Manfaat Teh Hitam Blesstea Bagi Kesehatan

Teh yang terbuat dari tiga daun teh ini mengandung senyawa yang bernama antibiotic polifenol berkadar tinggi. Teh ini berasal dari pucuk camellia sinesis varieties assamica. Berbeda dengan katekin yang terkandung di tanaman lainnya, pada teh blesstea memiliki katekin yang unik. Adapun fungsi dari katekin yaitu anti radiasi, anti mutasi gan atau dapat juga menghambat sel kanker, antioksidan yang kuat, dan lain sebagainya. Maka dari itu, di bawah ini akan dijelaskan manfaat teh hitam blesstea terutama dalam bidang kesehatan

Image: tehhitamblesstea.com

Khasiat Teh Hitam Blesstea yang Tidak Banyak Orang Tahu

Dibandingkan teh hijau, teh hitam blesstea tidak begitu populer. Secara ilmiah, yang paling menonjol dari perbedaan teh ini dengan teh lainnya adalah pada kandungan senyawa polyphenol. Dalam proses pengolahan teh hitam, katekin berubah-ubah menjadi thearubigin, theanaphtoquinone dan theaflavin. Berikut adalah manfaat-manfaat yang terkandung di teh hitam blesstea menurut kesehatan.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Menurut The Netherland National of Public Health, jika kita mengonsumsi 1-2 cangkir teh setiap hari akan dapat menekan tertimbunnya kolesterol sebesar 46 %, atau setara dengan 69 % setiap 4 cangkir. Dapat juga untuk mengurangi serangan stroke apabila meminum 4-7 cangkir setiap hari.

Menurunkan Hipertensi

Manfaat Teh Hitam Blesstea selanjutnya adalah. Apabila minum teh 1-2 cangkir setiap hari dapat menahan kemungkinan hipertensi sebesar 46 %, sedangkan apabila minum 3 cangkir setiap hari maka akan dapat menurunkan kemungkinan sampai 60 %. Hasil ini didapat dari penelitian yang melibatkan 1507 orang Taiwan di mana 600 di antaranya memenuhi syarat yang disebutkan di atas.

Mencegah Asterosklerosis

Penyebab adanya aterosklerosis pada tubuh adalah adanya plak yang terdapat di dinding arteri. Kandungan dalam teh hitam berupa theaflavin dan katekin berfungsi untuk membuang radikal bebas sehingga tidak dapat mengoksidasi kolesterol yang berbahaya untuk badan atau LDL. LDL itulah yang nantinya akan membentuk plak yang tidak sudah disebutkan.

Mencegah Diabetes

Adanya theaflavin serta thearubigin bisa berfungsi sebagai insulin di dalam badan, pernyataan ini berasal dari Corp Research Institute yang dipimpin oleh Dr. Graham Rena.

Mencegah Kanker

Manfaat teh hitam blesstea lainnya adalah, seperti diterangkan dalam pernyataan dari Hirofumi Tachibana yang berasal dari Jepang (Kyushu University), teh hitam memiliki ECCG atau antioksidan epigalokatekin galat yang bertujuan untuk menghambat bertumbuhnya sel kanker yang dapat menyerang tubuh. Hal senada juga berasal dari majalah New Scientis yang menyatakan bahwa teh hitam bisa memproteksi tubuh dari bahaya penyakit kanker contohnya kanker prostat, kanker payudara, dan juga kanker paru.

Mencegah Keputihan

Adanya kandungan anti mikroba (virus serta bakteri) pada teh hitam blesstea membuatnya dapat bermanfaat untuk mengobati keputihan yang lazim dialami oleh seorang wanita yang sedang hamil.

Membantu Meningkatan Metabolisme

Manfaat teh hitam blesstea lainnya yaitu dapat menambah laju metabolism pada tubuh. Selain itu, bisa juga memperbaiki sensivitas insulin dan juga mentolerir glukosa. Ini adalah hasil penelitian klinis yang berasal dari gabungan University of Brimingham serta University of Geneva.

Membantu Mempertahankan Berat Badan Ideeal

Teh hitam blesstea juga dapat menghambat adanya aktivitas berlebih pada lipase pancreas dan liposis dari lipase gestrik. Hal ini bisa menghambat pencernaan lemak sehingga tidak diserap oleh usus halus.

Demikian adalah beberapa manfaat teh hitam blesstea untuk kesehatan. Semua hal di atas menunjukkan bahwa teh hitam blesstea memiliki banyak sekali keuntungan bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *