Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Daun kemangi adalah salah satu tanaman yang tumbuh subur pada musim hujan dan mudah tumbuh dimana-mana. Tanaman ini memiliki pohon dengan bulu lembut, berdaun kecil, serta terdapat biji di dalam bunganya yang sering disebut dengan biji selasih. Biasanya biji selasih digunakan sebagai tambahan untuk membuat minuman segar. Daun kemangi biasanya dikonsumsi sebagai lalapan dengan cita rasa dan aroma yang khas yang banyak disukai oleh banyak orang.

Daun kemangi merupakan keluarga dari daun mint yang juga merupakan tanaman obat herbal alami. Daun kemangi memiliki kandungan gizi yang sangat baik dalam membantu menyehatkan tubuh diantaranya ekstrak daunnya mempunyai sifat antibakteri dan antioksidan, vitamin K, vitamin A, magnesium, mangan serta berbagai nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. 

Menjaga kesehatan dengan yang alami tentunya akan membuat tubuh menjadi sehat alami dan Apa saja Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan tubuh kita, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia dimana jika kinerja jantung sudah tidak baik maka kesehatan tubuh akan terganggu. Maka dari itu jantung harus dijaga kesehatannya agar tetap sehat. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan perawatan dengan mengkonsumsi daun kemangi dengan teratur, karena daun kemangi dapat melancarkan peredaran darah sehingga membuat jantung akan lebih sehat. Kandungan antioksidannya juga dapat membantu menjaga kekebalan serta metabolisme pada tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Penghilang jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang cukup serius khususnya bagi para wanita yang mendambakan kulit wajah halus mulus tanpa jerawat. Cara perawatannya cukup mudah yakni dengan menumbuk daun kemangi hingga halus kemudian ditempelkan pada jerawat yang ada di wajah dan diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa digunakan dengan teratur setiap harinya.

Membantu perkembangan tulang

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan lainnya yakni dapat membantu perkembangan tulang hal itu dikarenakan daun kemangi mempunyai kandungan kalium dan fosfor. Kandungan tersebut sangat membantu pembentukan dan perkembangan tulang pada tubuh dan juga mampu mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang. 

Menghilangkan bau badan tidak sedap

Memiliki masalah dengan bau badan yang tidak sedap bisa diatasi dengan menggunakan daun kemangi. Daun kemangi yang memiliki aroma yang sangat khas dan segar dapat membuat bau pada badan menjadi lebih segar hanya dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan atau bisa juga dengan memakai air daun kemangi untuk mandi. Jika menggunakan air daun kemangi untuk mandi bisa dilakukan dengan menumbuk halus daun kemangi campurkan dengan air dan bisa digunakan untuk mandi paling tidak dalam sehari satu kali dengan teratur dan anda pun akan terhindar dari masalah bau badan yang tidak sedap. 

Memiliki tubuh yang bau tidak sedap menjadi satu masalah yang bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri apalagi jika sedang berada ditengah-tengah orang banyak. Nah, dengan begitu anda bisa mencoba melakukan perawatan dengan cara yang sudah dijelaskan diatas.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam daun kemangi dapat membantu menyehatkan mata. Jadi sering mengkonsumsi daun kemangi maka mata akan selalu terjaga kesehatannya baik dikonsumsi sebagai lalapan ataupun bisa dibuat minuman segar. Kandungan vitamin A dalam daun kemangi memang tidak sebesar dengan yang terdapat pada wortel namun mampu membantu menjaga kesehatan pada mata agar tetap sehat.

Mengatasi sariawan

Sariawan merupakan masalah yang timbul pada mulut dan sangat menganggu aktivitas ketika makan. Cara mengatasi sariawan dengan daun kemangi yakni dengan mengunyah daun kemangi dan memakannya kemudian minumlah air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah dalam sehari 3 kali hingga sariawan hilang.

Nah itulah tadi beberapa Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan yang bisa kami informasikan kepada semua pembaca, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Jangan lupa berlangganan kami via Google + untuk mendapatkan artikel terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *