Keunikan Manfaat Air Garam yang Harus Anda Ketahui

air garam – tentu kata yang tidak asing lagi. Tapi taukah anda apa manfaat air garam? Air garam ialah air putih yang dicampur dengan larutan garam jenuh dengan takaran yang pass. Air garam sudah banyak populer di kalangan masyarakat Indonesia dan di Inggris yang umum disebut brine. Lazimnya brine diaplikasikan dalam bidang transportasi seperti untuk penghantar panas. Hal ini disebabkan karena larutan garam dalam air mempunyai sifat untuk meminimalisir spot beku dan bisa meningkatkan daya guna dengan harga yang relatif murah.

Image: Tribunnews.com

Khasiat air garam untuk kesehatan

Pada zaman dahulu, nenek moyang kita sering memakai larutan air garam sebagai obat seperti rasa mual ketika hamil ataupun untuk membantu mengobati masuk angin. Saat seseorang masuk angin dan merasa mual-mual, banyak orang yang memecahkannya dengan larutan air garam dengan meminumnya. Larutan ini dibuat dengan metode menuangkan setengah sendok teh garam kemudian mencampurnya dengan sedikitnya satu gelas air hangat dan diaduk sampai rata. Itulah salah satu manfaat air garam bagi manusia pada zaman dahulu.

Manfaat air garam untuk kecantikan

Manfaat air garam tidak cuma sebagai obat saja, melainkan juga dalam hal kecantikan. Banyak wanita-wanita yang memakai produk kecantikan berbahan kimia untuk memperindah wajahnya, malah tidak jarang pula banyak yang mengganti merk kosmetika sebab elemen ketidak cocokan dengan sifat kulit yang dimilikinya. Dengan seringnya ganti merk kosmetika menyebabkan kulit menjadi iritasi dan tak sehat.

Cantik dan menawan tidak melulu dengan kosmetika berbahan kimia yang biasanya bermerk dan mahal. Cantik juga dapat diperoleh secara natural dan tak mengandung bahan kimia yang tak sesuai untuk dipakai. Dengan memanfaatkan larutan air garam bisa mewujudkan keinginan anda untuk memiliki kulit wajah yang indah dan sehat. Dalam tulisan ini akan diterangkan metode pemakaian dan manfaat air garam untuk kecantikan.

1. Sebagai toner natural

Air garam dapat diterapkan sebagai toner natural. Air garam diterapkan sebagai toner dan bisa meminimalisir kandungan minyak di wajah. Dengan banyaknya kandungan minyak yang keluar akan menyebabkan munculnya komedo dan jerawat yang mengganggu wajah.

2. Menghilangkan bintik jerawat

Bisa mencegah dan menghilangkan bintik jerawat di wajah. Sebab garam mengandung potasium dan sulfur yang berkhasiat menyamakan antara air dengan kulit.

3. Mengatasi kulit kering

Manfaat air garam untuk mengatasi kulit wajah yang kering, dengan metode mencampur satu sendok teh garam ke dalam gelas bersama air hangat sebanyak 400 ml. Tetapi metode pemakaian tak diminum seperti lazimnya, namun dengan sistem menyemprotkan larutan garam tadi menggunakan botol. Racikan ini disemprotkan secara rutin tiap-tiap 2 kali dalam sehari, dan semprotan partikel garam akan masuk ke wajah. Dan masih banyak lagi keajaiban dari manfaat air garam.

4. Menyegarkan tubuh

Selain sebagai bahan kosmetika yang natural, larutan garam juga efektif sebagai kesejukan tubuh. Banyak perempuan yang rela merogoh uang banyak untuk perawatan tubuh di salon-salon mahal demi memanjakan tubuhnya. Tak perlu repot-repot untuk pergi ke salon, sebab air garam juga bisa dipakai untuk lulur dan masker, yang dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti minyak zaitun dan madu. Tak hanya untuk tubuh, kuku juga bisa dirawat secara natural.

5. Merawat kecantikan kuku

Untuk mencerahkan kuku dan mencegah kuku patah, cukup dengan menerapkan larutan air garam yang dicampur dengan sebagian bahan lainnya seperti baking soda. Manfaat baking soda mempunyai andil besar untuk mencerahkan dan mencegah kuku patah. Dengan menyatukan bahan yang terdiri dari garam, baking soda, air perasan lemon, serta air hangat sampai rata dan merendamnya. Jari direndam supaya pori-pori bisa terbuka, sehingga kuku bisa disikat dengan lembut. Dengan demikian, banyak manfaat air garam yang kita temukan dan bisa kita aplikasikan untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *