Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan dan Bahayanya Bagi Kita

Mahkota dewa merupakan tanaman asli indonesia bagian timur, tepatnya Papua, Irian jaya. Tanaman yang bernama latin phaleria macrocarpa ini banyak ditemukan di berbagai tempat seperti di belakang rumah warga yang digunakan sebagai apotik hidup dan tanaman peneduh. Di beberapa daerah, tanaman ini memiliki banyak nama sebutan, seperti makuto ratu, makuto rojo, makuto dewo, dan simalakama. Orang inggris banyak menyebutnya dengan crown of god. Mahkota dewa tumbuh tidak terlalu tinggi, rata-rata sekitar 3-4 meter, berbatang kayu dan berbentuk bulat. Warna tumbuhan seperti pada umumnya yaitu berwarna coklat, memiliki getah serta permukaan kulit terasa kasar. Tanaman ini tumbuh dan berkembang dengan subur di daerah dataran rendah dan dataran tinggi yang memiliki ketinggian maksimal 1200 meter. Dengan populernya tanaman ini, tak heran jika manfaat buah mahkota dewa sangat banyak. Pada umumnya budidaya tanaman mahkota dewa sangat mudah. Banyak masyarakat yang membudidayakan tanaman obat ini dan memanfaatkan sebagai peluang usaha.

Manfaat buah mahkota dewa

Manfaat buah mahkota dewa diperkenalkan pada tahun 2007 oleh universitas terkemuka di indonesia dan langsung populer hingga di berbagai negara tetangga. Beberapa kegunaan buah mahkota dewa yaitu sebagai obat tradisional yang mujarab untuk berbagai macam penyakit, baik penyakit berat maupun penyakit ringan. Buah tersebut mengandung zat-zat aktif seperti alkaloid, saponin, flanoid, dan lainnya. Zat alkaloid ini berfungsi sebagai penetralisir racun dan detoksifikasi dalam tubuh.

Sedangkan saponim berguna untuk sumber anti virus dan bakteri sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meminimalkan kadar gula yang tersimpan. Mahkota dewa yang dikeringkan dapat diseduh dan digunakan sebagai minuman pengganti teh. Walaupun rasanya tidak seperti teh, tetapi sangat berguna bagi tubuh dan menyehatkan badan setelah meminumnya. Dengan tumbuhan yang memiliki sistem cabang simpodial dengan miring ke atas, manfaat buah mahkota dewa sangat ampuh bagi kesehatan.

Manfaat buah mahkota dewa menjadi obat herbal

Tanaman mahkota dewa yang tumbuh memiliki buah berwarna merah jika matang ini dapat dijadikan sebagai obat herbal. Salah satunya untuk mengobati diabetes melitus. Cukup menyediakan 5-6 buah mahkota dewa yang sudah dicuci dan diiris, dan 5 gelas air, kemudian direbus hingga tersisa 3 gelas yang dapat diminum. Setelah matang, air rebusan tadi disaring dan diminum rutin setiap 3 kali sehari. Dengan pengobatan yang rutin, manfaat buah mahkota dewa akan terasa nyata. Selain diabetes melitus, penyakit kronis lainnya seperti rematik, asam urat, kanker dan tumor, juga dapat disembuhkan dengan khasiat alami buah mahkota dewa.

Untuk mengobati kanker dan tumor cukup dengan mengambil daging buah mahkota dewa yang sudah kering sebanyak 5 gram dicampur dengan 15 gram temu putih, sambiloto kering 10 gram, cekar ayam yang sudah kering 15 gram dan air 5 gelas, dengan merebusnya hingga tersisa 3 gelas. Obat herbal ini diminum secara rutin setiap 3 kali sehari sebelum makan, rasakan manfaat buah mahkota dewa setelah anda melakukan hal ini.

Selain mahkota dewa, bengkoang juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita, baca manfaat biji mahoni untuk lebih jelasnya. Walaupun banyak keunggulan mahkota dewa, tetapi mahkota dewa juga bahaya jika dimakan sembarangan. Efek samping yang ditimbulkan mahkota dewa yaitu dapat menyebabkan mabuk jika dosis pemakaian tinggi. Pada saat haid, tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah mahkota dewa, karena dapat memperhebat pendarahan. Buah mahkota dewa yang melawan sel kanker ini juga dapat merusak dinding rahim. Maka dosis dan kehati-hatian sangat penting diperhatikan. Meskipun begitu, kita harus pintar-pintar dalam menggunakan manfaat buah mahkota dewa secara bijak.

Add Comment