Simak Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan

Manfaat batu bara memang belum banyak di ketahui oleh banyak orang. Batu bara adalah hasil dari proses alami dan proses fisika serta kimia fosil-fosil yang terkubur jutaan tahun yang lalu, jenis dari batu bara adalah batuan sedimen yang rentan terbakar. Sehingga di indonesia batu bara dijadikan sebagai jenis bahan bakar dan sumber energy yang sangat penting dan berharga. Energy yang dihasilkan dari batu bara dibagi menjadi dua yaitu penghasil energy primer dan penghasil energy sekunder.

Penghasil energy primer apabila digunakan untuk industry yaitu semisal sebagai bahan bakar industry semen, penggerak kapan dan sebagainya. Sedangkan penghasil energy sekunder adalah jika energy yang terkandung dalam batu bara dirubah menjadi energy bentuk lain yaitu semisal dibakar di pltu untuk menghasilkan energy listrik dan sebagainya. Tetapi untuk mendapatkan hasil dari energy batu bara memang membutuhkan proses. Tetapi untuk membatasi pembahasan kami hanya akan memberikan gambaran terkait manfaat batu bara yang cukup besar untuk kehidupan.

Manfaat batu bara yang besar untuk kehidupan

Manfaat batu bara

Batu bara memiliki peranan yang cukup penting bagi kehidupan dan itu bisa dibandingkan dengan manfaat air bagi kehidupan. Karena tahun 2000 sekarang semua serba canggih dan semua kecanggihan tersebut dibantu oleh energy dari batu bara. Untuk itu bila batu bara tidak ada bisa diprediksikan kehidupan akan menurun apalagi sekarang banyak yang sudah bergantung pada energy yang dihasilkan dari batubara, dan tidak hanya di indonesia tetapi negara dibelahan dunia juga menggantungkan segala kegiatan dari energy batu bara. Sehingga wajar bila sekarang banyak penambang batu bara karena itu semata hanya untuk mendapatkan energy guna kelangsungan kehidupan. Begitu besar manfaat batu bara untuk kehidupan, jadi alangkah baiknya jika dalam penggunaan energy batu bara perlu dilakukan secara efektif karena untuk penyimpanan dimasa yang akan datang.

Fungsi dari batu bara bagi manusia diantaranya yaitu

  • Sebagai bahan untuk produksi baja dan juga besi
  • Sebagai bahan bakar pembangkit listrik
  • Sebagai bahan bakar cair atau biasa dikenal dengan bahan bakar minyak (bbm)
  • Sebagai bahan bakar untuk industry semen
  • Sebagai bahan untuk pembuatan karbon aktif
  • Sebagai penyerap dalam daur ulang minyak pelumas bekas
  • Sebagai sumber bahan untuk tunggu hemat energy yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun industry kecil
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui manfaat batu bara yang sudah jelas dapat terlihat nyata tersebut maka memang cukup penting energy batu bara untuk kehidupan manusia. Itu juga bisa terlihat susahnya orang ketika negara sedang mengalami kelangkaan bahan bakar minyak seperti yang akhir-akhir ini terjadi. Dengan begitu untuk mengurangi kelangkaan tersebut memang perlu pemakaian yang efektif guna menjaga penyimpanan batu bara untuk masa depan.

Menjaga kestabilan ekonomi negara

Selain untuk masyarakat, batubara juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk negara yaitu untuk menjaga kestabilan ekonomi, itu karena semua industry yang ada sekarang menggunakan bahan bakar atau alat yang berasal dari batu bara. Jadi apabila tidak ada batu bara maka sudah pasti semua industry yang berjalan akan banyak yang terhenti sehingga akan berdampak pada perekonomian negara. Karena apabila batu bara diganti dengan yang lain yaitu seperti minyak maka itu akan menurunkan kinerja semuanya, karena pemilihan energy dari batu bara dianggap yang paling efektif dan menguntungkan, jadi memang begitu besar manfaat batu bara.

Dengan uraian singkat yang telah di jelaskan di atas. Saya harap anda lebih mengerti tentang manfaat batu bara bagi kehidupan, dan dapat memanfaatkannya sebaik mungkin agar tidak terbuang sia-sia. Perlu anda ketahui, di indonesia bahkan dunia juga ada jenis batu yang unik, penasaran? Silahkan baca artikel manfaat batu akik untuk mengetahui lebih lanjut. Cukup sekian artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang sudah menyimaknya dari awal hingga akhir.

Add Comment