Berbagai Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil



Manfaat asam folat secara umum tentu sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Namun disamping manfaat tersebut masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang perlu anda ketahui. Asam folat sendiri merupakan salah satu dari kawanan gizi mikro vitamin yang sering juga disebut sebagai vitamin b9. Kebutuhan tubuh akan asam folat cukuplah tinggi, dan juga semua usia memerlukan vitamin b9 ini. Tentu sudah anda ketahui sejak lama bagaimana cara mendapatkan asam folat, karena asam folat diperoleh atau bersumber dari berbagai buah serta sayuran.

Asam folat sendiri memang sangatlah penting untuk tubuh manusia. Sehingga wajar jika banyak dianjurkan untuk selalu memakan buah serta sayur agar tubuh mendapat asupan yang memang sangat dibutuhkan. Anda mungkin sudah banyak mengetahui gunanya asam folat ini untuk tubuh anda. Namun artikel ini akan lebih gamblang menguraikan tentang manfaat yang terkandung dari asam folat yang tentunya akan berguna untuk tubuh manusia.

Beberapa manfaat asam folat untuk kesehatan

Manfaat asam folat

Melihat kebutuhan tubuh untuk asam folat yang sangat tinggi, maka tentu membuktikan manfaat asam folat yang sangat menakjubkan bagi tubuh manusia. Anda memang perlu mengetahui berbagai manfaat yang dihasilkan dari asam folat itu sendiri, karena tentu akan sangat penting untuk tubuh anda.

  • Membantu perkembangan janin

Manfaat pertama, asam folat dapat membantu perkembangan janin. Dengan adanya produksi eritrosit akan membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang sesuai dengan janin, karena jika kekurangan folat maka akan berakibat buruk untuk kehamilan.

  • Sumber sel darah merah

Asam folat juga membantu memproduksi sel darah merah, yang mana jika produksinya kurang akan membuat tubuh mudah terserang kanker. Selain memproduksi sel darah merah, folat juga memproduksi sel darah putih serta mekanisme pertahanan tubuh. Manfaat asam folat ini memang sangatlah penting, karena itu jangan sepele untuk tidak memperhatikan makanan yang mengandung asam folat ini.

Melihat uraian di atas, anda juga bisa memburu manfaat apel hijau yang mungkin tidak banyak orang mengetahuinya.

  • Mencegah penyakit jantung

Manfaat asam folat untuk tubuh lainnya dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner, komplikasi, hingga stroke. Asam folat ini dapat membasmi homosistein atau senyawa beracun yang mana akan menyebabkan kerusakan pada arteri yang cukup parah jika tidak segera dibersihkan dari darah.



  • Menyembuhkan depresi

Selain berbagai manfaat yang telah diketahui, asam folat juga dapat membantu manusia mengurangi tingkat depresi. Tubuh yang kekurangan folat akan menimbulkan resiko depresi serta demensia yang tentu akan berakibat buruk untuk tubuh.

  • Mencegah penuaan dini

Asam folat juga bisa membantu menjaga otak agar tetap muda, karena folat sendiri memiliki efek memperlambat penuaan. Nah dengan begitu banyaknya manfaat tentu anda tidak ragu lagi untuk selalu memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat.

Setelah melihat macam-macam manfaat asam folat untuk tubuh maka anda tentunya harus segera memperbaiki pola makan agar tubuh selalu terpenuhi kebutuhan asam folatnya. Banyak makanan yang menjadi sumber dari asam folat itu sendiri.

Seperti sayuran yang memiliki daun hijau juga buah-buahan seperti, pisang, strawberry, jeruk, tomat dan lainnya. Berbagai manfaat asam folat ini akan anda rasakan jika memang anda selalu memeprhatikan pola makan yang menjadi sumber asam folat sendiri.




Add Comment

Share This