Menguak Tabir Manfaat Daun Jati Yang Tersembunyi

Berbicara masalah manfaat daun jati pasti yang teringat pertama adalah batang pohonnya yang kokoh dan harga jualnya yang sangat mahal. Tanaman yang memiliki nama latin tectona grandis ini mampu mencapai tinggi 45 meter. Untuk itu tidak salah jika pohon ini dimanfaatkan untuk bahan bangunan seperti tiang dan dinding ataupun furniture lainnya. Namun terlepas dari harga batangnya yang mahal dan berbagai manfaat dari batang jati, ternyata daun jati juga memiliki berbagai macam manfaat yang terkadang belum diketahui banyak orang. Sebagian orang hanya mengetahui bahwa daun jati hanya digunakan sebagai pembungkus nasi, tempe atau lauk lainnya.

Manfaat daun jati

Manfaat daun jati untuk kesehatan

Namun jangan salah, berdasarkan penelitian mutakhir, ternyata daun jati sangat baik untuk kesehatan anda. Setelah diteliti, daun jati mengandung berbagai zat seperti quercetin, tannin katekat, saponin, kuinon, tannin galatin, flavonoid, dan steroid atau triterpenoid. Manfaat daun jati sangat melimpah dan untuk anda yang belum tahu, alangkah baiknya menyimak informasi yang akan kami bagikan di bawah ini.

Mengatasi darah tinggi

Manfaat daun jati yang pertama adalah mampu mengatasi penyakit darah tinggi yang anda derita. Beberapa zat yang terkandung dalam daun jati akan bereaksi dalam tubuh dan berusaha menurunkan tekanan darah anda. Selain itu, anda juga yang didiagnosa terkena penyakit gula atau diabetes kini tak perlu khawatir lagi. Kini daun jati dapat menjadi alternative obat herbal yang dapat anda pilih. Penderita anemia juga disarankan untuk mengonsumsi ekstrak daun jati karena dipercaya mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Baca juga manfaat buah timun.

Mengatasi kolesterol

Penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan daun jati ini adalah penyakit yang berkaitan dengan kolesterol. Jadi ketika anda memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi siap-siaplah untuk menjadikan daun jati sebagai obat penawarnya. Tumbukan dari daun jati yang masih muda juga dipercaya mampu menghilangkan rasa sakit akibat luka atau yang lainnya. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, anda dapat menambahkan asam jawa untuk ramuan ini.

Mengatasi kolera

Untuk anda yang menderita penyakit kolera juga disarankan untuk merebus beberapa lembar daun jati kemudian tambahkan serutan kayu jati. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin hingga kolera anda benar-benar sembuh. Ada juga manfaat daun jati cina yang dibuat sebagai teh. Teh yang terbuat dari seduhan daun jati ternyata juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan jantung. Luar biasa bukan manfaat daun jati untuk kesehatan?

Membantu diet

Selain untuk kesehatan, ternyata daun jati juga cocok untuk anda yang ingin menjaga penampilan rambut anda. Rambut akan semakin sehat dan semakin berkilau sehingga penampilan anda akan semakin menarik. Manfaat daun jati juga digunakan sebagai pewarna alami. Anda yang sedang dalam program diet juga disarankan untuk rutin mengonsumsi teh daun jati ini karena dipercaya mampu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh anda sehingga bab anda juga anda akan lancar. Selain itu kandungan zat dalam daun jati diyakini mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Cara menghasilkan pewarna alami ini sangat mudah sekali, cukup dengan merebus daun jati hingga warnanya berubah menjadi merah kecoklatan.

Demikian pembahasan terkait manfaat dan khasiat dari daun jati yang mungkin belum anda ketahui. Setelah mengetahui informasi di atas, anda diharapkan mampu memanfaatkan daun jati dengan semaksimal mungkin, bukan hanya sebagai pembungkus tempe, tetapi juga untuk menjaga kesehatan ataupun menyembuhkan penyakit yang sudah anda derita. Selamat mencoba manfaat daun jati yang kami bagikan ini, baca juga manfaat daun jambu biji, semoga bermanfaat.

Add Comment