berbagai penyakit. Dengan kandungan yang banyak akan membuat tanaman ini berguna setiap belahannya, sehingga anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan bagian dari tanaman lainnya. Mungkin anda sudah mulai penasaran penyakit apa saja yang dapat disembuhkan dengan tanaman ini, maka dari itu jangan berhenti menyimak uraian lengkapnya berikut ini.

Menyembuhkan asma

Berbicara lebih lanjut tentang manfaat akar alang-alang memang akan lebih bagus dengan menguraikannya secara detail. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan akar alang-alang ini, seperti asma. Dalam menyembuhkan asma anda dapat mencampurkan akar alang-alang dengan berbagai bahan seperti kencur, daun sirih, air, madu, dan air jeruk nipis, dengan kandungan yang banyak membuat akar alang-alang ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Obat diare

Selain itu bisa dijadikan sebagai obat diare, hipertensi, kencing batu, keputihan, hepatitis, radang paru-paru dan berbagai penyakit lainnya. Dengan kandungan polifenol, alkali, tanin, simiarenol, saponin, esin, anemonim, arbonol, fernenol, beta-sitosterol, stigmasterol, gione b, cylindrene, coixol, malic acid, manitol, glucosa, sacarosa, citrik acid, arundoin, cylindol a, imperanene, campesterol, arborinone, dan isoarborino. Kandungan yang banyak ini tidak heran jika manfaat akar alang-alang sangatlah banyak untuk mengobati berbagai penyakit manusia.

Manfaat akar alang alang

 

Menyembuhkan penyakit

Setelah menyimak berbagai manfaat di atas, anda juga masih bisa menyimak manfaat akar alang-alang selanjutnya yaitu bahwa tanaman ini memiliki empat sifat yang berguna untuk menyembuhkan penyakit. Keempat sifat itu berkat dari banyaknya kandungan yang dimiliki akar alang-alang seperti, membuat adem, menurunkan panas, menghentikan peredaran darah, peluruh kemih, serta penghilang haus.



Kandungan tersebut bisa sangat dimanfaatkan untuk membuat obat berbagai penyakit yang mungkin sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Sehingga dengan bahan alami mulailah untuk mengobati penyakit karena tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Dengan mencampurnya atau meraciknya dengan berbagai bahan maka anda sudah bisa membuat obat untuk menyembuhkan penyakit yang anda derita dengan bahan alami.

Melihat berbagai macam manfaat yang didapatkan dari akar alang-alang maka tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya untuk obat. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka anda sudah bisa merasakan manfaat akar alang-alang yang dahsyat ini. Karena memang berguna menyembuhkan berbagai penyakit. Meramu bahan alami untuk pengobatan memang akan membuat anda bisa memanfaatkan tanaman alami untuk obat di sekitar anda, dibanding bergantung penuh pada obat.

Salah satu tanamnnya alang-alang ini, yang jika tidak mengetahui manfaatnya hanya akan mengira tanaman ini sebagai masalah. Dengan menyimak artikel tentang manfaat akar alang-alang maka sekarang anda sudah bisa memanfaatkan kedahsyatannya. Baca juga manfaat tomat untuk wajah anda.




Add Comment

Share This