Manfaat Buah Durian

Satu hal yang mungkin jarang kita ketahui akan buah durian yaitu manfaatnya. Durian memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Kandungan nutrisi yang dimiliki seperti vitamin B1, B2, vitamin C, protein, kalsium dan kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah dengan nama latin Durio Zbethinus ini merupakan buah yang berasal dari negara Thailand dimana buah ini banyak tumbuh didaerah beriklim tropis.

Rasanya yang lezat dan aromanya yang sangat harum tentu membuat kita tergoda untuk mencicipinya. Buah durian memang terkenal akan baunya yang sangat khas dan menggoda. Bagi anda yang belum mengetahui akan manfaat dan khasiat buah durian berikut kami berikan informasi tentang manfaat durian bagi kesehatan dan kecantikan.


1. Sumber Energi

Selain kaya akan vitamin, Durian juga memiliki kadar karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang tepat untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Bagi anda yang biasa beraktifitas berat diluar rumah, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi secara rutin agar tubuh anda tidak lemas dan penuh energi.

2. Kulit Awet Muda

Dari hasil penelitian yang dilakukan dibeberapa universitas ternama di Indonesia menyebutkan bahwa kandungan vitamin C yang terdapat pada buah durian sangat bagus untuk menjaga keelastisitasan kulit sehingga meskipun diusia dini, anda tetap dapat memiliki kulit yang kencang dan tentunya selalu terlihat awet muda.

3. Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi buah durian menjadi menu wajib yang harus dilakukan setiap hari. Durian memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi dimana kandungan tersebut dapat mengontrol kadar gula didalam darah agar selalu dalam kondisi normal.

4. Nutrisi Tulang

Semakin bertambah usia tentu kepadatan tulang pun semakin renta sehingga seringkali mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. Upaya untuk mengembalikan kepadatan tulang dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk mengkonsumsi buah durian. Buah durian kaya akan zat besi dan tembaga yang cocok untuk kesehatan tulang.

5. Menjaga Kekencangan dan Kelembaban Kulit

Selanjutnya manfaat buah durian untuk kecantikan. Kondisi kulit yang sering berubah terutama ketika menginjak usia lanjut maka tekstur kulit akan menjadi kendur sehingga muncullah keriput yang menyebabkan penuaan dini. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa coba menggunakan masker yang terbuat dari durian dimana masker tersebut memiliki kandungan flavonoid yang dapat meregenerasi sel kulit mati dan mengembalikannya dengan sel kulit yang baru sehingga tampilan kulit anda akan tetap terjaga kecantikannya.

6. Mengobati Insomnia

Bagi anda yang mengalami masalah pada siklus tidurnya atau yang sering disebut insomnia, buah durian merupakan salah satu jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi. Pasalnya pada buah ini terkandung triptophan atau semacam zat yang dapat menenangkan pikiran pada tubuh anda sehingga cukup efektif untuk memberikan relaksasi pada orang yang sulit tidur.

Selain dari beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan dan kecantikan di atas hendaknya perlu kita ketahui juga, menurut beberapa sumber mengatakan buah ini juga memiliki beberapa efek samping yang kurang baik terhadap tubuh dikarenakan tingginya kolesterol yang terkandung dalam buah ini. Untuk itu konsumsi lah dengan tanpa berlebihan, dan konsultasikan kepada ahlinya.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *