Ini Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Obat Tradisional

Manfaat asam jawa sudah di kenal sejak zaman dahulu. Asam jawa seringkali di gunakan sebagai obat herbal, selain itu juga di gunakan sebagai minuman, baik minuman dingin ataupun minuman hangat. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica ini juga bisa di gunakan sebagai bumbu dapur ataupun penyedap makanan. Tentu anda juga penasaran, sebenarnya apa saja sih khasiat asam jawa.

Manfaat asam jawa

Kandungan yang di miliki asam jawa juga sangat beragam sekali. Salah satunya adalah zat, zat yang terkandung di dalamnya pun cukup banyak, seperti sitrat, malat, asam tatrat, asetat dan suksinat. Jenis zat ini mungkin asing di telinga sebagian orang, namun sangat familiar bagi yang sudah mengetahuinya. Dengan adanya kandungan yang cukup beragam, tentu anda juga semakin penasaran, sebenarnya apa saja manfaat asam jawa itu? Baiklah, saya akan membahasnya satu per satu.

Manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh kita

Berbicara tentang kesehatan tubuh, setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Dengan tubuh yang sehat kita bebas melakukan hal-hal yang kita inginkan, contohnya seperti olahraga. Menjaga kesehatan tidak harus dengan mengkonsumsi obat-obatan, namun bisa menggunakan bahan alami seperti manfaat asam jawa yang akan saya jelaskan di bawah ini.

1. Mengatasi darah rendah

Darah rendah sering di alami oleh kebanyakan orang di indonesia. Salah satu penyebab darah rendah adalah karena kurang tidur. Bagi anda yang ingin mengobati darah rendah dengan memanfaatkan asam jawa sebenarnya caranya cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan 5 gram asam jawa, 10 gram gula, 250 gram daun bayam, 15 gram cabai rawit, dan garam secukupnya.

Setelah semuanya sudah siap, rebuslah daun banyam hingga setengah matang, ini akan di gunakan sebagai lalapan nantinta. Lalu olah bahan yang telah di siapkan tadi menjadi sambal. Setelah semuanya selesai, silahkan anda makan lalapan dengan sambal yang telah anda buat tadi. Lakukanlah hal ini secara rutin setiap hari. Selain untuk mengobati darah rendah, cara ini juga bisa anda gunakan untuk memfariasikan hidangan masakan di rumah anda.

2. Dapat mengobati disentri

Disentri merupakan penyakit yang menyerang bagian usus. Gejala penyakit disentri biasanya di tandai perut yang terasa mules, kemudian pada saat BAB ada darah dan lendirnya. Penyebab penyakit ini adalah pesatnya perkembangan amoeba dan bakteri di dalam tubuh anda. Untuk merasakan manfaat asam jawa, silahkan anda tumbuk asam jawa 5 gram, kunyit 10 gram dan temulawak 10 gram. Setelah itu, campurkan ramuan yang telah di tumbuk tadi dengan air panas secukupnya. Saringlah airnya dan tambahkan madu sekitar 1 sendok makan. Minumlah ramuan yang telah anda buat tadi secara teratur.

3. Sebagai obat penyakit difteri

Penyakit difteri merupakan penyakit yang menyerang sistem saluran pernafasan. Penyebab penyakit ini adalah bakteri corynebacterium. Penderita biasanya mengalami sakit pada bagian tenggorokan, sulit bernafas, suhu badan meningkat, dan susah menelan makanan. Bagi anda yang terserang penyakit ini, tidak perlu kawatir, karena salah satu manfaat asam jawa adalah menyembuhkan penyakit ini.

Cara yang pertama siapkan lobak 5 gram, kencur 5 gram, bawang merah 5 gram, serta daun pepaya 10 gram. Cara yang ke dua yaitu menumbuk bahan-bahan yang telah di siapkan tadi dengan asam jawa. Setelah itu seduh hasil tumbukan bersama air panas. Silahkan gunakan ramuan tersebut hanya untuk berkumur kumur, jangan sampai terminum ya. Lakukan pengobatan tradisional ini secara berkala hingga penyakit yang anda alami terasa lebih mendingan. Baca juga manfaat buah tomat yang baik untuk tubuh anda.

4. Dapat mengobati ambeien

Bagi anda yang terkena penyakit ambeien, mungkin anda baru saja mendengar cara menyembuhkan ambeien dengan asam jawa. Tidak perlu panjang lebar lagi, silahkan ambil daun keji beling 6 gram, meniran 6 gram, temulawak 3 gram serta asam jawa 1 gram saja. Setelah semua bahan sudah siap, rebus dengan air sebanyak 1 liter. Kemudian diamkan air rebusan itu hingga dingin, setelah dingin saringlah airnya. Ramuan ini dapat anda minum hinga 3 kali sehari agar anda mendapakan manfaat asam jawa dengan sempurna.

5. Sebagai obat batuk kering

Batuk merupakan salah satu penyakit ringan, namun sangat mengganggu sekali bagi penderitanya. Untuk anda yang terserang batuk, anda bisa mencoba mengobatinya dengan ramuan manfaat asam jawa ini. Cara pertama anda ambil 3 polong asam jawa serta daun saga setengah genggam. Kemudian rebuslah 2 bahan tadi bersama dengan air sebanyak 4 gelas. Minum ramuan yang telah di buat paling tidak 2 kali dalam satu hari agar mendapat hasil maksimal.

Manfaat asam jawa lainnya

Selain khasiat asam jawa di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya. Berikut ini adalah manfaat asam jawa yang sudah teruji, manfaat di atas juga merupakan manfaat yang telah teruji.

  • Dapat mengatasi demam setelah nifas
  • Membantu mengobati eksim
  • Menurunkan demam bayi
  • Menurunkan kolesterol
  • Mengobati nyeri haid
  • Dapat mengobati asma
  • Mampu mengobati bisul
  • Mengobati sariawan
  • Sebagai obat sakit perut
  • Mengobati borok.
  • Mengobati keputihan
  • Mengobati gatal alergi dan biduran
  • Mengobati sakit panas
  • Sebagai obat luka
  • Dapat mengobati rematik
  • Membantu mengobati demam
  • Mengobati gatal pada bekas luka yang sudah kering
  • Bengkak karena digigit serangga
  • Mengobati gatal berupa titik merah berair
  • Mencegah rambut rontok

Bagaimana? banyak sekali bukan manfaat asam jawa bagi kesehatan. Mungkin di antara kalian ada yang baru saja mengetahui khasiat asam jawa disini, atau juga sudah mengetahuinya sejak lama. Perlu di garis bawahi, menggunakan ramuan herbal memang lebih bain, namun akan sangat baik lagi apabila anda konsultasikan dulu ke dokter tentang penyakit anda.

Demikianlah artikel manfaat asam jawa ini, jangan lupa simak juga artikel manfaat cabai rawit yang juga memiliki manfaat luarbiasa. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!