Penyakit Lupus Apakah Menular?



Penyakit Lupus Apakah Menular

Penyakit Lupus Apakah Menular? – Saat ini memang ada banyak pertanyaan yang muncul seputar penyakit lupus yang menyerang antibodi ini. Pertanyaan yang juga muncul yaitu “Apakah penyakit lupus menular?”

Penyakit Lupus Apakah Menular?

Ya, memang tanda – tanda penyakit lupus ini mengerikan. Ada penyakit lupus yang menyerang kulit dan tandanya kulit penderita merah – merah mengelupas seperti kulit ikan yang telah direbus dan ada juga yang kemudian kulitnya bersisik dan berwarna merah. Akan tetapi walau Anda mendapati kondisi tersebut pada penderita penyakit lupus, Anda harus tenang dan jangan menghindar karena penyakit lupus sebenarnya tidak menular. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan sistem imun yang dimiliki oleh penderita lupus akan berbeda dengan sistem imun yang dimiliki oleh orang lain sehingga walaupun keduanya berdekatan, dan bersentuhan sekalipun tidak akan menular. Penyakit ini berhubungan dengan imun bukan bagian luar tubuh yang bisa ditularkan.

Agar semakin meyakinkan, disini kami akan berikan beberapa cara antibodi masuk ke dalam jaringan dan akhirnya merusak jaringan. Check informasinya!

Cara Penyakit Lupus Merusak Jaringan

Kalau sudah mengantongi informasi ini kemungkinan besar Anda akan yakin bahwa penyakit lupus ini bukan merupakan sebuah penyakit yang menular. Ya, tidak menular. Ada beberapa tahap bagaimana antibodi kemudian merusak jaringan. Cara pertama yaitu…

Ketika sel tubuh didalam jaringan tubuh nantinya diserang oleh antibodi yang berlebihan misalnya pada area sel darah merah sehingga sel darah merah bisa hancur dan menyebabkan penderita jadi terserang anemia atau bahkan penderita bisa mengalami masalah kurang sel darah merah dalam jumlah yang tinggi. Kemudian cara kedua yang dilakukan oleh lupus ini yaitu….

Adanya penggabungan antibodi berlebih dengan anti gen. Anti gen sendiri sebenarnya merupakan suatu zat yang berfungsi sebagai perangsang pembentukan antibodi sehingga nantinya akan membentuk sebuah ikatan yang juga disebut sebagai kompleks imun. Kemudian gabungan dari kedua zat ini nantinya akan mengalir dengan darah menuju bagian – bagian tubuh yang lain serta tersangkut pada pembuluh kapiler sehingga radang akan terjadi.

Baca juga : Manfaat Biji Alpukat Sebagai Obat



Jika dalam kondisi normal pada kompleks imun dibatasi dengan fagosit (sel – sel radang) akan tetapi dalam kondisi yang tidak normal kompleks imun ini tidak dapat dibatasi dengan baik dan malah nantinya yang terjadi adalah sel – sel radang tersebut menjadi bertambah banyak dan dapat mengeluarkan enzim yang dapat merusak area sekitar kompleks dengan peradangan.

Kalau ini terjadi dalam waktu yang panjang peradangan nantinya akan merusak organ yang ada didalam tubuh sehingga fungsi organ nantinya akan jadi terganggu. Dan hal ini juga turut akan menjadi kelihatan sebagai gejala dari adanya penyakit sehingga jika proses ini terus menerus berkelanjutan dari waktu ke waktu tentunya fungsi dari organ tubuh akan jadi terganggu dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai penyakit lupus apakah menular dan Cara Penyakit Lupus Merusak Jaringan bermanfaat.




Add Comment

Share This