Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Dengan Mudah

Kumpulan tips untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak dengan sangat mudah dan juga menggunakan tips atau cara yang alami sehingga aman untuk kesehatan kulit wajah.

Kulit wajah berminyak

jelas menganggu penampilan Anda, biasanya ketika orang beranjak dewasa akan rentan mengalami wajah berminyak. Hal tersebut dapat membuat wajah terlihat kusam, sehingga wajah sangat terlihat dipenuhi oleh kotoran dan juga debu. Selain itu wajah cenderung lebih mudah memunculkan komedo dan juga jerawat sehingga hal ini wajib membuat Anda untuk merawat kesehatan kulit wajah Anda.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi wajah berminyak secara mudah dan juga aman untuk dilakukan. Sebelum itu Anda juga harus mengetahui apa saja penyebab wajah menjadi berminyak, hal ini dimaksudkan agar Anda dapat mengetahui apa saja penyebabnya sehingga dapat Anda hindari jika sudah mengetahuinya.

Apa Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak ?

1. Faktor Genetika

Faktor genetika (keturunan) sangatlah mempengaruhi fisik dan sifat anaknya, jadi jika salah satu orang tua Anda memiliki masalah wajah berminyak berarti Anda juga cenderung mengalami masalah tersebut.

2. Hormon

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dapat membuat atau menyebabkan wajah menjadi berminyak. Hal ini biasanya terjadi saat masa pubertas ataupun dalam masa kehamilan.

3. Pola Hidup

Pola hidup yang tidak sehat tentu akan berefek langsung pada kesehatan fisik Anda, salah satunya adalah membuat wajah menjadi kusam dan juga berminyak. Jadi Anda harus menghindari pola hidup yang tidak sehat agar wajah Anda menjadi mulus dan sehat.

4. Pola Makan

Wajah berminyak juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi ataupun sangat bersantan sehingga dapat meningkatkan kadar minyak didalam tubuh Anda.

5. Pemakaian Kosmetik

Jika Anda adalah orang yang sangat memperhatikan style atau penampilan pasti Anda tidak jarang menggunakan kosmetik, perlu Anda ketahui bahwa kosmetik sebenarnya dapat membuat kondisi kulit wajah Anda akan rusak jika salah dalam pemilihannya, selain itu juga didalam kosmetik mengandung bahan atau zat kimia yang berbahaya.

Bagaimana Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami ?

1. Menggunakan Timun Untuk Bahan Alami Mengatasi Wajah Berminyak

  • Ambil 1 buah timun, kemudian belah menjadi 4 bagian dengan bentuk memanjang.
  • Bagian dalam yang berbiji dibersihkan terlebih dahulu, setelah itu gosok kebagian wajah Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  • Diamkan sekitar 10 – 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat lalu lap atau usap menggunakan handuk bersih.
  • Beri pelembab agar terasa efeknya.

2. Menggunakan Seledri Untuk Mengatasi Wajah Berminyak

  • Ambil daun seledri, potong kecil-kecil.
  • Masukkan potongan tersebut kedalam wadah kecil yang sudah diisi dengan air mendidih.
  • Diamkan terendam sampai 15 – 20 menit, lalu ambil daun seledrinya dan biarkan dingin.
  • Oleksan air seledri yang sudah dingin pada wajah Anda, biarkan sampai seledri meresap sampai mengering.
  • Terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih, lakukan perawatan ini dengan rutin agar wajah Anda terbebas dari minyak.

3. Sering-sering Mencuci Muka Agar Wajah Tak Mudah Berminyak

Biasakan untuk mencuci wajah disela-sela aktifitas Anda atau waktu istirahat Anda. Gunakan sabun khusus untuk mencuci wajah berminyak, karena biasanya banyak debu yang menempel walaupun Anda bekerja didalam ruangan ber-AC.

4. Krim Malam

Cara yang semi alami dalam perawatan wajah berminyak adalah dengan penggunaan krim malam sebelum tidur, hal ini juga harus dilakukan karena pada malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

5. Menggunakan Masker Stroberi Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Didalam stroberi banyak mengandung vitamin C yang dapat memberikan kesegaran pada wajah. Cara membuat masker stroberi adalah seperti berikut ini.

  • Hancurkan sekitar 8-9 buah stroberi segar menggunakan garpu (jangan pakai blender).
  • Campurkan dengan 3 sendok makan madu.
  • Saring cairan yang dihasilkan oleh campuran stroberi dan madu.
  • Oleskan cairan tersebut ke seluruh wajah, diamkan sekitar 10 menit.
  • Terakhir bilas menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Lakukan secara rutin seminggu 2 kali agar hasilnya maksimal.

Demikian beberapa cara alami untuk mengatasi wajah berminyak yang dapat Anda lakukan dengan mudah dirumah tanpa harus pergi ke salon kecantikan dan mengeluarkan banyak budget. Jika ada yang mudah dan murah kenapa harus ambil jalan yang sulit bukan?, selain itu dengan menggunakan cara alami sudah pasti aman untuk kesehatan kulit wajah Anda.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *