Manfaat Daun Mustajab untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Bagi masyarakat Manado pasti tidak asing lagi jika mendengar daun mustajab. Orang Manado memanfaatkan daun mustajab sebagai bahan olahan untuk dibuat sayur yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Bagi sebagian orang daun mustajab sering disebut daun gedi. Selain memiliki rasa yang nikmat, daun mustajab juga mengandung antioksidan, asam folat, kolagen, polifenol, berbagai vitamin dan berbagai mineral yang bagus untuk tubuh. Masyarakat mengonsumsi untuk mengambil manfaat daun mustajab untuk ibu hamil karena kandungannya yang berguna untuk ibu dan janin.

6 Manfaat Daun Mustajab untuk Ibu Hamil

Manfaat daun mustajab untuk ibu hamil sangat beragam dan bisa langsung dirasakan oleh ibu hamil secara langsung. Yang terpenting adalah tidak akan timbul efek samping saat dan sesudah memakannya. Jadi aman untuk ibu dan janin yang ada dalam kandungan karena merupakan bahan alami. Manfaat daun mustajab yang bisa diambil untuk ibu hamil antara lain:

Menguatkan janin

Daun mustajab mengandung asam folat yang cukup banyak dimana asam folat merupakan zat yang sangat penting dalam perkembangan janin. Biasanya, ibu hamil akan mengalami anemia megaloblastik selama masa kehamilan. Hal itu disebabkan karena kurangnya asupan asam folat dalam tubuh. Untuk menambah asupan asam folat, salah satu cara yang sangat efektif adalah memakan daun mustajab secara teratur.

Baca Juga: Manfaat Daun Bawang

Meminimalisir Keguguran

Mampu meminimalisir keguguran merupakan manfaat daun mustajab untuk ibu hamil selanjutnya. Setiap ibu hamil pasti berusaha menjaga kehamilannya supaya tetap sehat. Jadi dengan mengonsumsi daun ini maka janin tetap sehat dan kuat dalam rahim. Perdarahan yang merupakan gejala awal keguguran tidak terjadi.

Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Pada proses kehamilan terdapat sebuah tahapan pembentukan saraf pusat. Dimana saat pembentukan merupakan proses penting supaya anak tidak terlahir cacat otak atau istilah medisnya anensefali dan gangguan susunan saraf atau spina bifida. Pada proses ini, tubuh membutuhkan asam folat. Jadi ibu hamil sebaiknya mengonsumsi daun mustajab supaya asupan asam folat tercukupi. Apalagi asam folat juga baik dalam pembentukan DNA dan tumbuh kembang janin.

Mengurangi Asidosis Pada Ibu Hamil

Manfaat daun mustajab untuk ibu hamil yang tidak kalah penting yakni mencegah terjadinya asidosis. Asidosis adalah keadaan dimana kondisi asam dalam tubuh pada posisi yang sangat tinggi. Jika asidosis dibiarkan maka bisa timbul penyakit yang lebih parah. Hal ini juga bisa menyerang ibu hamil. Untuk mencegah asidosis, tubuh membutuhkan kalsium dan alkali. Jadi disarankan ibu hamil secara rutin mengonsumsi daun mustajab karena daun ini bisa memenuhi permintaan kalsium dan alkali yang tidak bisa diperoleh dari sayuran lain.

Mencegah Gangguan Kandung Kemih

Daun Gedi mempunyai manfaat diuretik yang bisa membantu membersihkan dan menyehatkan kandung kemih. Cukup dengan memblender daun mustajab dengan air kelapa muda kemudian diminum secara teratur. Bahan ini sangat aman bagi ibu hamil untuk dikonsumsi dan tanpa efek samping.

Mempermudah Persalinan

Dengan mengonsumsi daun mustajab maka persalinan bisa lebih mudah karena daun gedi mengandung etanol. Etanol dalam daun ini memiliki sifat antidepresan dan antikonvolsan yang mampu memberikan efek menenangkan dan menjadi penawar rasa sakit.

Dengan menggunakan bahan asli dari alam maka tidak akan terjadi efek samping yang bisa merusak tubuh untuk jangka panjang. Manfaat daun mustajab untuk ibu hamil sangat banyak. Tidak ada salahnya jika dikonsumsi untuk jangka panjang demi kesehatan ibu dan calon bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *