Ingat, Sebelum Mencari Cara Hilangkan Jerawat dan Bekasnya Baca Ini Dulu Ya!

Cara untuk menghilangkan jerawat dan noda hitam bekas radangnya saat ini memang ada banyak sekali, mulai dari yang murah dengan menggunakan cara-cara alami hingga dengan yang berbiaya tinggi. Nah, sebelum Anda melakukan pencarian lagi mengenai cara-cara tersebut sebaiknya luangkan waktu sejenak saja untuk membaca kembali artikel ini, supaya Anda lebih paham mengenai masalah jerawat dan bekasnya serta mencari solusi terbaik untuk mengatasi persolan Anda semuanya.

Jerawat merupakan masalah di kulit wajah yakni suatu kondisi yang mana pori-pori di bagian kulit wajah Anda tersumbat dan dalam kurun waktu tertentu akan berakibat timbulnya kantung nanah hingga terjadnya peradangan. Jerawat termasuk ke dalam kategori penyakit kulit yang banyak sekali orang mengalaminya. Jumlah penderitanya juga cukup besar, khususnya pada rentang usia sekitar 15 tahun hingga 45 tahun. Bahkan seorang peneliti masalah gangguan kulit atau sejenis jerawat yang sangat terkenal, yakni Kligmann, pernah menyampaikan bahwasannya “Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang bisa melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”.

Perlu Anda ketahui bahwasannya ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat di wajah, yakni adanya perubahan hormonal, yang mana kondsi ini kemudian akan merangsang kelenjar minyak yang ada di kulit. Selain itu, stress yang berkepanjangan, haid, konsumsi pil KB, dan masih ada banyak lagi yang lainnya, juga menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah.

Jeni-jenis jerawat dan cara menghilangkannya

Komedo

Di sini memang masih ada banyak perdebatan, sebab dalam beberapa artikel lain mengatakan bahwasannya komedo berbeda dengan jerawat. Yang mana komedo ini sebenarnya adalah suatu kondisi yang mana pori-pori kulit wajah mengalami menyumbatan. Ada yang kondisinya terbuka, ada pula yang tertutup. Untuk kondisi terbuka yang mana pori-pori Anda kemudian membesar dan tampak menghitam, ini umumnya disebut blackhead. Sedangkan untuk kondisi tertutup yang mana ada bagian menonjol berwarna putih pada pori-pori kulit yang tersumbat, dan ini biasanya dkenal dengan whitehead.

Jerawat biasa

Ini merupakan jenis jerawat yang paling banyak ditemukan, dari tanda-tandanya memang sangat mudah untuk dikenali. Umumnya jerawat ini masuk dalam kategori biasa ini akan terlihat muncul benjolan kecil berwarna kemerahan atau pink. Jerawat jenis ini biasanya terjadi karena kondisi pori-pori kulit yang tersumbat lalu terinfeksi oleh bakteri. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwasanya bakteri ini hidup disaluran kelenjar sebaceous yang telah tersumbat, lebih tepatnya lagi di daerah tempat di mana ada kumpulan asam lemak di kantung kelenjar sebaceous yang posisinya tersembunyi pada bagian  dalam pori kulit wajah Anda.

Jerawat batu

Cystic acne atau jerawat yang memiliki ukuran relatif besar dan diikuti oleh peradangan yang hebat ini terkesan membuat kelompok-kelompok dan berkumpul pada beberapa bagian di wajah Anda. Penderita cystc acne ini menurut beberapa penelitian umumnya memiliki anggota keluarga dekat dengan masalah yang sama, yakni menderita gangguan jerawat dengan jenis ini. Jika dilihat secara genetik, seseorang yang menderita gangguan jerawat jenis ini yang paling menyebalkan yakni memiliki kelenjar minyak di kulit yang sangat aktif, lalu akan membanjiri poripori kulitnya dengan banyaknya kelenjar minyak, sehingga terjadinya pertumbuhan sel-sel dari kulit yang tidak biasa.

Ini beberapa cara menghilangkan jerawat

Nah, setelah Anda mengetahui jenis-jenis jerawat, sekarang saatnya Anda melihat mengenai bagaimana cara menghilangkan jerawat tersebut. Di dalam hal menangani jerawat ini memang tidak boleh asal-asalan dan juga sembarangan. Perlu kiranya Anda memahami dengan benar cara perawatan kulit wajah yang umum disarankan untuk membantu dalam menghilangkan jerawat.

Baca Juga:

Argh, Jerawat Ada Dimana-mana? Lakukan Perawatan Wajah Ini Dulu Yuk!

10 perawatan jerawat tercepat di rumah

Silakan Anda jaga selalu kulit wajah Anda agar selalu bersih sesaat setelah melakukan aktifitas seharian, yakni saat Anda sudah sampai di rumah dan beristirahat. Ingat, Anda jangan pernah mencoba untuk memecahkan jerawat ini dengan cara dipencet, bahkan sebiasa mungkin hindari untuk menyentuhnya. Khusus untuk bahan pembersih wajahnya serta waktu membersihkan wajah juga harus disesuaikan. Pembersih wajah untuk kulit kering, berminyak dan normal itu berbeda, janganasa pakai saja, sesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Nah, itulah tadi jenis-jenis jerawat dan cara menghilangkannya yang bisa kami infokan, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *