Manfaat Daun Kalingsir untuk Kesehatan

Daun yang memiliki nama ilmiah Clinacanthus nutansini adalah tanaman pagar yang sangat sering dijumpai di pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki daun berukuran 8 hingga 12 cm sedangkan tingginya bisa sampai 2,5 meter. Daun kalingsir dikenal karena memiliki manfaat yang beragam, khususnya bagi kesehatan. Seperti sebagai antipiretik, antidiuretic, serta antibiotik. Di Indonesia, daun ini dikenal sebagai dandang gendis, sedangkan dalam bahasa inggris bernama Drooping Clinacanthus.Dalam daun ini terdapat pula senyawa yang berfungsi untuk mencegah serta mengatasi masalah kesehatan. Maka dari itu, berikut ini akan diulas beberapa manfaat daun kalingsir yang berguna bagi kesehatan.

Khasiat Daun Kalingsir yang Belum Banyak Diketahui

Sebagian orang masih beranggapan bahwa daun kalingsir hanyalah tumbuhan liar yang tidak memiliki manfaat. Namun, ternyata anggapan itu sungguh keliru. Daun ini memiliki begitu banyak khasiat yang sudah turun temurun digunakan sebagai jamu serta obat untuk mencegah serta mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Hal ini karena terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti flavonoid, alkaloid, saponin, minyak atsiri, serta senyawa aktif lainnya. Berikut akan dijelaskan apa saja manfaat daun kalingsir yang pastinya bagus untuk kesehatan:

Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun Kalingsir dapat digunakan sebagai peningkat kekebalan tubuh, hal ini disebabkan karena Daun Kalingsir memiliki sifat antibiotik yang terkandung di dalamnya. Selain itu tanaman ini juga bisa melancarkan pencernaan sehingga ketika buang air kecil dapat lancar tanpa masalah.

Menurunkan demam

Manfaat daun kalingsir selanjutnya yakni dapat digunakan sebagai obat ketika terserang penyakit demam. Kandungan minyak atsiri di dalam daun ini sangat efektif untuk mengobati demam, baik demam pada anak maupun orang dewasa.

Menurunkan gula darah

Daun Kalingsir bisa menghindarkan tubuh dari penyakit diabetes karena terbukti sangat baik dalam menurunkan kadar gula. Meskipun tidak dapat menyembuhkan penyakit diabetes secara tuntas, setidaknya manfaat daun ini dapat mengurangi gula darah dalam tubuh sehingga mencegah diabetes semakin parah.

Mengobati sakit kepala

Adanya kandungan minak atsiri dalam daun kalingsir membuatnya dapat meredakan sakit kepala dengan cepat. Jadi, jika merasa sakit kepala, jangan langsung minum obat-obatan kimia. Tidak ada salahnya jika Anda meminum ramuan dari daun kalingsir ini.

Meringankan kerja ginjal

Manfaat daun kalingsir yang lain adalah dapat berperan dalam meringankan kinerja ginjal ketika melakukan proses penyaringan darah sekaligus juga dapat mencegah terjadinya gangguan kemih. Tidak heran jika dengan mengonsumsi ramuan dari daun kalingsir dapat mencegah masalah pada ginjal.

Mengeluarkan racun dari tubuh

Daun Kalingsir memiliki fungsi yang baik bagi tubuh seperti mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kalingsir juga dapat meredakan nyeri dan rematik. Belum berhenti disitu saja, daun ini juga dapat mengembalikan stamina serta energi yang hilang. Jadi tidak heran jika daun ini dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Sebenarnya, masih banyak manfaat lain yang dimiliki daun kalingsir seperti mengobati gangguan disentri, menguatkan pembuluh kapiler dan masih banyak lainnya. Sedangkan cara untuk mendapatkan khasiatnya cukup mudah. Anda hanya cukup merebus 10 lembar daun kalingsir dalam 3 gelas air. Lalu rebus hingga menjadi 1 gelas dan konsumsi secara teratur setiap hari.

Demikian adalah beberapa manfaat daun kalingsir yang kadang tidak diketahui orang-orang. Khasiat-khasiat yang dimilikinya ternyata berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk mengobati, namun juga untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *