Manfaat Air Hangat yang Menakjubkan

Eksistensi air bagi manusia betul-betul diperlukan untuk menolong proses pencernaan dan metabolisme tubuh tiap harinya. Cairan air diperlukan manusia tiap harinya sekitar 1 sampai 1,5 liter atau berimbang dengan 8-10 gelas. Umumnya orang dewasa lebih suka air es ketimbang air mineral biasa untuk melegakan dahaga ketika rasa haus datang. Berbeda dengan orang tua, yang secara umum tak boleh mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat terlalu dingin seperti es. Orang tua lebih suka meminum air yang hangat, baik air putih ataupun teh.

Image: Tribunnews.com

Manfaat air putih bagi tubuh sangatlah besar, secara khusus sebagai kelancaran sistem pencernaan. Kebanyakan orang menganggap sepele saat minum air putih yang hangat, dan tidak jarang berpendapat bahwa khasiat air putih biasa ataupun air putih hangat mempunyai manfaat yang sama, yaitu sebagai penghilang rasa haus. Akan tetapi pendapat itu terbukti salah. Air putih hangat pun cenderung mempunyai nilaiyang tinggi. Manfaat air hangat sangatlah bermacam-macam.

Manfaat air hangat cukup banyak dalam bidang kesehatan. Banyak orang gemuk yang melakukan diet lebih memilih minum air hangat dari pada air biasa, sebab berguna untuk pembakaran lemak lebih cepat. Ciri-ciri air hangat yang bagus yakni air yang bening, tak berwarna, tak bau dan tak mempunyai rasa. Air bening dan hangat mempunyai kegunaan yang lebih bagus dan lebih sehat dari pada air hangat yang telah dicampur dengan gula atau sejenisnya. Air sehat mempunyai ciri seperti air yang hangat, bening dan telah melalui jenjang pemasakan sampai mendidih, sehingga dalam air tersebut bakteri dan kuman telah mati. Air hangat betul-betul bagus bagi kesehatan tubuh. Fungsi air hangat sangatlah banyak, diantaranya untuk melegakan rasa gatal di tenggorokan. Dalam tulisan ini akan digambarkan sebagian manfaat air hangat bagi tubuh kita.

Sehat melalui manfaat air hangat

Sehat tak mesti dengan metode rajin berolah raga dan makan teratur. Hidup sehat bisa diawali dari cara hidup kita sehari-hari yang sederhana, semisal mengonsumsi makan dan minuman yang sehat. Air hangat menjadi salah satu komponen dari minuman yang menyehatkan. Sebagian manfaat air hangat, adalah meluaskan hidung dan tenggorokan ketika bernapas saat flu menyerang. Kadang saat kita terserang flu, hidung terasa tersumbat dan tenggorokan terasa tak nyaman ketika batuk. Dengan adanya antibiotik natural dalam air hangat akan menghasilkan hidung dan tenggorokan terasa leluasa untuk beraktifitas. selain hal itu air hangat berperan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, secara khusus komponen usus yang menjadi daerah yang paling banyak racun bertempat tinggal. Dengan minum air hangat ketika sebelum dan setelah tidur secara rutin akan menolong dalam pengeluaran racun. Sehingga kita tak perlu merogoh uang banyak untuk terapi detox, dan bisa mendapatkan manfaat detoksifikasi sendiri dengan cuma-cuma dan gampang.

Manfaat air hangat ketika nyeri menstruasi

Dikala menstruasi menghampiri, dalam perut terasa nyeri dengan hebatnya. Rasa nyeri tersebut disebabkan oleh melepasnya sel-sel darah kotor yang berasal dari dinding rahim. Tidak sedikit para wanita yang hingga berguling-guling membendung sakitnya ketika menstruasi. Dikala menstruasi juga harus banyak mengkonsumsi air, secara khusus air hangat, dan tak diperkenankan untuk mengonsumsi air es sebab menyebabkan darah kotor tak dapat lepas secara total dari dinding rahim. Untuk meminimalisir rasa nyeri, salah satu metode sederhana yang dijalankan yakni banyak mengonsumsi air hangat supaya memudahkan dan melancarkan keluarnya darah kotor. Dengan banyak minum air hangat, bisa mengurangi rasa sakit. Dengan banyaknya manfaat di atas, karenanya banyak-banyaklah minum air hangat supaya senantiasa sehat. Sebab manfaat air hangat betul-betul besar, karenanya buatlah kesehatanmu lebih besar dari tubuhmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *