Beragam Manfaat Bunga Kamboja Sebagai Obat Alternatif



Manfaat bunga kamboja nampaknya belum banyak diketahui oleh sebagian masyarakat yang lebih memanfaatkan tanaman plumeria rubra l.cv. Acutifolia ini sebagai tanaman pengisi pot-pot rumah maupun sebagai tanaman penghias halaman rumah saja. Bunga kamboja memang memiliki tampilan yang sangat eksotik, warnanya yang sangat beragam seperti merah, merah muda, kuning, putih, hitam dan warna lainnya yang tentu akan sangat menyejukkan mata, sehingga memang tak salah jika bunga kamboja ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Manfaat bunga kamboja

Dan selain warnanya yang sangat cantik, bunga kamboja ini juga bisa menyebarkan aroma wangi yang sangat khas.bahkan bunga kamboja juga sering hanya digunakan sebagai tanaman perindang di tanah kuburan. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum menyadari akan potensi serta khasiat dari bunga kamboja ini selain sebagai tanaman hias, bunga kamboja ini bisa dimanfaatkan untuk obat. Apa saja manfaat bunga kamboja? Simak ulasan singkat berikut ini. Sebelumnya anda juga bisa menyimak manfaat buah tin.

Manfaat bunga kamboja untuk mengatasi bengkak dan kencing nanah

Manfaat bunga kamboja sebagai obat sangat banyak, diantaranya adalah sebagai obat untuk mengatasi bengkak. Cara untuk mengatasi bengkak pada bagian tubuh dengan menggunakan bunga kamboja ini sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan 1 sirap kulit pohon kamboja lalu ditumbuk sampai benar-benar halus. Langkah selanjutnya adalah merebus tumbukan tadi dengan air setengah panci sampai benar-benar mendidih. Selanjutnya gunakan air rebusan kulit pohon kamboja tersebut untuk merendam bagian tubuh yang bengkak. Namun jika tidak memungkinkan untuk merendamnya dapat juga digunakan untuk mengompresnya saja.

Bunga kamboja juga dapat digunakan sebagai obat kencing nanah atau gonorrhea, caranya juga sangat mudah. Pertama ambil 1 potong akar kamboja, bersihkan dan rebus menggunakan 2 gelas air, biarkan mendidih dan air tersisa 1 gelas. Minum ramuan tersebut 1 hari 1 kali. Masih banyak lagi sebenarnya manfaat bunga kamboja.

Manfaat bunga kamboja untuk mengatasi gigi berlubang dan menghilangkan kutil

Salah satu khasiat yang dimiliki bunga kamboja adalah untuk mengatasi gigi yang berlubang. Memanfaatkan bunga kamboja untuk mengatasi gigi yang berlubang caranya sangat mudah, pertama siapkan getah pohon kamboja, gunakan saja kapas untuk mengambil getah tersebut. Selanjutnya gunakan kapas tersebut untuk mencocok lubang yang terdapat pada gigi.



Selain itu bunga kamboja ini juga mempunyai manfaat ataupun khasiat yang lain, salah satu manfaat bunga kamboja adalah untuk menghilangkan kutil. Cara menghilangkan kutil menggunakan bunga kamboja sangat mudah, pertama siapkan kapas dan gunakan untuk mengambil getah pada pohon kamboja, selanjutnya tempelkan getah yang terdapat pada kapas tersebut pada kutil yang ingin dihilangkan. Lakukan proses ini secara rutin sampai kutil hilang dengan sendirinya.

Manfaat bunga kamboja untuk menghilangkan tahi lalat

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, bunga kamboja juga mempunyai beragam manfaat yang lainnya. Misalnya saja untuk menghilangkan tahi lalat. Keberadaan tahi lalat misalnya di wajah mungkin bagi sebagian akan mengganggu penampilannya dan ingin segera dihilangkan saja. Untuk menghilangkan tahi lalat ini bisa memanfaatkan bunga kamboja.

Caranya sangat mudah, pertama siapkan kapas bersih dan ambillah getah pada pohon kamboja menggunakan kapas tersebut, selanjutnya tempelkan kapas yang telah terbasahi getah pohon kamboja tersebut pada tahi lalat yang ingin dihilangkan. Lakukan cara ini secara rutin, dan tahi lalat akan sedikit demi sedikit hilang.

Bunga yang selama ini hanya menjadi hiasan saja ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bukan, baca juga artikel manfaat bubur kacang hijau yang nikmat namun memiliki khasiat dahsyat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca blog ini. Terimakasih




Add Comment

Share This