Manfaat Daun Pepaya sebagai Obat Berbagai Penyakit

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan – Daun pepaya yang selama ini kita kenal dijadikan sebagai makanan seperti gudeg daun pepaya, pecel dan sebagainya walaupun rasanya pahit namun ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk Kesehatan kita yaitu sebagai obat tradisional.

Image: Online24 jam.com

Ternyata buah pepaya ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan kita. Mulai dari buah sampai daunnya memiliki khasiat masing-masing. Untuk mengetahui manfaat buah Pepaya Anda bisa membacanya di Artikel saya yang berjudul Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan. Dan di bawah ini adalah beberapa Manfaat Daun Pepaya.

1. Obat Penambah Nafsu Makan

Daun pepaya yang selama ini Anda anggap hanya untuk dikonsumsi sebagai makanan dalam sayuran ternyata memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan. Jadi Anda tidak perlu repot untuk mencari obat penambah nafsu makan di apotek, karena disini anda telah menemukan obat penambah nafsu makan yang alami.

Untuk meramu obat penambah nafsu makan dari daun pepaya Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti garam, air hangat, dan daun pepaya yang masih segar. Kemudian campurlah semua bahan tersebut dan ambil daun pepaya yang telah dicampur lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu saring air dari tumbukan daun pepaya tersebut kemudian diminum.

2. Obat Nyeri Datang Bulan

Untuk para wanita yang dalam masa menstruasi dan mengalami nyeri pada saat itu bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat pereda nyeri datang bulan yang bisa diracik secara tradisional dengan cara yang mudah.

Disini Anda hanya perlu menyiapkan asam jawa, garam, dan satu lembar daun pepaya mentah dan kemudian dicampur dengan 3 gelas air. Rebus ketiga bahan tersebut dalam panci yang berisi 3 gelas air tersebut sampai tersisa setengahnya. Kemudian Anda dapat meminum ramuan tersebut setelah disaring dan lakukan selama masa datang bulan.

3. Obat Pelancar Pencernaan

Manfaat Daun Pepaya selanjutnya adalah sebagai pelancar pencernaan. Walaupun selama ini kita kenal daun jambu sebagai obat untuk melancarkan pencernaan yang alami tetapi pada daun pepaya juga terdapat khasiat tersebut. Jika Anda saat ini mengalami gangguan pencernaan, maka Anda dapat menggunakan daun pepaya sebagai obat tradisional pelancar pencernaan.

Caranya sangat mudah yaitu Anda tinggal merebus daun pepaya tersebut lalu mengkonsumsinya. Namun jika Anda tidak terlalu suka dengan cara langsung mengkonsumsinya, maka anda dapat mencampurnya dalam adonan makanan, dibuat tumis, atau pecel.

4. Obat Penghilang Jerawat

Manfaat daun pepaya untuk jerawat. Jika Anda ingin mencoba menghilangkan masalah jerawat pada pada wajah Anda cobalah mengikuti langkahnya berikut ini.

Pertama, siapkan dau pepaya yang sudah tua sebanyak 2 lembar kemudian jemur selama beberapa jam dibawah sinar matahari. Setelah itu tumbuklah daun tersebut dan campurkan sedikit air hangat supaya daun tersebut mudah hancur. Selanjutnya oleskan hasil tumbukan daun pepaya tersebut pada bagian wajah Anda yang berjerawat. Langkah terakhir adalah membiarkan olesan tersebut pada wajah Anda selama 30 menit lalu cuci wajah Anda sampai bersih. Apabila Anda melakukan langkah tersebut secara berkala, maka sedikit demi sedikit jerawat pada wajah Anda akan menghilang.

5. Obat Kanker

Manfaat daun pepaya yang terakhir adalah sebagai obat Kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit dan sulit disembuhkan dan tentunya pengobatannya juga tidak murah. Namun dengan khasiat daun pepaya yang sudah dimasak ternyata bisa menjadi pelawan penyakit kanker yang terbuat dari bahan alami dan tradisional. Zat anti kanker yang terdapat pada getah putih yang dimiliki daun pepaya sangat efektif untuk melawan kanker. Jika Anda rutin mengkonsumsi daun pepaya, maka kemungkinan Anda tidak akan terkena penyakit kanker dan tentunya anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan penyakit kanker.

Mungkin masih banyak sekali manfaat yang belum saya bahas di sini, dan mungkin akan Cari-Manfaat bahas pada artikel berikutnya.