Manfaat Cacing Tanah dan Kandungannya yang harus Anda Ketahui

Mungkin ketika mendengar kata cacing tanah, anda pasti akan merasa jijik. Tetapi tahukan anda ternyata cacing tanah mempunyai banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita. Fungsi yang paling utama tentunya untuk menyuburkan tanah. Bayangkan jika didalam tanah tidak ada cacing tanah, mungkin ketika kita menanam tanaman tidak akan pernah tumbuh. Saya tidak akan membahas manfaat cacing tanah untuk menyuburkan tanah. Tetapi mengenai manfaatnya untuk kesehatan kita.

Manfaat cacing tanah

Cacing kaya sekali akan protein, bahkan lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Beberapa penelitian mengatakan tidak semua jenis cacing tanah bisa digunakan untuk bahan obat. Hanya jenis Pheretima aspergillum dan Lumbricus rubellus yang bisa digunakan untuk obat herbal. Saat ini sangat banyak sekali toko obat yang menyediakan obat herbal cacing tanah yang sudah di olah. Biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit tipes. Melihat manfaat cacing tanah yang sangat banyak sekali, membuat beberapa orang mulai mengembangbiakan cacing tanah ini.

Kandungan Di Dalam Cacing Tanah

Sebelum membahas mengenai manfaat cacing tanah, lebih baik anda ketahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalam cacing tanah. Mungkin sudah tidak asing lagi, kalau cacing tanah mengandung protein yang sangat tinggi. Bahkan dalam satu buah cacing tanah mengandung 75% protein. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pada ikan dan daging mamalia. Tak hanya protein saja, cacing tanah juga mengandung asam amino lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antara lain karbohidrat, abu, dan lemak.

Senyawa kimia lainnya yang terdapat di dalam cacing tanah. Ada asam glutanat, lisin, treosin dan glycine. Kandungan protein di dalam cacing tanah berbeda dengan protein pada bahan lainnya. Sifat protein di dalam cacing tanah tidak merusak sel-sel lainnya. Manfaat cacing tanah ini mungkin masih sedikit orang yang mengetahuinya. Mungkin yang paling terkenal untuk menyembuhkan penyakit tipus saja.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan

Berbicara mengenai manfaat cacing tanah untuk kesehatan sangatlah banyak sekali. Cacing tanah dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit tipus, melancarkan sirkulasi dalam darah, obat diare, antipiretik, melancarkan system pencernaan, penambah energy, memberikan efek penenang, menyembuhkan kulit, menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lainnya. Untuk mendapatkan manfaat dari cacing tanah tersebut, anda harus mengolahnya dengan benar. Anda tidak bisa langsung memakan cacing tanah yang masih hidup. Simak juga artikel manfaat bubur kacang hijau untuk kesehatan.

Cacing tanah tersebut harus diolah terlebih dahulu. Pertama bersihkan cacing tanah sampai bersih. Selanjutnya rebus sampai matang atau disangrai sampai kering. Jika di sangrai buatlah sampai menjadi bubuk kemudian dimasukkan ke dalam kapsul. Jadi anda akan mudah dalam mengkonsumsinya. Seperti manfaat buah naga merah yang sangat banyak sekali. Begitu juga dengan cacing tanah ini.

Saat ini memang sudah banyak sekali toko obat yang menjual cacing tanah. Cacing tanah tersebut sudah diolah dan siap untuk dikonsumsi. Sekarang juga sudah banyak kosmetik yang terbuat dari bahan dasar cacing tanah. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam cacing tanah yang sangat bagus sekali. Sekarang anda tak perlu jijik lagi dengan cacing tanah. Manfaat daun bawang juga menarik untuk anda simak.

Bahkan ini bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Anda bisa membuat budidaya cacing tanah. Cacingnya dijual lalu tempat tinggalnya bisa anda jadikan pupuk kompos. Jadi anda bisa untung dua kali lipat. Bisnis yang mudah dikerjakan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Bagaimana apakah anda terpikir untuk melakukan bisnis ini? Demikian sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan mengenai manfaat cacing tanah. Untuk menambah wawasan anda, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya seperti manfaat teh hitam bagi kesehatan tubuh.

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!