Manfaat Daun Ludih yang Sangat Luar Biasa

Daun ludih, mendengar namanya saja pasti sudah asing. Lalu bagaimana dengan daun pepaya Jepang? Pasti kalau yang ini sudah sering mendengarnya. Sebetulnya daun ludih merupakan nama lain dari daun pepaya Jepang. Pohon ludih merupakan pohon yang mudah sekali hidup di daerah manapun. Selain itu, bagi kesehatan begitu banyak manfaat daun ludih yang bisa di dapat hanya dengan mengonsumsinya secara teratur.

Manfaat Daun Ludih yang Wajib Diketahui

Daun ludih atau pepaya Jepang mengandung banyak vitamin A dan C. Selain itu, daun ini mengandung kalsium, kalium, dan zat besi. Daun ludih juga mengandung senyawa yang sangat bagus untuk tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Senyawa tersebut adalah saponin, alkaloid, terpenoid, polifenol, flavonoid, tanin, dan serotonin. Dengan kandungan-kandungan tersebut itu tak mengherankan kalau manfaat daun ludih begitu banyak bagi kesehatan. Manfaat yang bisa diambil antara lain:

Mencegah Penyakit Kanker

Khasiat yang pertama jika mengkonsumsi daun ludih adalah mencegah penyakit kanker. Flavonoid yang ada dalam daun ludih sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kanker yang mematikan. Flavonoid bisa menangkal radikal bebas yang berasal dari makanan dan udara yang merupakan penyebab kanker. Konsumsilah daun ludih secara teratur sebagai pencegahan kanker.

Menyembuhkan Hipertensi

Manfaat daun ludih selanjutnya adalah menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Semua menyadari kalau hipertensi merupakan jalan awal untuk penyakit lainnya yang lebih parah seperti pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke. Kandungan tanin, flavonoid, polifenol, dan saponin merupakan zat yang mampu membantu menyembuhkan hipertensi.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Daun hijau jika dikonsumsi bisa membantu melancarkan pencernaan. Tak ubahnya dengan daun ludih yang mengandung serat yang bisa mengatasi masalah pencernaan. Penyakit seperti penyakit usus dan lambung bisa teratasi dengan mengkonsumsi daun ludih. Bisa dengan cara dibuat sayur, bubur Manado, atau menjadikannya sebagai sayur untuk lalapan. Dijamin pencernaan lancar dan jauh dari yang namanya penyakit pencernaan yang menyiksa.

Mengobati Peradangan

Daun ludih merupakan obat herbal yang bisa mengobati peradangan. Jika Anda mengalami luka dan terjadi peradangan maka cukup dengan memakan daun ludih maka pembengkakan yang terjadi bisa sembuh lebih cepat. Hal ini dikarenakan daun ludih mengandung tanin yang merupakan zat yang sangat ampuh mengobati peradangan.

Mencegah Anemia

Mampu mencegah anemia merupakan manfaat daun ludih yang patut diperhitungkan juga. Anemia merupakan penyakit kekurangan zat darah merah dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan darah merah maka akibatnya adalah tubuh bisa lemah, letih dan tidak mampu beraktivitas. Daun ludih mampu membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Jadi Anda bisa jauh dari penyakit anemia.

Mencegah Sakit Mata dan Sariawan

Dengan memakan daun ludih maka penyakit mata dan sariawan tidak bisa menyerang. Vitamin A dan C yang terkandung dalam ludih sangat tinggi. Untuk vitamin A saja kandungannya hampir sama tinggi dengan kandungan vitamin A dalam wortel.

Mencegah Osteoporosis

Daun ludih juga sangat efektif untuk mencegah pengapuran tulang atau osteoporosis. Bagaimana tidak karena daun ludih mengandung kalsium dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

Konsumsilah secara teratur dan petiklah mafaat daun ludih secara maksimal. Konsumsilah secara wajar. Jangan berlebihan supaya manfaat yang diberikan juga bisa maksimal sesuai dengan harapan. Ingat obat herbal tidak seperti obat kimia yang bisa cepat tetapi mempunyai efek samping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *