Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Inilah Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan Tubuh – Membahas seputar beras, tentu tak asing lagi bagi kita orang Indonesia. Orang indonesia memang sangat mengandalkan nasi sebagai sumber karbohidrat sehari-hari. Hal ini erat kaitannya dengan kandungan karbohidrat yang merupakan sumber energi. Manusia memang patut mengonsumsi karbohidrat dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat indonesia malahan lebih menyukai tipe karbohidrat ini di bandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Banyak orang indonesia belum merasa kenyang meskipun sudah merasakan roti maupun maupun tipe protein lainnya sebelum makan nasi. Hal inilah yang menjadi salah satu permasalahan kesehatan yaitu kelebihan konsumsi karbohidrat.

Image: Kompas Lifestyle

Nah, hal inilah yang menjadi topik pembahasan di dunia kesehatan akhir-akhir ini, rupanya tipe nasi atau beras tak hanyalah beras putih maupun beras merah saja loh. Masih ada beras hitam yang rupanya mempunyai kandungan yang lebih banyak di bandingkan dengan beras putih. Masyarakat indonesia memang kurang mengenal akan beras hitam. Beras merah maupun beras putih memang tak dapat di pungkiri lebih populer diperbandingkan dengan beras hitam. Manfaat beras hitam memang belum di kenal banyak orang, yuks simak pembahasannya lebih lanjutnya.

Manfaat beras hitam yaitu sebatas bahan pangan yang mempunyai kandungan nutrisi yang lebih di bandingkan beras putih maupun beras merah. Meskipun perlu di garis bawahi bahwa beras hitam tak dapat secara seratus persen di jadikan tipe obat yang mujarab bagi semua tipe penyakit. Tetapi beras hitam memang rasanya tak senikmat beras putih. Dimana disaat dimasak nasi beras putih terasa pulen. Selain itu, beras hitam dalam proses memasaknya membutuhkan lebih banyak air.

Namun saat masak, nasi beras hitam masih terasa keras atau tak terlalu pulen. selain itu beras hitam juga tak mempunyai aroma wangi seperti pada beras putih pada lazimnya. Beras hitam sendiri terdapat beberapa tipe, diantaranya yaitu cempo ireng, melik, cibeusi, dan toraja. Diantara beberapa tipe beras hitam tersebut mempunyai kesamaan dalam hal manfaat beras hitam.

Di lihat dari bebrapa tipe karakteristiknya beras hitam, memang sedikit berbeda dengan tipe beras lainnya. Selain beras hitam memang mengalami masa panen yang lebih lama di bandingkan beras lainnya. Dimana beras ini baru dapat di panen sesudah 200 hari. Di lihat dari tipe tanamannya, tinggi tanamannya dapat mencapai 2 meter. Di lihat dari tipe gabah memang berwarna cokelat serupa dengan beras lainnya yang paling membedakan yaitu kandungan antosianin dimana zat tersebut juga terdapat dalam manfaat buah zaitun. Antpsianin yaitu zat antioksidan yang menciptakan beras ini menjadi ungu kehitaman. Dimana zat tersebut merupakan anti kanker yang menjadi salah satu manfaat beras hitam.

Memiliki kandungan yang baik

Selain memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Beras hitam juga banyak mengandung zat besi. Dimana dengan adanya zat besi yang di konsumsi dalam tubuh manusia, menjadikan defesiensi zat besi menjadi tertangani. Dengan kandungan uyang dimilikinya, beras hitam juga memiliki kelebihan dimana kandungan serat, vitamin e dan kadar gula yang rendah mampu menjadi membantu mencegah beberapa penyakit. Diantaranya yaitu diabetes maupun kolesterol. Selain itu dengan mengonsumsi beras hitam, juga akan mengurangi resiko menderita penyakit seperti alzheimer. Dimana penyakit tersebut betul-betul mengkhawatirkan. Ditambah adanya penelitian yang mengatakan bahwa dengan mengonsumsi beras hitam juga dipercaya mampu menghindarkan dari penyakit jantung. selain itu kandungan lain dari beras hitam di antaranya mempunyai vitamin b6 yang di butuhkan oleh tubuh. Adanya kandungan mineral zinc yang dapat melindungi sel dari kerusakan. Nah itulah sebagian manfaat beras hitam yang mungkin belum anda kenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *