Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

Kenikir merupakan salah satu sayuran yang sangat bermasyarakat dan menjadi sayuran untuk hidangan sehari-hari. Kenikir akan lebih mudah tumbuh subur ketika musim penghujan dan menjadi sayuran yang segar. Sayuran ini mungkin dianggap sebagai sayuran biasa dan sederhana, tapi taukah bahwa kenikir memiliki manfaat yang ajaib dapat mengatasi penyakit ringan hingga penyakit yang mematikan seperti kanker dan gangguan kesehatan lainnya.

Kenikir memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah kesehatan seperti polifenol, koniferil alkohol, kalsium, tokofenol, flavonoid, kuersetin, mineral, magnesium, saponin, hidroksieugenol, serta terpenoid. Nah, dengan kandungan zat tersebut maka tak heran jika kenikir mempunyai manfaat yang baik dalam membantu mengatasi gangguan kesehatan paa tubuh manusia. Seperti apa manfaatnya bisa diikuti ulasannya hanya di cari-manfaat.com

Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

Obat lemah jantung

Kenikir mempunyai kandungan flavonoid dan antioksidan yang dapat berguna memperbaiki sel tubuh yang rusak. Di daerah organ jantung senyawa flavonoid dapat berperan memperlancar aliran darah caranya yakni dengan memperkuat otot pembuluh darah dan otot jantung untuk mengalirkan darah. Untuk mengatasi lemah jantung dengan daun kenikir bisa dilakukan dengan merebus daun kenikir dan minum air rebusannya setiap 2x setiap satu hari dengan teratur.

Obat kanker

Kanker penyakit yang menakutkan ini juga dapat diatasi dengan bantuan mengkonsumsi sayuran kenikir. Kandungan senyawa flavonoid, saponin, antioksidan, serta terpenoid dalam kenikir dapat melawan penyakit kanker dalam tubuh seperti kanker lambung serta kanker hati. Konsumsilah air rebusan daun kenikir dengan teratur dan jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi air putih dengan baik karena air putih dapat melarutkan zat sehingga akan mudah dibawa darah.

Obat cuci darah

Kandungan vitamin E, falvonoid, serta antioksidan dalam kenikir mampu membantu menetralkan racun yang dibawa oleh darah. mengkonsumsi kenikir dengan teratur dapat membantu membersihkan racun yang masuk ke dalam darah. 

Mengatasi bau mulut

Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh selanjutnya yakni untuk mengatasi bau mulut, dimana bau mulut dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri bahkan mereka melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Untuk itu salah satu cara alami untuk mengatasi bau mulut bisa dengan menggunakan daun kenikir karena di dalamnya terdapat kandungan koniferil alkohol. 

Senyawa tersebut dapat berperan membunuh kuman dan bakteri yang terbawa oleh makanan dan dapat memberihkan air ludah serta area lidah dari bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Nah, untuk memaksimalkan dalam mengatasi bau mulut bisa mengkonsumsi daun kenikir mentah dikunyah sekitar 30 detik atau bisa mengkonsumsi daun kenikir yang telah direbus dengan campuran garam dalm 2 x setiap harinya.

Menguatkan tulang

Kenikir memiliki kandungan kalsium, mineral dan magnesium yang bisa membantu menguatkan tulang dan pertumbuhan tulang pada tubuh. Mengkonsumsi daun kenikir untuk menguatkan tulang bisa dikonsumsi langsung sebagai sayuran yang dimasak, lalapan, atau bisa dengan meminum air rebusannya yang dicampur madu.

Obat lemah lambung serta obat maag

Kandungan polifenol, tokofenol, serta hidroksieugenol dalam kenikir dapat berguna untuk menetralkan asam lambung. Selain itu juga dapat membantu membuat otot sphinter lambung menjadi lebih kuat, dimana otot tersebut berperan sebagai penerima untuk beragam asupan makanan yang masuk dan tidak membahayakan lambung. Untuk mengatasi maag dan lambung lemah bisa dikonsumsi dengan merebus kenikir yang dicampur sedikit garam dan dikonsumsi sebagai lalapan.

Obat gondongan

Menderita gondongan bisa diatasi dengan memanfaatkan ramuan tradisional yang terbuat dari daun kenikir. Kandungan senyawa tokofenol dan polifenol pada kenikir juga dapat berguna menyembuhkan peradangan yang diakibatkan oleh gondongan. Caranya daun kenikir ditumbuk sampai halus, campurkan cuka dan oleskan pada bagian yang sakit. Bisa digunakan 3 kali untuk setiap harinya dan membuat ramuannya dengan perbandingan 1:1.

Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin E, dan A dapat berfungsi memperbaiki sistem imun dan juga senyawa proteinnya dapat membantu membentuk fagosit untuk sistem imun. Selain itu vitamin C dalam kenikir juga dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. Nah, anda bisa mengkonsumsinya sebagai sayuran atau lalapan untuk setiap hari.

Menambah nafsu makan

Kandungan senyawa kuersetin dalam kenikir bisa menjadi obat alami untuk menambah nafsu makan terutama pada anak-anak dan juga bisa dijadikan obat untuk mengembalikan energi tubuh. Cara mengkonsumsinya bisa dimakan sebagai lalapan yang segar.

Nah itulah tadi beberapa Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh yang mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Nah, jadi selain lezat kenikir juga sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan pada tubuh. Untuk mendapatkan artikel terbaru jangan lupa berlangganan kami di facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *