Beragam Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan



Manfaat buah tin tentu sudah sering kita dengar. Dan faktanya buah yang sangat istimewa ini memang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Buah yang mempunyai nama latin ficus carica ini adalah jenis buah yang asalnya dari asia barat dan sangat populer khususnya di kalangan umat islam. Pasalnya, buah ini merupakan salah satu buah yang tersebut dalam kitab suci al qur’an, yaitu surat at-tin dan tepatnya pada surat ke 95.

Manfaat buah tin

Selain itu, buah tin ini merupakan buah favorit rasululah saw. Beliau bersabda bahwa buah tin ini merupakan buah yang berasal dari surga dan merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam jenis penyakit. Lantas seperti apakah manfaat buah tin ini? Sebelum menyimak artikel ini, ada baiknya ada Simak juga artikel manfaat buah tomat untuk kecantikan anda. Dan berikut ini adalah ulasan singkat khasiat buah tin yang mungkin belum anda ketahui.

Manfaat buah tin untuk mengatasi wasir

Manfaat buah tin sangat banyak, hal tersebut dikarenakan kandungan beragam vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah tin ini, misalnya saja seperti lemak, protein, karbohidrat, kalsium, vitamin, potasium, zat besi, nutrional value s 3.4 oz, energi 250 kcal, carbohydrates 63.87 g, sugars 47.92 g, dietary fiber 9.8 g, fat 0.93 g, protein 3.30 g, thiamine (vitamin b1) 0.085 mg, riboflavin (vitamin b2) 0.082 mg, niacin (vitamin b3) 0.619 mg, vitamin b6 0.106 mg, folate (vitamin b9), vitamin c 1.2 mg, kalsium 162 mg, iron 2.03 mg, magnesium 68 mg, phosphorus 67 mg, potassium 680 mg, zinc 0.55 mg. Buah tin sangat berkhasiat untuk mengobati wasir, pasalnya buah ini mempunyai efek untuk melancarkan buang air besar, dan tentu masih banyak lagi manfaat buah tin.

Manfaat buah tin untuk mengatasi encok dan sakit lambung serta usus

Selain sangat bermanfaat untuk mengatasi wasir, buah tin juga sangat ampuh untuk membantu mengatasi penyakit encok. Encok merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang diakibatkan karena berlebihnya asupan daging merah yang akan menimbulkan kerusakan pada asam amino yang merupakan asam sel somatic. Buah tin ini mempunyai kaitan erat dengan enzim yang secara khusus mengubah trimethyl ke bentuk asam folat. Sehingga asam yang tadinya hanya bekerja dalam satu sisi akan menjadi bekerja dalam dua sisi dan menjadikannya seimbang.

Selain itu manfaat buah tin yang lainnya adalah untuk mengobati panyakit lambung dan usus. Untuk mendapatkan khasiat buah tin sebagai obat untuk sakit lambung dan usus ini sangat mudah, potong sebanyak 6 buah buah tin kemudian campur dengan minyak zaitun dan daun jeruk nipis, diamkan semalaman dan konsumsi sebagai obat sakit lambung.



Manfaat buah tin mulai dari mengobati luka sampai anemia

Dan selain beberapa khasiat yang dimiliki oleh buah tin seperti yang telah disebutkan di atas. Buah tin juga masih mempunyai beberapa manfaat yang lainnya, misalnya saja untuk mengobati luka. Untuk mengobati luka menggunakan buah tin ini sangat mudah. Cukup didihkan buah tin kering bersama dengan susu kemudian diamkan hingga dingin. Selanjutnya balut bagian yang luka menggunakan ramuan dari buah tin tersebut. Buah tin juga sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terserang penyakit jantung, meredakan asma, melawan sel kanker. Selain itu buah tin juga sangat bermanfaat untuk memperkuat struktur tulang serta mempercepat pertumbuhan tulang serta gigi. Buah tin juga sangat bermanfaat untuk membantu penderita anemia.

Bagi sebagian orang, mungkin manfaat buah tin yang telah di uraikan di atas baru saja anda ketahui, namun ada juga yang sudah lama mengetahui khasiat buah tin sejak lama. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak manfaat buah, silahkan baca artikel manfaat buah timun yang juga memiliki manfaat dahsyat.




Add Comment

Share This