Manfaat Daun Bawang Yang Harus Anda Ketahui

Selain ulasan mengenai salah satu manfaat bumbu dapur yaitu manfaat bawang merah untuk kesehatan, kini kami akan memberikan ulasan lain yang masih berhubungan dengan bumbu dapur yaitu manfaat daun bawang. Daun bawang merupakan salah satu bumbu wajib dapur yang tentu saja sangat kita kenal karena hampir setiap jenis makanan selalu dibubuhi dengan daun yang satu ini. Bumbu yang memiliki nama latin allium fistulosum ini dapat menghasilkan berbagai makanan enak nan lezat. Namun tahukah anda?

Manfaat daun bawang

Manfaat daun bawang untuk kesehatan dan kecantikan

Bumbu yang bisa anda temukan di berbagai pasar manapun ini menyimpan berbagai macam kebaikan dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya kesehatan, daun bawang pun bisa memberikan manfaat untuk kecantikan. Hal ini tentu saja dikarenakan beberapa zat yang dikandungnya seperti vitamin a, c dan k, kalsium, protein, lemak, asam folat, karbohidrat, serat, potasium dan kalori yang rendah. Lebih lanjut, kita simak saja ulasan berikut ini.

Menyehatkan mata

Manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menyehatkan mata. Mata merupakan organ vital yang sangat perlu untuk dijaga kesehatannya karena tanpa mata kita tidak akan bisa melihat. Nah dalam sebatang daun bawang itu mengandung vitamin a sebanyak 24 g sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh dalam menjaga kesehatan mata. Baca juga artikel manfaat biji nangka yang pasti belum pernah Anda ketahui.

Membuat tulang lebih kuat

Selain menjaga kesehatan mata, daun bawang juga dapat memelihara kesehatan tulang dengan kandungannya yang kalsium, vitamin c dan juga vitamin k. Lalu daun bawang sendiri memiliki kandungan anti oksidan dengan quercetin dan kemferfol yang tinggi serta mengandung anti jamur, anti bakteri dan anti virus sehingga menghasilkan peningkatan sistem imun atau kekebalan tubuh sebagai salah satu manfaat daun bawang.

Baik untuk ibu hamil

Kemudian ada juga manfaat daun bawang untuk ibu hamil. Dengan kandungan asam folat, mengkonsumsi daun bawang dapat membantu dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin serta dapat memberikan peningkatan kecerdasan pada otak. Perlu diketahui bahwa asam folat ini sangat penting untuk seorang ibu yang sedang hamil karena kekurangan folat akan membuat ibu hamil menjadi rentan sehingga resiko keguguran menjadi tinggi.

Menjaga kesehatan jantung dan diabetes

Manfaat daun bawang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan senyawa cycloallin dalam daun bawang ini berfungsi untuk meleburkan darah sehingga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dipompa jantung ke seluruh tubuh. Lalu daun bawang juga bisa menjadi pencegah diabetes.

Diabetes merupakan tingginya kadar gula dalam darah akibat kelebihan glukosa dengan sistem yang tidak berfungsi. Kandungan phyto kimia dalam daun bawang ini bisa melakukan pencegahan degradasi insulin dan juga peningkatan metabolisme glukosa sehingga diabetes pun dapat dihindari.

Selain untuk kesehatan, ada juga manfaat daun bawang untuk kecantikan yang bisa anda jadikan alternatif bahan mempercantik diri. Diantaranya adalah membasmi jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang cukup serius karena sangat mengganggu penampilan. Nah daun bawang ini mengandung zat allicin yang dapat membunuh bakteri yang menimbulkan jerawat. Simak juga manfaat daun salam.

Anda bisa menggunakannya dengan menumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang berjerawat. Selain itu, daun bawang juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit, mencegah penuaan dan juga meremajakan kulit. Bagi anda yang memiliki masalah tersebut, tentu daun bawang bisa dijadikan solusi terbaik karena khasiatnya telah terbukti. Gunakan secara rutin dan anda akan memperoleh hasilnya. Itulah ulasan mengenai khasiat dan juga manfaat yang bisa anda peroleh dari daun bawang yang biasa anda gunakan untuk memasak. Selamat menerapkan khasiat dan manfaat daun bawang.

Add Comment