Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

Alpukat merupakan tanaman buah asal meksiko yang memiliki banyak manfaat mulai dari buahnya, bijinya dan kini ada manfaat daun alpukat yang bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Tanaman buah yang memiliki nama latin persea americana miller ini merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi di indonesia terutama buahnya yang sangat lezat dan memiliki manfaat yang cukup besar untuk seorang ibu hamil. Selain mengenai manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, anda pun kini bisa menemukan manfaat lain dari daunnya.

Manfaat daun alpukat

Manfaat daun alpukat dan cara penggunaannya

Pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami sendiri merupakan tradisi yang telah lama ada di indonesia karena tentu saja obat alami adalah bahan yang sangat aman tanpa menimbulkan efek samping yang mungkin saja sangat berbahaya. Dan kini daun alpukat pun menjadi salah satu bahan alami yang dijadikan obat dengan cara tradisional tersebut. Dengan beberapa kandungannya, daun alpukat ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Tidak hanya daunnya saja, biji alpukat juga bisa di gunakan sebagai obat tradisional, bagi anda yang penasaran, silahkan baca manfaat biji alpukat agar pengetahuan tentang obat tradisional menjadi bertambah.

Mengatasi batu ginjal

Manfaat daun alpukat sebenarnya dihasilkan dari kandungannya yang berupa querstin dan juga polifenol. Kedua senyawa besar inilah yang kemudian dapat membantu mengatasi beberapa jenis penyakit yang ada. Yang pertama adalah dapat menghilangkan batu ginjal. Zat-zat yang terdapat dalam daun alpukat itu sangat ampuh untuk menghancurkan batu ginjal sehingga ginjal akan kembali berfungsi dengan baik.

Cara penggunaannya adalah dengan merebus antara 5 hingga 8 lembar daun alpukat dengan 1 gelas air. Rebus hingga tersisa setengah gelas. Saring lalu minum. Lakukan secara rutin hingga kerikil keluar saat kencing. Manfaat daun alpukat lainnya adalah mengatasi sakit pinggang. Cara penggunaannya cenderung sama. Anda hanya perlu merebus sejumlah 5 lembar daun alpukat dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Saring dan minum. Lakukan secara rutin sampai rasa sakit pada pinggang hilang atau maksimal selama 5 hari anda akan merasakan manfaat daun alpukat.

Mengatasi bengkak

Selanjutnya, daun alpukat juga bisa digunakan untuk membantu meredakan bengkak pada bagian tubuh. Cara penggunaannya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menumbuk daun alpukat hingga halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang menderita bengkak. Balut dengan perban dan biarkan selama 2 hingga 4 jam. Manfaat daun alpukat yang tak kalah pentingnya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Cara penggunaannya juga hampir sama. Rebus 5 sampai 6 daun alpukat. Kali ini gunakan 2 gelas air dan rebuslah hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum secara rutin sampai tekanan darah tinggi anda menurun. Lalu daun yang satu ini juga bisa menghilangkan sariawan. Sariawan merupakan penyakit mulut yang kecil. Sariawan memang kecil, akan tetapi rasa perihnya sangat kuat dan terkadang sangat mengganggu mood untuk beraktivitas. Nah untuk mengatasinya, haluskan daun alpukat muda dan tempelkan pada sariawan anda lalu biarkan 5 sampai 10 menit. Lakukan secara rutin 3 kali sehari dan anda akan merasakan hasilnya.

Menghaluskan kulit

Selain itu, daun alpukat juga bisa menghaluskan kulit tubuh dan juga wajah. Anda hanya perlu menghaluskan daun alpukat muda dan tempelkan pada kulit selama 5 sampai 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin. Alpukat juga dijadikan sebagai penghitam rambut dengan mengoleskan secara rutin daun alpukat yang telah dihaluskan pada rambut anda selama kurang lebih 10 menit. Nah itulah beberapa khasiat daun alpukat sebagai obat herbal. Jangan lupa simak artikel manfaat madu untuk wajah juga ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba manfaat daun alpukat untuk kesehatan atau kecantikan anda.

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!