Manfaat Batu Bara bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Sebagai salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia, banyak dari kita yang belum mengenal manfaat dari batu bara. Batu bara yang merupakan hasil dari proses alami dan proses fisika serta kimia fosil-fosil yang terkubur jutaan tahun yang lalu, tipe dari batu bara yakni batuan sedimen yang rentan terbakar. Sehingga di indonesia batu bara diwujudkan sebagai tipe bahan bakar dan sumber energi yang amat penting dan berharga. Energi yang diwujudkan dari batu bara dibagi menjadi dua yaitu penghasil energi primer dan penghasil energi sekunder.

Image: Guromis.com

Penghasil energi primer seandainya dipakai untuk kebutuhan industri yaitu sebagai bahan bakar industri semen, penggerak turbin dan sebagainya. Sedangkan penghasil energi sekunder yakni apabila energi yang terkandung dalam batu bara dirubah menjadi bentuk energi lain seperti dibakar di PLTU untuk menciptakan energi listrik dan sebagainya. Namun untuk menerima hasil dari energi batu bara memang memerlukan proses. Namun untuk membatasi pembahasan kami cuma akan memberikan ilustrasi berhubungan manfaat batu bara yang cukup besar untuk kehidupan.

Manfaat batu bara yang besar untuk kehidupan

Batu bara mempunyai peranan yang cukup penting bagi kehidupan dan itu dapat disandingkan dengan manfaat air bagi kehidupan. Di jaman milenial sekarang yang sudah serba canggih dan seluruh kecanggihan tersebut dibantu oleh energi dari batu bara. Untuk itu seandainya batu bara tak ada dapat diprediksikan kehidupan akan menurun apalagi kini banyak yang telah bertumpu pada energi yang diwujudkan dari batubara, dan tak cuma di indonesia melainkan negara dibelahan dunia juga menggantungkan seluruh kebutuhan dari energi batu bara. Sehingga wajar seandainya kini banyak penambangan batu bara tetap berlangsung demi kebutuhan energi untuk kelangsungan hidup. Karena besarnya manfaat batu bara untuk kehidupan, jadi tidak ada salahnya apabila dalam penggunaan energi batu bara perlu dilaksanakan secara tepat sasaran untuk ketersediaan dimasa yang akan datang.

Fungsi dari batu bara bagi manusia diantaranya:

  • Sebagai bahan untuk produksi baja dan juga besi
  • Sebagai bahan bakar pembangkit listrik
  • Sebagai bahan bakar cair atau lazim diketahui dengan bahan bakar minyak (bbm)
  • Sebagai bahan bakar untuk industry semen
  • Sebagai bahan untuk pembuatan karbon aktif
  • Sebagai penyerap dalam daur ulang minyak pelumas bekas
  • Sebagai sumber bahan untuk tungku hemat energi yang dapat diterapkan untuk keperluan rumah tangga ataupun industry kecil
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan manfaat batu bara yang terlihat nyata dan konkrit tersebut, karenanya memang cukup penting energi batu bara untuk kehidupan manusia. selain itu juga dapat dilihat betapa sulitnya orang saat negara sedang mengalami kelangkaan bahan bakar minyak seperti yang akhir-akhir ini terjadi. Untuk mengurangi kelangkaan tersebut memang perlu penerapan yang tepat sasaran guna menjaga penyimpanan batu bara untuk masa depan.

Menjaga kestabilan ekonomi negara

Selain untuk masyarakat, batubara juga mempunyai manfaat yang cukup besar untuk negara yaitu untuk menjaga kestabilan ekonomi, itu sebabnya, seluruh industry yang ada kini menggunakan bahan bakar yang berasal dari batu bara. Jadi seandainya tak ada batu bara pastilah seluruh industry yang berjalan akan banyak yang terhenti sehingga akan berpengaruh pada perekonomian negara. Sebab seandainya batu bara diganti dengan sumber energi yang lain seperti minyak yang lebih mahal, hal itu akan menurunkan produktifitas semuanya, sebab pemilihan energy dari batu bara dianggap yang paling tepat sasaran dan menguntungkan, tidaklah dipungkiri begitu besar manfaat dari batu bara.

Dengan uraian singkat yang dijelaskan di atas. Diharapkan anda lebih paham seputar manfaat batu bara bagi kehidupan, dan bisa memanfaatkannya sebaik mungkin supaya tak terbuang sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *