Manfaat Daun Alpukat yang Ajaib Bagi Kesehatan

Semua pasti sudah mengenal buah yang mendapat julukan sebagai selai kayu ini. Benar sekali buah tersebut merupakan alpukat. Buah ini lebih sering dimanfaatkan sebagai jus. Tidak salah memang kalau alpukat dibuat jus dan sering diminum. Selain nikmat, aplukat juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu bagaimana dengan daun alpukat? Adakah manfaat daun alpukat yang bisa dipetik bagi kesehatan tubuh?

Image: Viva.co.id

Manfaat Daun Alpukat Bagi Tubuh

Banyak yang belum mengetahui kalau daun alpukat ternyata mempunyai khasiat bagi tubuh. Padahal begitu banyak manfaat daun alpukat yang bisa dipetik bagi kesehatan tubuh. Anda tidak perlu takut dengan efek samping yang ditimbulkan. Daun alpukat tidak mengandung zat kimia jadi aman walaupun dikonsumsi dalam jangka panjang. Adapun manfaat yang bisa diambil sebagai berikut.

Menghilangkan Batu Ginjal

Manfaat daun alpukat yang pertama adalah membasmi batu ginjal. Zat saponin, flavonoid, dan alkolid yang terkandung dalam daun alpukat dinilai sangat ampuh dalam menghancurkan dan menghilangkan batu ginjal. Di samping itu, zat-zat tersebut juga sangat berguna untuk meningkatkan fungsi ginjal seperti semula. Anda cukup merebus daun alpukat dan kemudian meminumnya secara rutin.

Menyembuhkan Sakit Pinggang

Bekerja secara terus menerus dan terlalu banyak duduk bisa menyebabkan sakit pinggang. Untuk menyembuhkannya cukup dengan merebus daun alpukat. Daun itu dipercaya juga bisa menyembuhkan sakit pinggang dengan cepat. Cukup dengan merebusnya saja maka sakit pinggang bisa sembuh tanpa efek samping.

Meredakan Tekanan Darah Tinggi

Mampu meredakan tekanan darah tinggi menjadi manfaat daun alpukat selanjutnya. Daun alpukat mengandung seng, mangan, dan mineral mampu meredakan hipertensi dan membantu menjaga fungsi saraf supaya tidak rusak. Selain itu, daun alpukat bisa menghilangkan depresi dan mencegah terjadinya endapan dalam darah karena kandungan potasium dalam daun.

Mengurangi Sesak Napas Pada Asma

Mampu meredakan tekanan darah tinggi menjadi manfaat daun alpukat selanjutnya. Daun alpukat mengandung seng, mangan, dan mineral mampu meredakan hipertensi dan membantu menjaga fungsi saraf supaya tidak rusak. Selain itu, daun alpukat bisa menghilangkan depresi dan mencegah terjadinya endapan dalam darah karena kandungan potasium dalam daun.

Mengurangi Sesak Napas Pada Asma

Daun Alpukat mengandung pinen yang mampu mengurangi sesak napas pada penderita asma. Penderita asma disarankan untuk meminum air rebusan daun alpukat karena bisa memberikan efek bronkodilator yang menghilangkan sesak pada paru-paru. Dengan mengonsumsi daun alpukat, aliran udara dalam paru-paru juga menjadi lancar tanpa hambatan. Jadi tidak ada lagi sesak napas karena asma.

Menyembuhkan Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mendapat julukan sebagai silent killer karena secara perlahan membunuh penderitanya. Sekarang tidak perlu lagi takut dengan penyakit. ini karena penyakit bisa disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi air rebusan daun alpukat. Kandungan glikosida dalam daun alpukat mampu menjadi pengganti gula yang diperlukan oleh tubuh manusia. Ditambah lagi, penderita yang meminum air rebusan daun bisa terus merasa kenyang jadi konsumsi karbohidrat bisa dikurangi.

Mengurangi Kolestrol

Manfaat lain daun alpukat bagi kesehatan tubuh adalah mengurangi kadar kolestrol dalam darah. Jika kadar kolestrol jahat dalam darah melebihi batas maka darah bisa mengental dan bisa mengakibatkan terjadinya sumbatan. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya serangan stroke. Daun alpukat mampu mengurangi kolestrol karena mengandung limonene yang sangat ampuh mengurangi kolestrol dan trigiserida dalam darah.

Begitu banyak manfaat daun alpukat bagi kesehatan tubuh. Jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya. Jika ada yang alami kenapa harus memilih yang berbahan kimia yang jelas-jelas bisa memberikan efek samping bagi tubuh. Jika Anda belum yakin untuk mengonsumsi daun alpukat, silakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal supaya lebih meyakinkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *