Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Tradisional

Manfaat bayam merah memang cukup banyak, namun tanaman bayam merah memang kurang begitu dikenal dibandingkan dengan bayam hijau. Tumbuhan yang berasal dari keluarga amaranthacea ini memiliki nama saintifik amaranthacea gangeticus. Nama inggrisnya adalah red spinach. Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang berbunga tahunan yang mempunyai bunga ungu gelap. Tanaman bayam berasal dari amerika tropic dan mudah tumbuh dan tersebar di daerah tropis dan subtropics diseluruh dunia. Di indonesia sendiri bayam bisa tumbuh sepanjang tahun dan ditemui pada ketinggian 5-2.000 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin.

Bayam merah memiliki ciri-ciri: tinggi batang 0,4 – 1 meter dan bercabang, batang lemah dan berair, daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, panjang 5 -8 cm, ujung tumpul, pangkal runcing, dan berwarna merah. Bayam merah (blitum rubrum) selain digunakan sebagai sayur pelengkap hidangan juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Manfaat bayam merah diantaranya adalah meningkatkan kinerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Anda juga bisa membaca artikel manfaat bawang merah untuk kesehatan agar lebih banyak mendapatkan referensi untuk menjaga daya tahan tubuh anda.

Manfaat bayam merah

Manfaat bayam merah selain yang sebutkan diatas masih ada lagi yaitu untuk obat anemia (darah rendah). Menjaga tekanan darah sangatlah penting. Jika terlalu rendah, darah tidak dapat memberikan suplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Namun, jangan khawatir bayam merah berkhasiat untuk mengobati darah rendah karena mengandung vitamin a, b1, b2, c, serta niasin, juga mengandung beberapa jenis mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, dan fosfor. Selain itu bayam merah juga mengandung banyak serat serta di dalam daunnya ada karotein, klorofil , serta saponin. Pada batangnya ditemukan alkaloid, flavonoid, serta polifenol.

Kemudian akar bayam merah bermanfaat untuk mengobati disentri, karena bayam termasuk sayuran yang berserat maka dapat digunakan untuk melancarkan proses buang air besar. Makanan berserat seperti ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing mas (diabetes mellitus), kolesterol, darah tinggi, dan menurunkan berat badan alias diet. Infus daun bayam merah 30% per oral dapat meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin, dan hematokrit untuk mengobati anemia. Setelah mengetahui kandungan gizi dan manfaat bayam merah, akan sayang jika anda tidak memasukkan bayam merah sebagai menu hidangan sehari-hari.

Manfaat bayam merah atasi anemia

Untuk mengatasi darah rendah, bayam merah juga memiliki khasiat yang sangat ampuh. Berikut akan saya jabarkan 2 resep tradisional daun bayam merah yang digunakan untuk darah rendah. Resep pertama, bahan-bahan yang digunakan adalah 2 ikat bayam merah segar; 20 gram, gula aren; 10 gram, asam kawak; 10 gram, bawang merah; 20 gram, lada; 30 gram, cabai dan 14 gram garam. Cara membuatnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bayam hingga bersih lalu masukkan ke dalam panci berisi air untuk direbus beberapa saat saja jangan sampai terlalu matang, setelah itu angkat dan tiriskan. Step kedua adalah menghaluskan semua bahan-bahannya. Langkah ketiga makanlah bayam yang telah direbus tadi dengan sambal tersebut.

Manfaat bayam merah untuk mengatasi kurang darah menggunakan resep kedua adalah dengan bahan-bahan segenggam bayam; 1 buah jeruk nipis; 1 buah telur ayam kampung; 1 sendok makan madu murni. Caranya mudah saja pecahkan telur ayam kampung ambillah kuningnya saja, campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan madu murni. Kemudian tumbuk atau blander bayamnya, lalu ambillah sarinya. Setelah itu campurkan sari bayam dengan bahan yang lain. Minumlah setiap pagi selama 5 hari.

Agar tekanan darah cepat normal, cobalah untuk memperbanyak waktu istirahat serta menenangkan pikiran. Kemudian perbanyaklah mengkonsumsi makanan bergizi seperti bayam merah. Nah itu tadi manfaat bayam merah beserta resep-resep tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi anemia, dan jangan lewatkan untuk membaca artikel manfaat air zam-zam yang luar biasa.

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!