7 Khasiat dan Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh Anda

Apa yang terlintas di pikiran anda saat melihat buah wortel? Berkeinginan memakannya, atau malahan ada yang tak menyukai wortel? Nah buat yang tak menyukai wortel, cobalah untuk mulai menyukainya, hehe. Sebab khasiat wortel sangat banyak sekali bagi tubuh kita. Wujudnya memang unik, tapi di balik wujudnya yang unik itu, Wortel mempunya sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Buat kalian yang belum tahu manfaatnya. Anda dapat membaca sebagian manfaat wortel di bawah ini yang Cari-Manfaat tuliskan untuk anda.

Gambar: Alodokter.com

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat wortel yang paling banyak di kenal oleh beberapa orang ialah berkaitan dengan kesehatan mata. Sebab sumber beta-karoten dalam wortel akan diubah oleh hati menjadi sumber vitamin A. Karenanya tidak heran, kalau seseorang rutin mengonsumsi wortel dalam menu makanan sehari-hari, kesehatan organ matanya malah akan terjaga.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Wortel mengandung serat yang tinggi, sehingga bagus untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan tubuh. Serat wortel juga sangat bagus dikonsumsi bagi orang yang sedang dalam program diet, karena dengan wortel, tubuh akan terasa kenyang lebih lama. Dengan kandungan serat yang tinggi, sebagian orang di indonesia juga memakainya sebagai obat gangguan pencernaan.

3. Manfaat wortel bagi kecantikan

Kandungan vitamin A di dalam wortel di percaya bisa menjaga dan memelihara kesehatan kulit, serta mencegah kerusakan sel dan bermanfaat dalam regenerasi sel-sel baru. Selain itu, vitamin A juga mampu melindungi kulit dari paparan cahaya ultraviolet, mencegah penuaan dini, dan menghilangkan noda pada kulit akibat pigmentasi. Bukan cuma itu saja, vitamin A buah ini juga bisa mencegah timbulnya jerawat.

4. Mencegah timbulnya kanker

Tingginya kandungan antioksidan yang ditemukan dalam wortel bisa mengurangi resiko kanker. Wortel adalah sumber falcarinol, falcarinol adalah senyawa yang diyakini bisa mencegah dan melawan kanker. Antioksidan juga akan menjaga tubuh dari serangan zat membahayakan, baik itu zat dari polusi udara maupun dari sumber lainnya.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat Wortel berikutnya ialah untuk menjaga kesehatan jantung. Isi beta-karoten, alfa-karoten dan lutein membuat Wortel benar-benar dibutuhkan oleh organ jantung. Hal ini karena bermacam-macam ragam zat yang ada di dalam Wortel akan mencegah Anda dan terhindar dari bermacam-macam gangguan atau serangan jantung.

6. Mengatur kolesterol

Bagi anda yang mempunyai Kolesterol tinggi, mengonsumsi wortel adalah salah satu cara yang bagus untuk menurunkan kolesterol anda. Sebab serat yang terkandung di dalam wortel bisa mengurangi tingkat kolesterol tubuh. Magnesium yang terkandung di dalam wortel juga benar-benar menolong untuk memegang kolesterol di dalam tubuh.

7. Lebih awet muda

Manfaat wortel untuk membantu anda agar lebih awet muda. Buat anda yang berkeinginan terlihat awet mudah, silahkan konsumsi wortel dalam kehidupan sehari-hari. Sebab kandungan Betakaroten yang benar-benar tinggi dalam wortel bisa memperlambat penuaan sel. Sehingga orang orang yang mengkonsumsinya dengan rutin menjadi lebih awet muda.

Nah, itu tadi manfaat buah wortel yang mungkin belum anda kenal. Sesudah mengenal manfaatnya, ada pantasnya anda mengkonsumsinya dalam kehidupan sehari hari. Sebab Wortel ini mempunyai banyak manfaat, dan Cari-Manfaat tak dapat menceritakan segala manfaatnya disini, sebab terlalu panjang. Mungkin cuma itu saja yang bisa Cari-Manfaat share kali ini. Terimakasih