Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan mungkin masih belum banyak orang yang mengetahuinya dengan baik, mereka hanya memanfaatkan buahnya untuk diolah menjadi makanan atau cemilan lezat. Buah sukun itu sendiri sering diolah seperti digoreng dengan tepung yang enak dinikmati ketika masih panas dengan ditemani segelas minuman hangat. Namun, untuk daunnya sendiri belum begitu banyak orang yang memanfaatkannya dan dibiarkan berjatuhan dan mengering yang akhirnya akan menjadi sampah.

Ternyata daun sukun memiliki manfaat luar biasa untuk mengobati berbagai penyakit kronis. Hal tersebut karena didalamnya mengandung senyawa kimia yang sangat diperlukan oleh tubuh. kandungan kimia yang ada di dalam daun sukun diantaranya tannin, polifenol, kalium, artoindosionin, asam hidrosionat. Serta senyawa turunan dari falvonoid yakni senyawa quercetin, dan ortoindonesionin yang menjadi antioksidan dan sering dijadikan komponen aktif untuk pembuatan obat-obatan.Daun sukun menjadi obat herbal alami yang bisa membantu mengobati beberapa penyakit atau masalah pada kesehatan tubuh dengan efktif yang tidak menimbulkan efek samping. Berikut beberapa manfaat daun sukun yang akan dikupas secara luas di cari-manfaat.com

Menyehatkan ginjal

Pernah disinggung dari artikel sebelumnya bahwa Cara Pengobatan Gagal Ginjal Alami Menggunakan Daun Sukun. Dimana daun sukun dapat dijadikan alternatif menjaga kesehatan organ ginjal dan gagal ginjal kronis. Hal tersebut karena di dalam daun sukun terdapat kalium yang akan berfungsi mengurai endapan batu ginjal. Dengan begitu batu ginjal yang telah terurai akan keluar dari dalam tubuh dibawa oleh air seni. 

Cara memanfaatkan daun sukun untuk mengatasi masalag ginjal yakni dengan merebus daun sukun hingga mendidih dan larut, dinginkan, saring lalu minum air rebusannya tersebut setiap hari 2 x pagi dan sore dan disanrankan minum ramuan ini setelah makan berat.

Menurunkan gula darah

Daun sukun sangat membantu bagi penderita diabetes untuk menormalkan dan mengelola kadar gula darah dalam tubuh. hasil penelitian yang dilakuakn di Pusat Penelitian Kimis LIPI menyatakan bahwa andungan senyawa flavonoidnya bersifat anti diabetes.

Mengobati asam urat

Asam rat adalah penyakit yang kini banyak diderita masyarakat khususnya mereka yang telah berusia lanjut namun tidak ada kemungkinan mereka yang muda juga sudah mengalami hal ini. Nah, jika mengalami atau menderita asam urat, ramuan daun sukun dapat mengobati asam urat dengan efektif. Cara mengolahnya yakni dengan mengeringkan daun sukun, lalu seduh menggunakan air panas dan untuk menghilangkan rasa phit bisa menambahkan gula pasir atau gula batu.

Menurunkan kolesterol tinggi

Bagi yang menderita kolesterol tinggi juga bisa diatasi dengan menggunakan ramuan daun sukun. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat kimia di dalamnya dapat menurunkan kolesterol dalam darah dengan efektif. Cara mengolah ramuannya yakni dengan cara daun sukun yang telah kering, bangle, seduh dengan air mendidih dan minum dengan teratur setiap hari.

Menyehatkan jantung

Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, jadi kesehatannya harus dijaga sebaik mungkin agar tidak terjadi masalah yang membahayakan tubuh. Daun sukun dapat menyehatkan jantung karena dapat menjaga pembuluh darah dengan baik. Cara membuat ramuan daun sukun untuk mendapatkan manfaatnya dengan cara menyiapkan daun sukun yang masih dipohon dan sudah tua, bersihkan lalu keringkan, setelah itu rebus hingga mendidih dan airnya menyusut tinggal setengahnya, saring dan minumlah selagi hangat. Cara ini efektif menjaga kesehatan jantung serta mengurangi terjadinya kerusakan pada sistem kardiovaskular yang akan menekan penyakit jantung. Cara ini juga dapat menurunkan tekanan darah menjadi normal dan sehat.

Anti-inflamasi

Daun sukun mengandung anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan, dan masalah lainnya. Cara memdapatkan manfaat ini dengan mengolah daun sukun yang masih ada dipohon dan sudah tua bersihkan, keringkan, lalu rebus hingga airnya menyusut tersisa setengahnya dan minum air rebusannya tersebut, jangan lupa disaring ya, konsumsi selama satu bulan dengan teratur maka akan mendapatkan manfaat ini.

Mencegah kanker

Daun sukun merupakan antioksidan baik bagi tubuh, dimana dapat membantu mencegah terjadinya peyakit kanker dalam tubuh. Cara memanfaatkan daun sukun untuk mencegah kanker dengan 1 lembar daun sukun dari pohon yang sudah tua, dibersihkan, lalu dikeringkan, setelah itu rebus menggunakan 5 gelar air tunggu airnya tersisa separuhnya lalu tambahkan 5 gelas air lagi, saring dan minum selama 1 bulan. Daun sukun ternyata juga dapat dijadikan pengganti manfaat kentang dan nasi dalam menyuplai karbohidrat untuk tubuh.

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan tubuh diatas bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati berbagai masalah penyakit kronis yang cukup efektif. Jadi dengan adanya informasi ini mungkin daun sukun akan lebih berharga lagi dan tidak berakhir di tempat sampah. Jangan lupa di Share guys dan untuk selalu mendapatkan berita bermanfaat terbaru bisa berlangganan kami di facebook dan google+. Semga bermanfaar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *