8 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat

Munculnya jerawat bisa dikarenakan oleh makanan sehari-hari yang kita makan, tetapi kebanyakan orang bahkan tidak mengetahuinya. Jerawat bisa terjadi pada siapa saja dari remaja sampai orang dewasa. Walaupun bisa dikatakan jerawat bukan masalah kesehatan yang serius, tapi jerawat akan mempengaruhi kecantikan pada wanita, serhingga membuat wanita jadi kurang percaya diri.

Salah satu penyebab mengapa Anda bisa terkena jerawat adalah dari makanan yang setiap hari Anda makan. Jadi makanan apa saja yang tidak boleh dimakan jika tidak ingin jerawat muncul pada wajah Anda? Mari kita cari tahu informasi lengkapnya berikut ini.

Penyebab jerawat

Seperti yang kita semua tahu: Jerawat adalah manifestasi kulit karena kelenjar sebasea tersumbat sehingga bakteri akan berkembang dan menghasilkan jerawat, pembengkakan dan rasa sakit. Selain penyebab utama tersebut, ternyata jerawat juga bisa disebabkan karena beberapa factor berikut ini.

Faktor-faktor yang menyebabkan jerawat lebih parah seperti :

  • Faktor neurologis: stres, insomnia
  • Perubahan hormonal: Umum saat pubertas, menstruasi.
  • Gangguan gastrointestinal: sembelit, makanan pedas, konsumsi alkohol berlebihan.
  • Perawatan kulit yang tidak tepat

Menurut ahli perawatan kecantikan, jerawat juga bisa disebabkan oleh akumulasi panas yang disebabkan oleh makan pedas, makanan manis dan makanan berlemak. Karena itu, jika Anda tidak ingin kulit berjerawat, Anda harus mengontrol makanan yang Anda makan. Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari jika tidak ingin kulit berjerawat.

8 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Munculnya Jerawat

1. Makanan Pedas

Pola makan yang tidak sehat seperti makan makanan pedas bukan penyebab utama, tetapi makanan ini bisa membuat jerawat lebih parah dan bertambah banyak.

Penyebabnya adalah kareana makanan ini mengurangi jumlah panas yang dilepaskan dalam tubuh, mempengaruhi keseimbangan fisiologi kulit, sehingga menyebabkan jerawat.

Tidak hanya itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas akan menyebabkan kulit untuk meningkatkan sekresi lendir tidak hanya untuk muncul lebih banyak jerawat tetapi juga untuk membuat perawatan jerawat lebih lama, dan jerawat mudah muncul kembali.

2. Makanan yang digoreng

Ketika minyak dipanaskan beberapa kali, komposisi kimia akan berubah: vitamin A, E dan beberapa nutrisi dalam minyak dihancurkan dan akan muncul beberapa racun seperti aldehida, asam lemak oksida.

Zat-zat ini, ketika memasuki tubuh, akan menghancurkan enzim pencernaan yang menyebabkan gangguan pencernaan, sakit kepala, pusing, sakit perut, diare, tekanan darah tinggi. Ketika tubuh terakumulasi beracun tetapi tidak dibersihkan, maka jerawat akan muncul di permukaan kulit.

3. Permen

Permen adalah makanan yang mengandung banyak gula dan merupakan penyebab munculnya jerawat, kerutan dan melemahkan kulit. Konsumsi gula berlebihan dapat menghancurkan serat kolagen dan elastin (protein yang membuat kulit elastis). Ini juga bisa menyebabkan kulit kering sehingga menghasilkan kulit keriput dan kendur.

4. Makanan kaleng

Produk-produk ini diisi dengan aditif, rasa, dan bahan kimia lain yang menyebabkan reaksi alergi. Makanan kaleng mengandung kadar gula yang tinggi, lemak dapat menyebabkan diabetes, kelebihan lemak perut, dan terlebih lagi, itu juga dapat menyebabkan jerawat di kulit Anda.

5. Minuman bersoda

Minuman berkarbonasi mengandung banyak aspartame, zat yang menyebabkan jerawat, dan mengurangi tingkat pH kulit.

6. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula tercantum dalam daftar makanan yang menyebabkan jerawat. Gula dalam segala bentuk dapat menyebabkan jerawat hormonal. Untuk mendapatkan kulit bebas jerawat, Anda harus meminimalkan jumlah makanan bergula tinggi.

7. Kafein

Kafein menstimulasi kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon stres yang dapat meningkatkan tingkat stres. Terlalu banyak stres akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan kulit Anda, mengakibatkan jerawat.

Kafein juga dapat mengganggu tidur Anda, sehingga mustahil bagi Anda untuk tidur tepat waktu. Sehingga stimulant ini dapat memperburuk kondisi jerawat pada kulit Anda.

8. Garam

Garam dapat menyebabkan pembengkakan di jaringan yang membuat wajah Anda bengkak. Periksa kandungan natrium dari makanan yang dikemas sebelum digunakan. Anda juga harus mencuci daging, sayuran kaleng, dan kacang untuk mengurangi sodium yang terkandung di dalam makanan tersebut.

Bagi orang-orang dengan jerawat parah, makanan ini benar-benar harus dihindari. Anda harus makan makanan sehat dan minum banyak air, agar dapat menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat dan mudah. Pada saat yang sama Anda harus memiliki perawatan kulit yang tepat untuk mengobati jerawat.

Itulah tadi penyebab jerawat dari makanan yang sehari-hari kita makan. Karena itu, Anda harus mengurangi porsi makanan tersebut dan jangan terlalu sering memakannya, jika ingin kulit terbebas dari jerawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *