Manfaat Daun Gedi yang Sangat Mujarab Bagi Kesehatan

Daun gedi atau lebih dikenal sebagai daun pepaya Jepang yang biasa tumbuh di Indonesia bagian timur. Masyarakat Manado sering menggunakannya sebagai bahan campuran untuk membuat bubur Manado. Saat ini, daun gedi sudah dibudidayakan di banyak wilayah di Indonesia sebagai bahan sayuran ataupun sebagai tanaman obat. Begitu banyak manfaat daun gedi bagi kesehatan yang bisa diambil oleh masyarakat yang belum diketahui.

Image: Tebar News

Manfaat Daun Gedi Bagi Kesehatan Tubuh

Daun gedi sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung asam folat, vitamin A dan C, kolagen, saponin, alkanoid dan masih banyak lagi. Begitu banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam daun gedi tidak salah kalau daun gedi sangat menyehatkan. Manfaat daun gedi yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan Anda adalah sebagai berikut.

Mencegah Keguguran

Daun gedi sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung asam folat, vitamin A dan C, kolagen, saponin, alkanoid dan masih banyak lagi. Begitu banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam daun gedi tidak salah kalau daun gedi sangat menyehatkan.

Daun gedi dipercaya untuk mencegah keguguran pada ibu hamil. Asam folat yang ada dalam daun gedi cukup banyak sehingga bisa mencegah terjadinya keguguran. Asam folat mampu membantu pertumbuhan janin supaya tumbuh dengan baik dan kuat. Selain itu, asam folat juga membantu janin agar lahir tidak cacat otak dan saraf.

Mengobati Diabetes

Manfaat daun gedi bagi kesehatan yang lain adalah mampu mengobati diabetes. Masyarakat hanya mengenal obat herval diabetes daun salam. Padahal masih ada daun gedi yang tidak kalah hebat untuk mengobatinya. Daun gedi bisa menurunkan kadar gula dalam darah hingga batas normal. Anda bisa mengonsumsi air rebusan atau membuat jus daun gedi. Paling tidak konsumsi sehari sekali. Pasti kadar gula dalam darah bisa kembali normal. Dan pastinya tidak ada efek samping.

Memperlancar Asi

Sebagian ibu menyusui mempunyai kendala karena asi yang dihasilkan cuma sedikit atau tidak lancar. Padahal asi merupakan makanan utama bagi bayi yang baru lahir. Dan daun gedi mampu membantu memperlancar asi. Ibu menyusui bisa lebih banyak produksi asinya jika mengonsumsi daun ini secara teratur. Hal ini disebabkan oleh asam folat yang ada dalam daun gedi membantu tubuh supaya lebih mudah memperlancar produksi asi.

Baca Juga: Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Menurunkan Kolestrol

Mengonsumsi makanan berlemak tidak mungkin dihindari oleh masyarakat. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak juga tidak bagus bagi kesehatan. Satu hal yang pasti kadar kolestrol dalam darah bisa meningkat. Kolestrol yang tidak dijaga bisa menyumbat aliran darah dan berakhir dengan penyakit stroke. Kandungan flavonoid dalam daun gedi mampu memberikan efek atom nitrogen dalam lemak agar lebih stabil. Flavonoid juga bisa menghambat auotooksidasi atau menangkal radikal bebas.

Menyehatkan Mata

Manfaat daun gedi yang lain adalah menyehatkan mata. Hal ini tidak mengherankan karena daun gedi mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi dan mampu merawat kesehatan dan mencegah berbagai penyakit mata. Menurut penelitian, vitamin A dalam daun gedi hampir sama dengan wortel. Cukup mengonsumsinya sehari sekali maka kesehatan mata sudah terjaga.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Daun gedi juga dipercaya mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya penyumbatan dalam darah yang bisa merusak organ tubuh yang lain. Flavonoid yang terkandung di daun gedi merupakan zat yang mampu memperlancar peredaran darah di otak dan di jantung.

Begitu banyak manfaat daun gedi bagi kesehatan. Jadi tidak ada salahnya jika dikonsumsi secara teratur. Bagaimanapun juga yang alami pasti lebih aman daripada yang berbahan kimia. Mari hidup sehat dengan tanaman herbal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *