Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, kunyit merupakan rempah yang tumbuh di daerah tropis yang dipergunakan sebagai bumbu dapur, pewarna makanan alami, pengobatan herbal serta perawatan kecantikan yang sudah ada sejak jaman dahulu. Di Indonesia sendiri rempah yang satu ini telah terkenal di kalangan masyarakat luas. Kunyit memiliki kandungan senyawa yang baik dan bermanfaat seperti kurkumin, bidesmetoksikurkumin, desmetsikumin, volatil atau minyak asiri, zingiberen, keton sesquiterpen, tumeon, tuermeron, lemak, protein, karbohidrat, pati, falandren, borneol, sabinen, sineil, serta garam mineral.Selain itu kunyit juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga baik dijadikan obat herbal alami untuk mengatasi alergi, muntaber, kanker, campak, bisul,dll. Kandungan antiseptik juga dapat membantu mencegah peradangan luka dan jerawat, gatal, melindungi kulit dari sinar UV, mencerahkan kulit. Untuk itu kunyit sangat membantu dalam merawat kecantikan secara alami dan sehat. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya mengenai Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan, simak terus di cari-manfaat.com

Cantik alami dan sehat merupakan impian setiap orang terutama kaum wanita. Banyak cara yang mereka lakukan agar terlihat cantik baik dengan melakukan perawatan modern yang mahal, berbagai produk kecantikan yang belum tentu memiliki efek yang bagus bagi kulit. Nah untuk merawat kecantikan bisa dilakukan dengan mudah, murah, dan sehat karena mengggunakan bahan yang sangat alami yakni dengan menggunakan kunyit. Kunyit ini pun mudah sekali dijumpai dan harganya sangat terjangkau.

Mengatasi jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah yang terjadi pada muka dan akan membuat si penderita menjadi tidak percaya diri. Mereka yang memiliki jerawat pun akan berusaha keras menghilangkannya agar wajahnya kembali berseri dengan beragam cara. Nah, untuk mengatasi hal ini anda bisa menghilangkannya hanya dengan kunyit, rempah yang sering ada di dalam dapur rumah anda. Dalam mengobati kerawat bisa membuat masker kunyit untuk wajah caranya dengan membuat bubuk kunyit yang kemudian dicampur dengan air, madu, yogurt aduk-aduk sampai terbentuk seperti pasta yang kental. 

Nah pasta tersebut gunakan sebagai masker untuk wajah yang berjerawat anda oleskan seperti memakai masker dan diamkan 15 menit saja karena di dalam kunyit terdapat pewarna jadi susah untuk dihilangkan. Dan terakhir cuci bersih lakukanlah perawatan dengan teratur maka jerawat akan minggat dengan sendirinya.

Mencegah penuaan dini dan kerutan pada wajah

Kandungan nutrisi yang ada pada kunyit dapat mengatasi kerutan pada wajah serta menghambat penuaan. Nah, dalam mengatasi penuaan dan kerutan bisa membuat masker kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit 2 sdm, tepung beras 1 sdm, susu 1 sdm, jus tomat 1 sdm aduk semuanya hingga merata dan pakailah sebagai masker oleskan pada wajah dan leher dengan merata keseluruhannya biarkan 20 menit dan basuh menggunakan air dingi hingga bersih. Dengan melakukan perawatan ini dengan teratur maka kerutan pada wajah tidak akan muncul serta menghambat penuaan dini.

Mengatasi kulit berminyak

Kunyit ternyata mampu mengatasi serta mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Untuk menghindari kulit beminyak bisa menggunakan kunyit yang dibuat masker dengan cara pengolahannya yakni bubuk kunyit 2 sdm, air jeruk nipis/lemon 3 sdm campur hingga merata dan pakailah sebagai masker pada wajah yang berminyak anda diamkan 15 menit ddan bilang menggunakan air hangat.

Mengatasi pigmentasi

Efek antiseptik dan anti-inflamasi pada kunyit mampu mengatasi pigmen kulit serta mengatasi kulit yang terbakar karena pancaran panasnya sinar matahari agar lebih dingin. Ketika kulit terkena matahari dan serasa panas seperti terbakar bisa mengoleskan bubuk kunyit yang telah dicampur dengan mentimun diamkan 20 menit dan bilas.

Pewarna rambut alami

Ingin mewarnai rambutnya dengan alami berwarna pirang bisa menggunakan kunyit karena kunyi mengandung pewarna alami. Warna kunyit kuning tajam mampu melapisi rambut dan hasilnya akan berwarna pirang gelap. Mewarnai rambut dengan mudah tidak perlu ke salon, caranya kunyit yang telah diparut ditambah air hangat dan peras sampai memperoleh larutan kunyit yang cukup pekat. Selanjutnya masukkan larutan kunyit pada botol spray dan semprotkan pada rambut secara merata pijat, remas dengan perlahan dan diamkan sampai rambut kering. Jika sudah mengering bilas dan lakukanlah setiap hari 2 x.

Mengatasi rambut rontok dan ketombe

Masalah pada kepala yakni ketombe atau kerontokan yang sangat menganggu kita dalam berpenampilan. Dalam merawat rambut agar terhindar dari kerontokan dan timbulnya ketombe bisa memakai kunyit, caranya parut kunyit dan oleskan secara merata pada kepala dan rambut diamkan 10 menit dan bilas. Lakukan cara ini dengan teratur setiap harinya maka rambut anda akan lebih lebat dan sehat serta tidak lagi terjadi kerontokan atau muncul ketombe.

Mengangkat sel kulit mati

Kunyit dapat berguna sebagai eksfoliasi karena tekstur dan kandungan kunyit dapat mengelupaskan sel kulit yang telah mati dengan halus dan lembut tanpa terjadinya iritasi pada kulit. Caranya buat scrub yang bisa digunakan setiap hari caranya bubuk kunyit campur dengan tepung chicpea atau tepung kacang arab. Scrub ini akan mampu membuat kulit lebih terang dan bercahaya.

itulah Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan yang bisa kita gunakan sebagai pengganti perawatan yang mahal. Bisa saja merawat dengan yang mahal namun jika ada yang musah, sehat, dan murah kenapa tidak kita mencobanya dan merawat kecantikan dengan kunyit tidak ada efek samping yang membahayakan baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *