Ingin Sukses Diet? Inilah Manfaat Beras Merah untuk Diet Secara Alami

Manfaat beras merah memang belum di ketahui. Kebanyakan orang mengatahui bahwa beras hanya dianggap sebagai sumber energy. Mengingat beras merupakan sumber karbohidrat yang di butuhkan oleh tubuh. Dalam beras sendiri juga terdapat banyak kandungan gula yang menjadi pasokan tenaga dalam beraktivitas sehari-hari. Namun bagaimana jika beras malah dijadikan sebagai menu diet. Dalam melakukan diet tentunya pola makan harus terjaga. Dimana asupan makanan harus terkontrol kadar gizinya. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan ataupun kondisi kesehatan tertentu tanpa mengabaikan kesehatan tubuh dengan mengurangi asupan makanan tertentu. Selain itu, anda juga dapat membaca manfaat air beras agar lebih banyak mendapatkan informasi tentang manfaat.

Manfaat beras merah

Nah kebanyakan orang-orang yang berdiet biasanya dilatar belakangi akan kelebihan berat badan ataupun disebabkan mengalami diabetes. Tentunya kondisi tersebut memang perlu melakukan diet untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang maksimal. Salah satu hambatan yang dialami oleh pelaku diet adalah dalam memilih menu makanan yang di konsumsi sehari-hari. Salah satu beras yang menjadi alternatif menu diet adalah beras merah. Dimana beras merah ini menyimpan keistimewaan di bandingkan jenis beras lainnya. Manfaat beras merah untuk diet memang sudah tidak diragukan lagi, untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Manfaat beras merah untuk diet

Manfaat beras merah untuk diet dapat diperoleh ketika dalam proses memasaknya tidak meghilangkan kulit arinya. Hal tersebut disebabkan kandungan beras merah terdapat pada kulit arinya. Bagi yang sedang menjalankan proses diet tentunya sangat membutuhkan kandungan dari kulit ari beras merah. Dimana kulit ari tersebut ternyata merupakan zat warna pada beras merah. Dalam kulit ari tersebut dapat diperoleh berbagai kandungan terbaik dari beras merah. Zat-zat gizi tersebut diantaranya adalah minyak alami dan juga serat. Seperti yang diketahui, serat sendiri mampu membantu proses pencernaan lebih lancar. Sedangkan kandungan lainnya yaitu minyak alami melumasi proses pencernaan yang kekurangan serat. Untuk lebih lanjutnya, masih terdapat lagi manfaat beras merah untuk diet.

Kandungan beras merah lainnya, diantaranya adalah sumber asam amino, vitamin b dan juga karbohidrat kompleks. Tidak hanya itu beras merah juga mengandung magnesium, fosfor, dan juga kalsium yang tentu memiliki manfaat cukup baik jika di konsumsi. Mengganti konsumsi nasi putih dengan beras merah tentunya sangat tepat. Mengingat kandungan beras merah mampu mencukupi nutrisi yang di butuhkan saat diet. Dimana terdapat penelitian yang membuktikan manfaat beras merah untuk diet.

Hasil akhir dari penelitian tersebut adalah orang yang mengkonsumsi beras merah saat melakukan program diet akan lebih banyak kehilangan lemak di bandingkan konsumen beras putih. Tidak hanya itu keberadaan glikemiks yang rendah pada nasi merah juga mendukung program diet yang dilakukan. Hal tersebut berkaitan dengan pengendalian kalori yang diserap oleh tubuh lebih sedikit. Mengingat manusia tetap membutuhkan asupan karbohidrat, walaupun dalam takaran yang sedikit.

Manfaat beras kencur ternyata juga sebanding dengan konsumsi beras merah. Dimana beras merah memang sedikit susah proses memasaknya. Namun bagi penderita diabetes, tentunya beras merah menjadi alternatif utama walaupun porsinya tetap harus terkontrol dengan baik. Mengingat dengan kelebihan kadar gula dalam darah mampu menaikkan gula yang menyebabkan hal yang tidak di inginkan.

Mengkonsumsi beras merah bagi penderita diabetes merupakan salah satu cara untuk tetap mengkonsumsi nasi yang bisa dipadukan dengan berbagai menu makanan yang tentunya dengan kadar gula nya yang rendah pula. Begitu juga bagi yang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya juga mengkonsumsi menu makanan yang tidak berlemak dan berminyak, guna mendukung proses diet alami. Nah demikianlah ulasan mengenai manfaat beras merah untuk diet. Baca juga manfaat daun mengkudu, semoga bermanfaat.

Add Comment