Manfaat Daun Kelingsir yang Luar Biasa

Apakah Anda pernah mendengar daun kelingsir? Daun satu ini memang masih kalah pamor jika dibandingkan dengan daun sirsak atau daun salam. Masyarakat pada umumnya menganggap daun kelingsir sebagai tanaman liar yang mengganggu. Bahkan sebagian besar masyarakat lebih mengenalnya sebagai daun dandang gendis. Padahal ada begitu banyak manfaat daun kelingsir bagi tubuh. Tidak sedikit orang yang tahu daun ini mengolahnya sebagai tanaman obat.

Manfaat Daun Kelingsir Bagi Tubuh

Daun kelingsir mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh yang membantu mengobati berbagai penyakit. Zat tersebut adalah flavonoid, minyak atsiri, saponin, alkanoid dan berbagai zat yang lain. Karena itulah masyarakat bisa mengambil manfaatnya untuk pengobatan herbal. Manfaat daun kelingsir bagi kesehatan antara lain:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun kelingsir merupakan tanaman yang mengandung antibiotik yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Kekebalan tubuh sangat berguna dalam mencegah penyakit atau virus masuk ke dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit. Dengan antibiotik juga, tubuh mampu menangkal serangan radikal-radikal bebas yang ada di udara.

Menguatkan Pembuluh Kapiler

Manfaat daun kelingsir lain yang bisa diambil adalah menguatkan pembuluh kapiler. Daun kelingsir mengandung flavonoid yang mampu menguatkan pembuluh kapiler. Pembuluh inilah yang berfungsi untuk melakukan pertukaran oksigen, karbondioksida, air, dan nutrisi lainnya dalam tubuh. Jika pembuluh kapiler tidak berfungsi maka tubuh tidak bisa menerima asupan nutrisi dengan baik.

Menyembuhkan Sakit Kepala

Daun kelingsir mengandung minyak atsiri yang mampu menyembuhkan sakit kepala. Bahkan caranya juga terbilang sangat mudah. Hanya dengan menempelkan daun kelingsir di kening. Sakit kepala pasti bisa sembuh dan tanpa adanya efek samping yang timbul dalam tubuh.

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Dalam tubuh manusia sebetulnya mengandung racun. Racun tersebut bisa berasal dari udara, makanan, ataupun minuman. Tubuh bisa mengalami keracunan jika kadar racun dalam tubuh sudah berlebihan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dengan meminum air hasil rebusan daun kelingsir, racun dalam tubuh bisa dibuang memalui urine.

Mencegah Kanker

Mencegah kanker merupakan manfaat daun kelingsir yang paling diminati masyarakat. Daun kelingsir mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker karena kandungan antibiotik di dalamnya. Bukan hanya itu, sel-sel kanker juga mampu dicegah untuk masuk ke dalam tubuh karena adanya kandungan flavonoid.

Menurunkan Kadar Gula

Sama halnya dengan kolestrol, kadar gula dalam darah juga tidak boleh terlalu berlebihan. Jika kadar gula berlebih ada dalam tubuh maka bisa menyebabkan penyakit mematikan yaitu diabetes. Zat dalam daun kelingsir bisa membantu tubuh menurunkan kadar gula darah hingga batas normal. Cukup dengan meminum air rebusan daun kelingsir secara rutin maka kadar gula dalam darah bisa turun secara perlahan. Jadi konsumsilah daun kelingsir jika ingin terhindar dari penyakit diabetes.

Menurunkan Demam

Daun kelingsir juga ampuh untuk menurunkan panas akibat demam. Kalau zaman dahulu orang yang terkena demam dikompres dengan kain maka sekarang jika anak Anda terserang demam kompreslah dengan daun kelingsir. Panas demam bisa turun karena kandungan minyat atsiri yang ada dalam daun.

Manfaat daun kelingsir memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi jangan pernah menanggap daun kelingsir merupakan tanaman liar yang hanya mengganggu pemandangan. Anda pasti tidak akan kecewa jika memanfaatkan tanaman herbal untuk kesehatan tubuh karena aman dari efek samping yang bisa merusak kesehatan secara perlahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *