Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat buah bit memang belum familiar di telinga masyarakat. Jika anda penasaran dengan khasiatnya, silahkan simak artikel ini. Buah bit merupakan buah yang memiliki bentuk dan warna seperti ubi jalar ungu. Apabila anda baru pertama kali melihat buah bit mungkin anda akan mengira bahwa itu adalah ubi jalar, namun, buah bit memiliki daging buah yang berbeda dengan daging ubi jalar. Sesuai dengan kulitnya yang berwarna merah darah, daging buah bit juga memiliki warna yang merah menyala. Kandungan gizi pada buah bit pun berbeda dengan ubi jalar atau buah lainnya, beberapa kandungan gizi tersebut seperti magnesium, kalsium, vitamin c, serat, zat besi, asam folat, kalium, coumarin, dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.

Manfaat buah bit

Namun, dibalik banyaknya kandungan gizi pada buah bit, harga untuk buah ini juga tergolong mahal, sehingga banyak masyarakat yang kurang mengenal buah ini, dan juga jarang masyarakat yang mengkonsumsinya. Apabila anda mengkonsumsi buah ini, sebenarnya anda telah menjaga tubuh serta menabung untuk kesehatan anda, karena beberapa manfaat buah bit bisa anda dapatkan di dalam buah ini.

Manfaat buah bit bagi tubuh manusia dan kandungannya

A. Kandungan kalium

Manfaat buah bit salah satunya adalah untuk menghindarkan tubuh dari sakit jantung. Hal tersebut disebabkan karena kandungan kalium pada buah bit dapat menurunkan hipertensi, yaitu gejala tersumbatnya aliran darah ke jantung, yang dikarenakan oleh zat berbahaya yang disebut dengan homosistein. Zat bahaya tersebut bekerja untuk merusak pembuluh darah perifer yang sering mengakibatkan orang terserang stoke.

Cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengkonsumsi buah bit adalah dengan cara dibuat jus. Karena menurut penelitian yang telah dilakukan oleh bart and london school of medicine, jika seorang yang telah terkena penyakit hipertensi, setiap harinya mengkonsumsi 500 ml jus buah bit, dalam 1 jam tekanan darah menjadi turun. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini, bagi penderita hipertensi maupun yang masih sehat. Karena dengan mengkonsumsi buah bit, anda dapat mengambil manfaat buah bit untuk menghindari dari penyakit mematikan ini.

B. Kandungan kalsium

Kalsium merupakan zat yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang. Bagi anda yang sedang dalam masa kehamilan, sangat bagus untuk mengkonsumsi buah bit. Karena kalsium sangat baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan yang sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Anda pun dapat mengambil manfaat buah bit sebagai pemberi asupan kalsium yang memadai untuk membentuk tulang yang kuat.

Manfaat lain dari buah bit adalah dapat mencegah kekurangan darah (anemia) yang dapat menyebabkan pertumbuhan bayi kurang maksimal, sehingga bisa mengakibatkan bayi lahir dalam kondisi yang tidak normal. Oleh sebab itu, penuhilah asupan kalsium yang cukup demi kesehatan anda juga janin. Manfaat buah naga putih juga bisa anda simak untuk menambah referensi artikel kesehatan.

C. Kandungan antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu zat yang terdapat dalam buah atau bahan makanan seperti sayur. Antioksidan memiliki manfaat untuk menghilangkan atau menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu antioksidan yang terkandung di dalam buah bit adalah caumarin dan betasianin. Betasianin merupakan zat antioksidan yang mampu untuk memberikan pencegahan terhadap kanker dalam tubuh secara alami, sedangkan coumarin berperan sebagai antioksidan dalam melakukan pencegahan terhadap tumor.

Konsumsilah buat bit dengan dicampur dengan wortel, seledri, daun bayam, dan parsley dengan cara semua bahan di blender, kemudian konsumsilah jus tersebut setiap hari untuk mendapatkan manfaat buah bit dalam mencegah tumor serta kanker. Selain itu, anda juga dapat membaca artikel manfaat buah mahoni yang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!