Manfaat Bunga Matahari Untuk Mengatasi Beberapa Penyakit

Manfaat bunga matahari mungkin belum banyak yang tahu, heliantus annuus linn yang masuk dalam famili compositae ini sangat eksotis, tanaman hias ini sebenarnya mempunyai manfaat lain selain sebagai tanaman hias. Namun sebenarnya tanaman hias yang sangat cantik ini juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu sebagai bahan obat tradisional. Manfaat bunga matahari sebagai obat tradisional ini sepertinya tak banyak diketahui banyak orang, padahal ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan bunga matahari ini.

Image: Hello Sehat

Bunga matahari ini mengandung helianthoside a-b-c, quercimeritrin, echinocystic acid, oleanolic acid, yang terdapat pada bunganya. Sedangkan dalam bijinya mengandung beta sitosterol, chlorogenic acid, prostaglandin e, quinic acid dan yang lainnya. Lantas seperti apa pemanfaatan bunga matahari ini? Simak dalam ulasan singkat berikut.

Manfaat bunga matahari sebagai obat sakit kepala dan rematik

Manfaat bunga matahari sangat banyak, diantaranya adalah sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala. Untuk mendapatkan manfaat bunga matahari ini caranya sangat mudah, pertama ambil kurang lebih 30 gram bunga matahari lalu rebus bersama dengan sebutir telur ayam, tapi telur jangan dipecahkan, dengan air bersih sebanyak 3 gelas. Rebus hingga air hanya tersisa ½ gelas. Untuk mengatasi sakit kepala, minum ramuan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari sesudah makan.

Bunga matahari juga dapat digunakan untuk mengobati rematik, dan untuk memanfaatkan bunga matahari sebagai obat untuk mengatasi rematik ini juga sangat mudah. Caranya, ambil 1 tangkai bunga matahari kemudian rebuslah 1 kepala bunga matahari hingga menjadi kanji. Langkah selanjutnya gunakan kanji tersebut untuk mengolesi pada bagian yang sakit. Gunakan secara teratur agar semakin terasa manfaat bunga matahari.

Selain itu, bunga matahari juga sangat bermanfaat untuk mengobati disentri. Cara untuk mendapatkan manfaat dari bunga matahari sebagai obat untuk mengatasi disentri ini sangat mudah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah seduh bunga matahari kurang lebih sebanyak 30 gram, selanjutnya tim selama kira-kira 1 jam. Langkah selanjutnya, setelah ramuan tersebut dingin tambahkan gula batu dan langsung diminum.

Manfaat bunga matahari yang lainnya adalah untuk melancarkan buang air kecil dan buang air besar. Bunga dari matahari memang sangat kaya manfaat, salah satunya adalah untuk menyehatkan pencernaan. Cara untuk mendapatkan manfaat tersebut juga sangat mudah, pertama rebus sebanyak 15 sampai 30 gram akar bunga matahari yang masih segar, selanjutnya minum ramuan tersebut.

Manfaat bunga matahari untuk mengatasi infeksi saluran kencing

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, bunga matahari masih mempunyai berbagai macam manfaat serta khasiat yang lainnya. Diantara khasiat yang dimiliki oleh bunga matahari salah satunya adalah untuk membantu mengatasi infeksi pada saluran kencing. Cara untuk mengatasi infeksi saluran kencing menggunakan bunga matahari ini sangat mudah. Caranya, rebus sebanyak 30 gram akar bunga matahari yang masih segar. Rebus hingga rebusan hampir mendidih, dan setelah hampir mendidih segera angkat lalu minum mumpung masih hangat.

Itulah beberapa khasiat yang dimiliki oleh bunga matahari ini yang mungkin tak semua orang mengetahuinya. Namun tak sedikit orang yang telah menyadari betapa besar potensi bunga matahari ini untuk kesehatan, sehingga tak heran banyak orang yang menanam tanaman hias ini di pekarangan rumah mereka dengan tujuan sebagai pemanis lingkungan namun juga untuk diambil manfaatnya untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Itulah sedikit ulasan singkat mengenai manfaat bunga matahari. untuk kita.