Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk unik. Namun, di balik bentuknya yang mungil tomat memiliki banyak khasiat terutama bagi kesehatan tubuh. Biasanya orang mengkonsumsi tomat secara langsung, namun ada juga yang membuat tomat menjadi sambal dan jus. Salah satu manfaat buah tomat yang perlu anda ketahui adalah untuk menjaga kesehatan mata.

Manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh kita

Manfaat Buah Tomat

Berdasarkan penelitian, buah ini merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Maka dari itu, saya sarankan anda mengkonsumsi tomat setiap hari. Adapun beberapa manfat buah tomat itu adalah sebagai berikut :

1. Melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat buah tomat yang pertama adalah untuk membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Di dalam buah ini terdapat kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang telah kita ketahui bahwa serat sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Anda juga bisa menyimak manfaat wortel bagi kesehatan.

2. Menjaga kesehatan kulit

Tomat juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan indah. Betakaroten yang terkandung di dalam buah tomat dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang di sebabkan oleh paparan sinar matahari. Buah ini juga mengandung likopen, senyawa ini dapat melindungi kulit dari kerusakan yang di sebabkan oleh sibar Ultraviolet. Sinar Ultraviolet merupakan salah satu penyebab utama timbulnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

3. Manfaat buah tomat untuk kesehatan mata

Tomat mengandung vitamin A sebanyak 1.500 SI. Itu berarti bahwa tomat sangat baik untuk menjaga Kesehatan mata Anda. Mata membutuhkan vitamin A untuk membentuk sistem pengelihatan yang baik, vitamin ini akan membantu mengubah molekul sinyal cahaya yang diterima oleh retina untuk menjadi gambar proyeksi di dalam otak kita. Jika mata Anda kekurangan vitamin A, maka mata Anda menjadi tidak sehat, seperti gangguan penglihatan, dan lain sebagainya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Selanjutnya adalah manfaat tomat untuk diet atau menurunkan berat badan anda. Buah tomat merupakan salah satu buah yang wajib anda konsumsi pada saat diet. Karena tomat mengandung banyak air dan serat, yang memberikan rasa kenyang dengan cepat dan tahan lama tanpa menambahkan banyak kalori. Hal ini membuat tomat menjadi teman baik untuk keberhasilan program diet Anda untuk menurunkan berat badan. Anda bisa makan tomat sebagai cemilan atau melibatkan makanan lain pada menu seperti salad, sandwich, sup, dan lain sebagainya.

5. Mencegah pembekuan darah

Manfaat buah tomat selanjutnya adalah mencegah pembekuan darah. Apakah Anda tahu bahwa salah satu penyebab stroke dan penyakit jantung adalah karena gumpalan darah?. Bekuan darah akan menyumbat darah yang mengalir melalui semua bagian anggota tubuh Anda, dan jika itu terjadi maka organ-organ dalam tubuh akan kehilangan suplai darah. Organ yang paling rentan terhadap pembekuan darah adalah jantung. Sebaiknya anda mengkonsumsi tomat sesering mungkin, karena di dalam buah tomat terdapat zat yang dapat menghambat terjadinya pembekuan darah.

6. Membantu mencegah batu ginjal

Tomat dikenal sebagai buah yang membantu untuk mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu di dalam tubuh. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa batu ginjal dan batu empedu jarang terjadi pada orang yang rutin mengonsumsi tomat tanpa biji.

7. Dapat membantu meningkatkan penglihatan

Manfaat buah tomat untuk meningkatkan penglihatan. Tomat diyakini dapat membantu untuk meningkatkan pandangan mata Anda. Vitamin A dalam tomat memiliki peran penting dalam meningkatkan penglihatan dan membantu mencegah kebutaan pada mata. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa memakan tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi manula, gangguan mata berat dan sulit untuk dipulihkan.

Nah, itulah tadi manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh. Karna sekarang sudah tau manfaatnya, ada baiknya kalian mengkonsumsinya setiap hari. Karna buah mungil ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi di artikel ini saya hanya bisa menulis 7 manfaatnya. Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan saat ini. Terimakasih

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!