Berbagai Khasiat dan Manfaat daun Gedi untuk Ibu Hamil

Daun gedi menjadi salah satu daun yang ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak terutama untuk kesehatan ibu hamil. Ketika sedang hamil, seorang ibu memang sangat rentan kesehatannya, untuk itu sangat penting untuk menjaga kesehatan. Daun gedi ini sangat baik dikonsumsi saat hamil karena sangat baik untuk ibu maupun janin yang dikandungnya. Manfaat daun gedi yang lainnya sebenarnya juga banyak sekali, namun untuk kali ini kami hanya akan membahas khasiat daun gedi untuk ibu hamil saja, untuk mengetahui informasi lebih lanjut, ikuti ulasan di bawah ini.

Berbagai manfaat daun gedi untuk ibu hamil

Manfaat daun gedi

Manfaat daun gedi yang sangat banyak tentunya tidak terlepas dari berbagai zat yang dikandungnya. Daun gedi yang memiliki nama latin abelmoschus manihot l ini mengandung vitamin c yang tinggi, protein, asam folat, vitamin a, ekstra etanol, dan masih banyak lagi. Baca juga manfaat asam folat.

1. Mengurasngi resiko keguguran

Daun gedi yang banyak sekali ditemukan di daerah indonesia bagian timur ini dipercaya mampu mengurangi resiko keguguran. Apalagi untuk anda yang baru mengandung pertama kali, pasti sangat rentan untuk keguguran. Khasiat daun gedi ini mampu memperkuat janin, dan juga menambah asupan nutrisi untuk si janin sehingga tidak mudah gugur.

2. Mengatasi sembelit

Ibu hamil seringkali mengalami masalah sembelit yang sangat menyiksa, untuk itu konsumsilah daun gedi agar system pencernaan dan usus anda bersih. Dengan demikian, proses buang air besar akan semakin lancar dan tidak menyebabkan sembelit.

3. Mencegah maag

Penyakit lain yang terkadang menyerang ibu hamil adalah penyakit maag. Hal ini dikarenakan sebagian wanita merasa tidak nafsu makan karena terus mual. Untuk itu sangat disarankan untuk mengonsumsi daun gedi agar dapat mengurangi nyeri karena maag. Manfaat daun gedi ini memang tidak bisa diragukan lagi.

4. Mengatasi masalah pernapasan, anemia dan susah tidur

Selain itu ibu hamil juga sering mengalami masalah dengan pernapasan, susah tidur, anemia, dan yang sering mengganggu adalah berubahnya mood yang tidak stabil. Berbagai masalah tersebut sangat mudah diselesaikan dengan rutin mengonsumsi daun gedi. Kegunaan daun gedi memang sangat ampuh menyembuhkan masalah-masalah yang sering diderita oleh ibu hamil.

5. Melancarkan buah air kecil

Selain itu ibu hamil yang mengalami gangguan kemih juga bagus untuk mengonsumsi daun gedi. Campurkan jus daun gedi dengan air kelapa secukupnya. Campuran kedua bahan ini akan menghasilkan zat yang ampuh menyembuhkan gangguan kemih.

6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium yang tinggi pada daun gedi juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang janin. Selain itu daun gedi juga memiliki kandungan zat yang mampu menjaga kesehatan gigi ibu agar tidak sampai menularkan penyakit pada si janin. Tambahkan wortel sebagai kombinasi pas untuk menjaga kesehatan gigi.

7. Memudahkan persalinan dan melancarkan ASI

Ibu hamil juga akan dimudahkan saat persalinan ketika sering mengonsumsi daun gedi ini. Sebab kandungan ekstrak etanol dalam daun gedi akan menghasilkan sifat antidepresan dan antikonvulsan yang merangsang proses persalinan menjadi lebih cepat. Daun gedi juga dipercaya mampu menambah jumlah asi yang dihasilkan ibu. Manfaat daun gedi yang satu ini hampir sama dengan manfaat daun katuk yang sangat baik untuk menambah produksi asi pada ibu.

Tanaman gedi ini dapat anda budidayakan sendiri di rumah. Cara menanamnya harus menggunakan metode stek. Anda dapat mengonsumsi daun gedi dengan berbagai macam cara, mulai dari merebusnya dengan air secukupnya, mengolahnya menjadi tumis daun gedi, hingga membuat jus dari daun gedi ini. Nah usai sudah pembahasan terkait manfaat daun gedi untuk ibu hamil ini, semoga bermanfaat.

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!