Khasiat dan Manfaat Daun Beluntas yang Harus Anda Ketahui

Setelah pembahasan mengenai salah satu macam daun yang memiliki banyak manfaat yaitu manfaat daun alpukat, kali ini kami akan mengulas juga mengenai daun lainnya yang tak kalah bermanfaatnya bagi kesehatan yaitu manfaat daun beluntas. Beluntas merupakan salah satu tanaman yang pada jaman dahulu sering kali dijadikan sebagai sebuah pagar hidup pembatas pekarangan karena memiliki bentuk yang tegak dan tinggi. Tanaman yang satu ini memiliki sebutan yang berbeda-beda di beberapa daerah seperti jawa yang menyebutnya luntas, sunda yang menyebutnya baluntas atau baruntas dan makasar yang mengenalnya dengan nama lamutasa.

Manfaat daun beluntas

Manfaat daun beluntas sebagai obat herbal

Daun beluntas sendiri sejak dahulu sudah dikonsumsi sebagai sayuran oleh masyarakat. Daun ini ternyata memiliki beberapa manfaat dan khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan. Tak hanya itu. Seperti halnya daun kemangi, daun beluntas juga bisa digunakan sebagai penghilang bau badan. Untuk kandungannya, di dalam daun beluntas terdapat flavonoid, alkaloid, minyak atsiri, tanin, natrium, kalsium, magnesium dan sebagainya.

1. Untuk meredakan demam

Manfaat daun beluntas untuk mengatasi masalah kesehatan diantaranya adalah dapat mengatasi demam. Demam merupakan penyakit yang sering kali menyerang secara tiba-tiba terutama saat cuaca sedang tidak menentu. Cara penggunaannya adalah dengan menyeduh daun beluntas sebanyak 15 g. Biarkan selama 5 hingga 8 menit. Setelah itu saring dan minum airnya. Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti mengukusnya hingga matang lalu dimakan bersama nasi. Lakukan secara rutin pagi dan sore sampai demam benar-benar turun.

2. Manfaat daun beluntas untuk mengatasi rematik

Daun beluntas juga bisa mengatasi rematik. Rematik adalah gangguan tulang yang sering dialami orang tua. Namun jangan salah, rematik juga dapat menyerang remaja. Nah jika anda mengalaminya, lakukan cara berikut. Rebus akar beluntas yang telah bersih sebanyak 15 g dengan 3 gelas air hingga menjadi lunak. Makan akar tersebut selagi hangat. Lakukan secara rutin setiap hari dan anda akan merasakan manfaat daun beluntas.

3. Membantu menghilangkan bau badan

Selanjutnya, seperti yang sekilas telah dijelaskan di atas adalah khasiat daun beluntas untuk mengatasi masalah bau badan. Bau badan tentu sangat mengganggu. Bukan hanya diri sendiri karena malu tapi juga sangat mengganggu orang lain. Nah untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan daun yang satu ini. Cara penggunaannya adalah dengan merebus daun beluntas seperti biasa sebanyak 15 g dengan 3 gelas air dan ditambah dengan sedikit garam dapur dan buah pinang 5 g. Rebus sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan minum ketika dingin. Lakukan secara rutin 2 kali sehari. Baca juga manfaat daun kelor.

4. Manfaat daun beluntas untuk mengobati keputihan

Lalu manfaat daun beluntas juga bisa mengatasi masalah keputihan. Keputihan merupakan masalah pada daerah kewanitaan yang cukup sulit untuk diatasi. Anda bisa mencoba daun beluntas ini sebagai solusi keputihan tersebut. Caranya rebus daun beluntas sekitar 20 lembar dengan ditambah temulawak kering 4 potong, kunyit 4 ruas jari dan kencur 1 ruas jari dalam 2 gelas air. Rebus hingga hanya tersisa setengahnya saja. Setelah dingin, anda bisa menyaringnya lalu meminumnya. Minum secara rutin ½ gelas setiap pagi dan malam.

5. Mengobati masalah hipertensi

Selain itu, daun beluntas juga bisa digunakan untuk mengobati masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara merebusnya dengan air secukupnya. Rebus sampai mendidih dan minum sebanyak 1 gelas 3 kali sehari. Terakhir, daun beluntas juga bisa mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Caranya dengan merebus daun beluntas dalam 2 gelas air lalu tambahkan 1 sendok teh garam. Saring dan minum 3 kali sehari.

Nah itulah manfaat daun beluntas sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Semoga ulasan mengenai manfaat daun beluntas ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel manfaat seledri yang juga memiliki banyak khasiat.

Add Comment