Khasiat dan Manfaat Daun Beluntas yang Wajib Anda Ketahui

Beluntas yaitu salah satu tanaman yang pada jaman dulu acap kali kali ditanam sebagai pagar hidup atau pembatas pelataran sebab mempunyai wujud yang tegak dan tinggi. Tanaman yang satu ini mempunyai sebutan yang berbeda-beda di sebagian tempat seperti jawa yang menyebutnya luntas, sunda yang menyebutnya baluntas atau baruntas dan makasar yang mengenalnya dengan nama lamutasa.

Image: Harianpost.co.id

Daun beluntas sendiri semenjak dulu telah dikonsumsi sebagai sayuran oleh masyarakat. Daun ini terbukti mempunyai sebagian manfaat dan khasiat untuk memecahkan permasalahan kesehatan. Tidak cuma itu. Seperti halnya daun kemangi, daun beluntas juga dapat diaplikasikan sebagai penghilang bau badan. Untuk kandungannya, di dalam daun beluntas terdapat flavonoid, alkaloid, minyak atsiri, tanin, natrium, kalsium, magnesium dan sebagainya.

1. Untuk meredakan demam

Manfaat daun beluntas yang berhubungan dengan permasalahan kesehatan diantaranya bisa membantu mengatasi demam. Demam yaitu penyakit yang acap kali menyerang secara tiba-tiba terutama ketika cuaca yang sedang tak menentu. Sistem penerapannya yakni dengan menyeduh daun beluntas sebanyak 15 g. Biarkan selama 5 sampai 8 menit. Sesudah itu saring dan minum airnya. Anda juga dapat mengaplikasikan metode lain seperti mengukusnya sampai matang lalu dimakan bersama nasi. Lakukan secara rutin pagi dan petang hingga demam benar-benar turun.

2. Manfaat daun beluntas untuk membantu mengatasi rematik

Daun beluntas juga dapat mengatasi rematik. Rematik yakni gangguan tulang yang acap kali dialami orang tua. Tetapi jangan salah, rematik juga bisa menyerang remaja. Nah jikalau anda mengalaminya, lakukan metode berikut. Rebus akar beluntas yang sudah bersih sebanyak 15 g dengan 3 gelas air sampai menjadi lunak. Makan akar tersebut selagi hangat. Lakukan secara rutin tiap hari dan anda akan menikmati manfaat daun beluntas.

3. Menolong menghilangkan bau badan

Berikutnya, seperti yang sudah dibuktikan di atas yakni khasiat daun beluntas untuk memecahkan permasalahan bau badan. Bau badan tentu sungguh-sungguh mengganggu. Bukan cuma diri sendiri yang malu tetapi juga sungguh-sungguh mengganggu orang lain. Nah untuk menyelesaikannya, anda dapat memanfaatkan daun yang satu ini. Sistem penerapannya yakni dengan merebus daun beluntas seperti biasa sebanyak 15 g dengan 3 gelas air dan ditambah dengan sedikit garam dapur dan buah pinang 5 g. Rebus hingga tersisa 1 gelas saja. Saring dan minum saat dingin. Lakukan secara rutin 2 kali sehari. Baca juga manfaat daun kelor.

4. Manfaat daun beluntas untuk mengobati keputihan

Daun beluntas juga dapat membantu mengatasi masalah keputihan. Keputihan yaitu permasalahan pada daerah kewanitaan yang cukup susah untuk dituntaskan. Anda dapat mencoba daun beluntas ini sebagai solusi untuk mengatasi keputihan. Caranya rebus daun beluntas sekitar 20 lembar dengan ditambah temulawak kering 4 potong, kunyit 4 ruas jari dan kencur 1 ruas jari dalam 2 gelas air. Rebus sampai cuma tersisa setengahnya saja. Sesudah dingin, anda dapat memfilternya lalu meminumnya. Minum secara rutin ½ gelas tiap pagi dan malam.

5. Mengobati permasalahan hipertensi

Daun beluntas juga dapat diaplikasikan untuk mengobati permasalahan hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan metode merebusnya dengan air secukupnya. Rebus hingga mendidih dan minum sebanyak 1 gelas 3 kali sehari. Terakhir, daun beluntas juga dapat memecahkan permasalahan menstruasi yang tak teratur. Caranya dengan merebus daun beluntas dalam 2 gelas air lalu tambahkan 1 sendok teh garam. Saring dan minum 3 kali sehari.

Nah itulah manfaat daun beluntas sebagai obat herbal untuk memecahkan sebagian permasalahan kesehatan. Semoga review mengenai manfaat daun beluntas ini berkhasiat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *