Kehebatan Manfaat Air Hujan untuk Kelangsungan Hidup Manusia

Belum banyak yang mengetahui tentang manfaat air hujan untuk kelangsungan makhluk hidup, disini akan di jelaskan sebagian khasiat dari air hujan. Hujan yaitu salah satu anugerah yang maha kuasa yang diperuntukkan bagi para makhluknya. Padahal hujan yang datang kadang-kadang membuat kita manusia mengeluh, namun sebetulnya hujan tetaplah suatu hal yang betul-betul dinanti dan ditunggu jika musim kemarau tiba. Cobalah anda bayangkan, sekiranya hujan tidak turun hingga berbulan-bulan atau pun bertahun-tahun, tidak cuma tumbuhan saja yang akan mengering, binatang dan manusia pun dapat juga mati karena kehausan. Kalaupun memang hujan tidak akan membikin para makhluknya mati, para makhluk pastilah akan merasa tersiksa sekiranya hujan tak lantas turun.

Image: seruni.id

Tanah dan sumber air yang mengering tentunya mewajibkan kita untuk memutar otak mencari solusinya. Ada yang membeli air dengan harga yang mahal. Ada yang rela jalan kaki menuju sumber air yang jauh dan masih banyak lagi. Padahal mungkin yang menikmati manfaat dari hujan yaitu orang yang memang tinggal di tempat rawan air, namun sebetulnya hujan tetaplah berguna bagi manusia tanpa terkecuali. Manfaat air hujan sebetulnya memang sepatutnya dikenal oleh manusia supaya nantinya ketika air yang berasal dari alam turun ke bumi manusia tak terus-terusan mengeluh sebab memang sebetulnya hujan yaitu anugerah yang maha kuasa yang diberi terhadap makhluknya.

Manfaat air hujan sekali lagi tidak cuma dapat dinikmati oleh manusia yang tinggal di wilayah jarang air, namun manfaat hujan akan dinikmati oleh segala manusia tanpa ada kata pengecualian. Maka yang memerlukan guyuran hujan juga tak cuma manusia, binatang dan tumbuhan yang sama-sama makhluk ciptaan yang maha kuasa malahan juga memerlukan air hujan untuk mereka bertahan hidup. Tanpa air hujan yang namanya tumbuhan akan berangsur-angsur mengering dan mati. Apalagi tumbuhan yang memerlukan air yang banyak dalam pertumbuhannya. Belum lagi binatang, binatang juga lama-kelamaan akan mati sekiranya sumber airnya tak ada. Bukankah sumber air salah satunya datang dari guyuran hujan? Maka dari itu,sekiranya anda mengaku mencintai kehidupan, kenali-lah manfaat air hujan.

Hujan yang mengguyur ke bumi tentulah menaruh sejuta manfaat bagi kehidupan makhluk yang tinggal di dalamnya. Padahal kedatangannya kerap kali membuat banyak orang mengeluh, namun manfaat hujan tetaplah membikin orang loyal menunggu kedatangannya. Selain sangat berguna bagi kehidupan, tentulah banyak yang akan menjawab sebagai sumber kehidupan untuk makhluk di bumi. Bukankah air hujan juga masuk dalam klasifikasi sumber air yang diperlukan oleh segala makhluk di bumi? Begitu sebagai sumber air, kongkretnya ada manfaat air hujan yang pastinya kerap kali dinikmati oleh manusia. Air hujan berguna bagi aktivitas pertanian dan perikanan. Tanpa air hujan, tidak mungkin tanaman yang manusia tanam di ladang dan sawah dapat bertumbuh subur. Kongkretnya pula dengan ikan, tidak mungkin ikan akan hidup lama jika tidak ada air, termasuk air hujan. Makanya, salah satu manfaat dari air hujan yaitu untuk menolong pertanian dan perikanan yang adalah mata pencaharian yang dipilih oleh manusia untuk menyambung hidupnya.

Pada kenyatannya tidak cuma itu saja manfaat dari air hujan untuk kehidupan manusia. Pernahkah anda mendengar abrasi tanah? Tanah yang terkena abrasi seringnya memang disebabkan oleh erosi tanah oleh air. Namun abrasi sendiri terbukti salah satunya dapat dicegah dengan bantuan air hujan. Air hujan yang datang mengguyur secara terjadwal konon katanya bisa membikin struktur tanah menjadi lebih stabil sehingga tanah tak gampang terkikis. Manfaat air hujan yang lain juga dapat anda lihat dari PLTA. PLTA memang umumnya memanfaatkan air laut, danau atau waduk untuk sumber dayanya. Namun sumber air terbesar yang dapat membikin jumlah air konsisten stabil di laut, waduk dan danau bukankah berasal dari air hujan? Makanya, janganlah mengeluh sekiranya hujan datang mengguyur sebab manfaat air hujan sangatlah besar bagi kelangsungan hidup makhluk bumi, terutama manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *