Kandungan dan Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Di Indonesia, buah manggis sangat disukai sebab rasanya yang manis. Malahan, manggis sedang populer saat ini dikarenakan sebuah iklan yang mempromosikan ekstrak kulit manggis. Tapi tahukah Anda apa saja kandungan nutrisi dan Manfaat Buah Manggis? Nah, kali ini Cari-Manfaat akan menerangkan Kandungan Buah Manggis beserta dengan manfaatnya.

Image: Go-Dok.com

Kandungan Buah Manggis

Buah manggis selain lezat juga mengandung banyak nutrisi mulai dari kulit buah, daging buah, sampai bijinya. Buah manggis sungguh-sungguh rendah kalori sehingga bagus untuk Anda yang sedang menjalani diet. Dalam tiap-tiap 100 gram buah manggis, terkandung 63 kalori. Buah ini juga mengandung lemak tidak jenuh sehingga tak gampang membikin Anda gendut apabila mengkonsumsinya.

Senyawa Xanthoeneyang yang dikandung kulit buah manggis bermanfaat untuk mencegah kanker sebab memperlambat tumbuhnya sel kanker pada usus besar dan kanker hati. Selain itu senyawa ini juga berfungsi untuk memperlambat tumbuhnya sel yang bisa menyebabkan leukimia. Senyawa xanthone ini dalam tubuh sungguh-sungguh diperlukan sebagai antioksidan sehingga bisa melindungi kekebalan tubuh dari pelbagai penyakit. Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat buah manggis yang belum anda kenal? Oke, kita lihat manfaat berikutnya.

Buah manggis kaya akan vitamin C dan B rumit. Vitamin C yang ada pada buah Manggis berfungsi sebagai antioksidan dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh supaya terhindar dari penyakit seperti flu, pilek, batuk, dan penyakit ringan lainnya. Meskipun vitamin B yang dikandung buah ini seperti vitamin B2 dan B6 sungguh-sungguh berfungsi sebagai kofaktor dalam metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat dalam tubuh.

Kulit manggis mengandung larutan kapur Tohor yang bersifat basa kuat sehingga rasa kulit pahit pada kulit manggis bisa ternetralisir. Buah yang memiliki nama latin Garcinia Mangostana L ini tak membutuhkan pemupukan untuk tumbuh. Sebelum matang kulitnya berwarna hijau pucat pun hampir putih. Sesudah matang buah warna kulit buah akan kian gelap dan ukuran buahnya bahkan kian membesar. Selain lezat, Manfaat Buah Manggis betul-betul banyak bagi Kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan

Kandung xanthone pada kulit buah Manggis ber khasiat untuk mencegah diabetes, kanker, peradangan, dan sanggup meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kulit buahnya juga berfungsi sebagai anti-kuman, anti-plasmodial, dan anti-jamur. Mengonsumsi buah manggis juga bisa mencegah Anda dari penyakit kanker hati ataupun kanker usus besar. Senyawa bawaan xanthone, gamma-mangostin, juga sanggup mencegah penyakit alzheimer dan arthritis yang bisa menyebabkan inflamasi atau peradangan.

Manfaat buah manggis yang lain yaitu sungguh-sungguh ampuh dalam membantu mengatasi penyakit TBC, jantung koroner, dan asma. Sebab mempunyai sifat antioksidan yang tinggi, buah manggis pun bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang yang mengidap penyakit HIV/AIDS. selain itu, antioksidan yang ada pada buah manggis juga bisa menolong Anda dalam menjaga kulit Anda konsisten awet muda. Antioksidan bisa mempercepat regenerasi sel kulit dan mencegah penuaan dini.

Dengan mengonsumsi buah Manggis Anda juga bisa terhindar dari penyakit batu ginjal. Hal ini dikarenakan dengan banyak mengonsumsi buah Manggis buang air kecil anda teratur sehingga tak akan terjadi penggumpalan air kemih di kandung kemih. Buah manggis juga berfungsi mengobati sariawan sebab banyak mengandung vitamin C.

Daun manggis juga berguna untuk menuntaskan diare, disentri, menurunkan demam, dan bisa membantu mengatasi gangguan saluran kencing. Dan masih banyak Manfaat buah manggis lainnya yang akan Anda rasakan dengan mengonsumsi buah manggis.

Tapi buah manggis juga bisa memberikan efek samping bagi Anda kalau dikonsumsi secara berlebihan. Sebab itulah, Anda tak boleh menjadi gelap mata sebab kelezatan buah manggis. Konsumsi manggis secukupnya dan rasakan manfaatnya.

Nah itulah tadi Manfaat Buah Manggis Beserta dengan kandungannya. Semoga bisa berguna buat kalian semua.