Ini 5 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah semangka sebenarnya banyak sekali. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan menyebutkannya beberapa saja yang menurut saya sangat ber manfaat bagi kesehatan kita. Kandungan yang terdapat dalam buah semangka sangat banyak sekali, mulai dari kulit samapi buahnya pun memiliki kandungan yang berbeda-beda. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah semangka adalah, karotenoid, rotein, citrulin, kalium, lisin, asam malat, arginin, likopen dan masih banyak lagi. Beberapa kandungan yang telah saya sebutkan juga terdapat pada semangka kuning.

Manfaat buah semangka

Manfaat buah semangka untuk kesehatan

Karena buahnya yang mengandung banyak air, biasanya buah semangka seringkali di gunakan oleh beberapa orang di indonesia sebagi makanan penutup, atau biasa lebih di kenal dengan makanan untuk cuci mulut. Jenis buah semangka pun berbeda-beda. Yang saya tau, buah semangka memiliki jenis tidak berbiji dan memiliki biji. Tentu anda juga pernah melihat Buah semangka yang tidak memiliki biji bukan. Buah semangka juga ada yang berwarna merah dan kuning. Namun manfaat buah semangka kuning dan merah hampir sama, hanya ada perbedaan sedikit saja. Di bawah ini adalah beberapa Manfaat buah semangka yang telah saya rangkum.

1. Menyehatkan Jantung

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Buah Semangka memiliki kandungan likopen. Kandungan likopen ini sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Memiliki jantung yang sehat nerupakan idaman kita semua. Mulailah mengkonsumsi Buah Semangka agar anda memiliki Jantung yang sehat.

2. Menangkal Radikal Bebas

Dalam aktifitas sehari-hari, tentu anda sering menjumpai berbagai macam polusi, misalnya seperti asap kendaraan, itu sangat tidak baik untuk kesehatan anda, karena kemungkinan masuknya radikal bebas kedalam tubuh kita sangat besar. Dengan menkonsumsi semangka, radikal bebas tetap bisa masuk kedalam tubuh anda. Tapi, kandungan karotenoid yang terdapat dalam buah ini mampu menetralisir radikal bebas yang telah masuk kedalam tubuh.

3. Menurangi Lemak Berlebihan

Manfaat Buah Semangka lainnya adalah mampu mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh anda. Kandungan Citruline yang terdapat dalam buah ini di percaya mampu mengurangi lemak yang berlebihan di dalam tubuh seseorang. Konsumsilah Semangka secara rutin, agar lemak dalam tubuh anda dapat berkurang sedikit demi sedikit.

4. Meredakan Demam

Seperti yang kita ketahui, buah semangka mimiliki kandungan Air yang sangat banyak sekali, menurut hasil penelitian, kandungan air yang terdapat di dalamnya mencapai 92%. Tentu hal itu sangat baik untuk membantu meredakan panas yang terjadi di dalam tubuh kita.

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Semangka selanjutnya adalah dapat Mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan stroke. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi pada awal paragraph, Buah semangka memiliki kandungan Kalium yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi semangka secara rutin setiap hari, akan sangat membantu dalam proses  menurunkan tekanan darah tinggi yang terjadi pada tubuh anda.

Manfaat Buah Semangka untuk Diet

Ketika anda sedang menjalani program diet, mungkin ada bingung buah apa yang harus anda konsumsi. Anda bisa mencoba buah semangka, karena buah ini dapat mengurangi berat badan dan detoks. Seperti yang telah anda ketahui, buah semangka mengandung banyak air, sehingga dapat memberi efek duratik atau buang air kecil secara maksimal. Hal ini juga dapat mengurangi endapan racun yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan serat yang terdapat pada semangka juga dapat membuat anda terasa kenyang lebih lama. Selain dapat membuat kenyang lebih lama, serat semangka juga dapat menjaga kesehatan usus anda. Baca juga manfaat air bagi kehidupan.

Manfaat buah semangka untuk kesehatan yang saya jelaskan di atas hanyalah sebagian kecil dari puluhan bahkan ratusan manfaat yang terkandung dalam buah ini. Pada artikel kali ini saya hanya menuliskan 5 manfaat, dan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya. Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan. Jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan, mohon di maafkan ya. Terimakasih

Add Comment