Mengenal Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji Lebih Dalam

Siapa yang tak kenal akan manfaat daun jambu biji yang sudah melegenda itu. Namun demikian kebanyakan orang hanya mengetahui khasiat daun jambu biji untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan pencernaan seperti maag atau diare. Padahal sejatinya banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun ini. Daun yang sudah dijadikan obat tradisional sejak lama ini dapat diolah dan dicampurkan dengan bahan lain untuk dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat daun jambu biji

Manfaat daun jambu biji sebagai obat tradisional

Manfaat daun jambu biji ini tidak terlepas dari beberapa macam zat yang terkandung di dalamnya. Anda akan menemukan berbagai macam zat seperti asam oleanolat, asam psidoklat, asam guajaverin, minyak astiri, lemak, vitamin, dan masih banyak lagi. Untuk anda yang tertarik dengan pembahasan tentang khasiat daun jambu biji ini silahkan perhatikan ulasan di bawah ini.

  • Obat masuk angin

Manfaat daun jambu biji yang pertama adalah dapat digunakan sebagai obat masuk angin. Penyakit yang satu ini sangat sering diderita oleh masyarakat, dan kebanyakan orang masih lari ke obat kimia untuk menyembuhkannya. Mulai sekarang cobalah mengurangi konsumsi obat kimia dan beralilhlah pada bahan-bahan alami untuk dijadikan obat tradisional, seperti daun jambu biji ini.

Cara menggunakan daun jambu biji ini untuk mengatasi masuk angin adalah dengan menyediakan daun jambu biji sekitar 11 lembar, usahakan pilih yang masih muda. Siapkan juga bahan lain seperti asam 3 buah, gula merah, garam dan air secukupnya, tambahkah pula manfaat cabe rawit merah 1 buah saja. Campurkan semua bahan kemudian rebus hingga mendidih, lalu gunakan air rebusan ini untuk obat.

  • Sebagai obat luka dan sariawan

Selain untuk obat masuk angin, daun jambu biji juga dapat digunakan untuk obat luka. Caranya mudah, tinggal tumbuk saja daun jambu biji kemudian tempelkan pada luka anda dan biarkan hingga beberapa saat. Untuk anda yang menderita ambeien juga dapat menggunakan daun jambu biji sebagai obat. Baca juga artikel mengenai manfaat daging sapi.

Siapkan 5 lembar daun jambu biji yang masih muda, dan juga pisang jenis batu 1 buah saja. Campurkan kedua bahan tersebut kemudian haluskan dan ambil air perasan dari bahan tersebut. Minumlah secara teratur hingga ambeien anda sembuh. Untuk anda yang menderita sariawan juga dapat diselesaikan dengan manfaat daun jambu biji ini, dengan menambahkan kulit pohon jambu kemudian direbus dan diminum secara teratur.

  • Mangatasi demam berdarah

Manfaat daun jambu biji juga dapat menyembuhkan demam berdarah. Penyakit yang tergolong mematikan ini dapat dengan mudah disembuhkan, caranya siapkan beberapa lembar daun jambu biji. Tambahkan pula air putih sekitar 2 gelas, kemudian rebus hingga mendidih. Lalu minumlah 3 kali sehari agar khasiatnya cepat terasa. Simak juga artikel manfaat daun dewa yang juga memiliki khasiat luar biasa.

  • Menurunkan kolesterol

Manfaat daun jambu biji ini juga dipercaya mampu membuat kadar kolesterol anda menurun. Siapkan 8 lembar daun jambu biji, daun sirih 11 lembar dan juga daun ceremai 3 genggam. Tambahkan air secukupnya kemudian rebuslah hingga mendidih hingga menyisakan 1 gelas air. Minumlah dua kali sehari secara rutin agar kadar kolesterol anda benar-benar turun. Anda yang menderita diabetes juga dapat disembuhkan dengan sering mengonsumsi air rebusan daun jambu biji ini.

Banyak sekali bukan khasiat dari daun jambu biji ini. Selain mampu mengatasi berbagai masalah di atas, daun jambu biji juga memang sangat popular sebagai obat diare, disentri, beser, dan juga kembung pada anak. Penggunaan daun jambu biji sebagai obat tradisional memang sangat pas, sebab manfaat daun jambu biji ini tidak menimbulkan efek samping untuk penggunanya.

Add Comment

Share This

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!

Bagikan ke teman kamu

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke teman kamu biar teman kamu yang lain juga tau!