Ternyata Manfaat Pisang Barlin untuk Kesehatan Sangatlah Banyak

Selain memiliki manfaat dalam bidang kecantikan ternyata manfaat pisang barlin juga bisa dirasakan untuk kesehatan. Sebagai buah yang sangat mudah dijumpai, pisang barlin memang memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Pisang barlin atau disebut juga dengan pisang berlian merupakan sejenis pisang kecil yang banyak ditemui terlebih di daerah-daerah perkampungan atau di pasar-pasar tradisional. Sering orang beranggapan bahwa pisang barlin ini sama dengan pisang emas. Padahal, secara bentuk saja keduanya sangat berbeda apalagi dari segi rasa. Pisang barlin memiliki ujung yang lebih lancip dibandingkan pisang barlin. Dan untuk rasa, pisang barlin ini memiliki rasa dominan manis asam dan tekstur yang agak kenyal, sedangkan untuk pisang emas sendiri memiliki rasa manis legit dengan tekstur mirip pisang ambon.

Image: Bukalapak

7 Manfaat Pisang Barlin untuk Kesehatan

Di pasar tradisional, pisang barlin ini memiliki harga yang sangat murah dibandingkan dengan pisang jenis lainnya. Hal ini disebabkan karena rasa dari pisang ini memang tak senikmat pisang jenis lainnya. Padahal, manfaat yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak. Beberapa manfaat pisang barlin adalah sebagai berikut ini:

Memperlancar sistem pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi, pisang barlin memiliki manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal ini tentunya akan berimbas pada kelancaran dalam buang air besar. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah buang air besar, pisang barlin ini bisa menjadi solusi yang tepat.

Menyembuhkan Luka Lambung

Karena adanya efek anti-asam, manfaat pisang barlin yang kedua adalah untuk mencegah dan mengobati luka lambung. Efek anti-asam ini akan menenangkan dan meredakan perih pada perut serta mengurangi iritasi yang terjadi di dalamnya. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki penyakit mag, mengkonsumsi pisang barlin akan menyembuhkan penyakit tersebut.

Mengurangi Anemia

Pisang barlin yang kaya akan zat besi sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati anemia. Dengan kandungan ini juga, pembuatan hemoglobin di dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

Sebagai Mood Booster dan baik juga untuk darah

Memiliki kandungan triptofan atau vitamin B6 yang tinggi, manfaat pisang barlin yakni membuat otak menjadi lebih tenang dan pengaturan suasana hati lebih stabil. Hal ini disebabkan karena vitamin B6 memiliki peranan penting untuk membuat hormone serotine yang berfungsi untuk pengontrolan mood.

Kesehatan jantung dan ginjal

Memiliki serat yang tinggi, pisang barlin dapat mencegah munculnya penyakit jantung koroner. Memiliki kandungan natrium yang rendah tetapi tinggi kalium, pisang barlin ini dapat dijadikan makanan untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Selain itu, adanya kalium ini maka resiko munculnya batu ginjal dapat berkurang.

Membantu penurunan berat badan

Bagi Anda yang sedang berencana menurunkan berat badan, pisang barlin ini memiliki kandungan gula yang lumayan banyak. Dengan demikian, Anda bisa tetap berenergi meskipun tidak makan karbohidrat. Hal ini akan mempercepat penurunan berat badan sesuai dengan keinginan.

Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan tingginya kandungan vitamin yang ada di dalam buah pisang barlin seperti vitamin c dan vitamin a berperan penting terhadap kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Itu dia 6 manfaat pisang barlin yang dapat Anda rasakan. Tidak harus dengan makanan mahal untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Memanfaatkan buah yang mudah dan murah juga sudah bisa mencegah terjadinya berbagai macam penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *